Tips Menjaga Ban Kendaraan Anda Agar Tetap Awet Dan Mngkilap

Discussion in 'Otomotif' started by atheis420, 1 Dec 2018.

  1. atheis420

    atheis420 IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    288533
    Joined:
    24 May 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Dalam tulisan ini kami akan membicarakan lebih lanjut tentang perawatan ban kendaraan Anda. Faktanya, tidak sedikit orang yang memandang sepele situasi ban kendaraan mereka. Namun usahakan kita tetap mengecek suasana ban kendaraan Anda supaya bisa tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

    Pada umumnya, ban kendaraan bakal mulai merasakan penurunan kualitas pada tahun kedua pemakaian dan seringkali akan bobrok setelah tiga hingga lima tahun pemakaian atau andai dihitung tidak cukup lebih sesudah 40.000 kilometer. Namun, urusan itu tentu saja tidak selamanya dapat dijadikan tolak ukur sebab pemakaian masing-masing pribadi pasti bertolak belakang dengan kondisi wilayah dan iklim yang pastinya berbeda. Namun, kita juga dapat memperpanjang pemakaian ban dengan mengikuti sejumlah tips berikut ini :

    Usahakan Isi Ban Dengan Nitrogen, Bukan Angin Kompresor Biasa
    Dibanding dengan oksigen (udara), gas nitrogen lebih susah untuk keluar dari ban karet, sehingga tekanan ban bakal lebih stabil dengan waktu yang lebih lama dibanding dengan memakai pompa udara biasa. Di samping itu, nitrogen seringkali lebih kering dibanding udara yang seringkali berisi uap air, sedangkan uap air dapat menjadi penyebab evolusi tekanan udara di dalam ban ketika suhu berubah-ubah. Sehingga dengan memakai nitrogen, kendaraan kita tidak lebih gampang kempes dan tahan lama. Konon dengan mengisi ban dengan angina nitrogen bisa membuat laju kendaraan lebih ringan dan stabil.

    Periksa Tekanan Udara Pada Ban Kendaraan Anda Tiap Bulan
    Tekanan ban yang tidak cocok dapat mengakibatkan ketidaknyamanan ketika berkendara sama halnya dengan susahnya mengontrol kendaraan ketika belokan, sehingga membuat kendaraan kita lebih susah untuk direm, dan ban lebih cepat aus. Biasanya, desakan udara yang terdapat dalam ban dapat saja berkurang tiap bulannya. Sehingga, Anda dianjurkan untuk memeriksa tekanan udara di dalam ban tiap bulan, untuk menangkal terjadinya keausan maupun kehancuran lainnya yang diakibatkan ketidaksesuaian dari tekanan udara pada ban kendaraan anda.

    Rotasi Ban Mobil Untuk Menangkal Keausan Tidak Rata
    Mobil yang pada umumnya mempunyai sistem penggerak roda di unsur belakang (RWD) maupun di unsur depan (FWD). Dengan mempunyai sistem penggerak roda yang hanya pada satu bagian saja, 2 ban yang menggerakkan roda tentu akan merasakan keausan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, kita perlu mengerjakan rotasi ban untuk menangkal keausan yang terus menerus pada satu sisi ban baik pada bagian depan maupun belakang. Anda dianjurkan untuk membawa mobil ke bengkel untuk cek masing-masing 8000-10000 kilometer atau masing-masing 6 bulan guna merotasi ban mobil Anda agar lebih awet.

    Periksa Secara Berkala Apakah Terdapat Lubang Atau Benda Berbahaya Pada Ban Anda.
    Setiap jalanan pada lazimnya mempunyai partikel maupun kerikil tajam yang bisa merusak ban. Anda, sebagai pengendara mempunyai tanggung jawab untuk mengecek ban kendaraan kita untuk menangkal terjadinya masalah ditengah jalan yang bisa membahayakan baik diri kita maupun orang lain. Mungkin lubang yang terdapat pada ban kendaraan anda tidak akan membuat ban kempes secara langsung, tetapi ban lama kelamaan bakal kempes jika anda tidak peduli dan tidak periksa sebelumnya.

    Upayakan Ban Kendaraan Anda Tetap Seimbang Dan Sejajar.
    Ban maupun roda bakal menjadi tidak sebanding setelah pemakaian pada masa-masa tertentu. Ban depan bisa menjorok kedalam atau bahkan keluar, dan urusan tersebut seringkali disebabkan oleh lubang maupun belokan-belokan tajam secara tiba-tiba. Anda butuh mensejajarkan ulang dengan membawa kendaraan kita ke tempat servis khusus specialist ban.

    Mengemudi dengan tidak hati-hati seperti membawa mobil ke medan yang tidak cocok dan melakukan tikungan yang tajam juga dapat merusak ban kendaraan baik untuk kendaraan motor maupun mobil. Anda butuh mempertimbangkan bagaimana Anda membawa kendaraan Anda, sebab pengendara yang bijak ialah pengendara yang tidak hanya mementingkan dirinya sendiri tapi pun orang lain yang sama – sama pengguna jalan.

    Gunakan Semir Ban Berkualitas Supaya Makin Mengkilap
    Seringkali ban kendaraan kita kotor oleh cipratan air pada jalanan yang seringkali berisi kotoran seperti getah kayu / lumpur / percikan air / noda pasir / debu atau yang lainnya. Jika ban sudah dibersihkan tetapi masih tidak cukup bersih maka anda bisa memakai semir ban mobil untuk mencuci kotoran yang membandel tersebut. Karena manfaat semir ban mobil itu bisa membersihkan ban, mempercantik ban seperi baru beli, dan menjaga elastisitas ban.

    Sumber Artikel : http://ikame.net/2018/tips-menjaga-ban-kendaraan-anda-agar-tetap-awet-dan-mengkilap/

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG