• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips Ganti Baterai Mobil

semutsedeng

IndoForum Senior C
No. Urut
69471
Sejak
27 Apr 2009
Pesan
5.596
Nilai reaksi
138
Poin
63
Buat yang punya mobiL aja....

Baterai mobil atau yang lebih dikenal dengan sebutan aki memang tak selamanya akan berfungsi optimal. Ada satu masa aki dimana harus diganti karena dayanya melemah. Beberapa patokan standard biasanya mengharuskan penggantian aki antara 3 - 7 tahun setelah pembelian mobil baru. Komponen ini menjadi penting terutama saat pertama kali kita ingin menghidupkan mesin mobil. Jangan sampai karena kurangnya perhatian, setiap menghidupkan mesin, mobil anda harus di jumper (jump-start).

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi baterai mobil anda. Cara mudah cukup sediakan baterai di atas dua jenis bak yaitu bak transparan dan bak hitam. Untuk memeriksa kondisi baterai dalam bak transparan, cukup goyangkan bodi kendaraan. Sebaliknya, untuk baterai dalam bak hitam dapat diketahui dengan membuka tutup ventilasi. Bila permukaan elektrolit di bawah garis minimal dapat ditambahkan air suling sampai mencapai batas maksimal (uper). Bagi kendaraan yang digunakan setiap hari, pemeriksaan cairan elektrolit perlu dilakukan setiap seminggu sekali.

Untuk penggantian, jika anda tidak mau repot cukup bawa mobil ke mekanik otomotif terpercaya. Namun jika anda merasa punya cukup waktu untuk menggantinya sendiri, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan :

1. Pastikan kalau baterai/aki mobilmu memang sudah perlu untuk diganti. Hal ini penting diperhatikan agar tidak terjadi penggantian yang mubazir atau belum pada saatnya.

2. Beli baterai/aki pengganti yang sesuai dengan aki lama

3. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar seperti parkirkan kendaraan di medan rata dan tetap ingat tarik rem tangan mobil anda.

4. Buka kap mesin dan perhatikan lokasi baterai mobil anda

5. Identifikasi terminal aki. Hal ini penting untuk mengingat mana terminal positif dan negatif dari mobil itu sendiri

6. Renggangkan klem baterai dan lepaskan kabel negatif terlebih dulu. Jika sebaliknya, akan mengakibatkan loncatan api bila alat pembukanya terkena bodi kendaraan atau terkena bagian negatifnya

7. Lepas bracket baterai bagian atas dan keluarkan baterai secara tegak lurus, untuk mencegah tumpahnya cairan elektrolit

8. Setelah baterai ditempatkan pada baknya dengan posisi terminal yang benar, pasanglah bracket atas dan kencangkan secukupnya

9. Hubungkan klem kabel pada terminal positif terlebih dulu. Jika klem tidak dapat terpasang dengan pas, jangan memukul terminal baterai agar plat elektrode tidak rusak

10. Hal terakhir yang patut diingat ialah oleskan terminal baterai dengan minyak gemuk untuk mencegah karat.

Setelah tahu langkah-langkah apa saja yang perlu diperhatikan saat mengganti baterai atau aki, kini saat anda untuk bereksperimen langsung. Selamat mencoba! (ABT/yon)
 
Nice info.....


Dan Yang terpenting.... jangan coba2 menyentuh air aki \m/
 
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

nice info..... /no1
nanti akan langsung sy praktekan setelah beli mobil.... /gawi

Grazie...... /thx /thx /thx
 
Di up.... biar member IF bisa baca....

karena tips ini lumayan berguna bagi orang yang mempunyai kendaraan ( mobil ) sendiri.../heh
 
nice inpo
tp sekarang umur aki rata 1 taun
 
^
iya tuh,,,
gak percaya bro air aki bisa bertahan 3-7 tahun


tapi tergantung pemakaian juga sih...

Liat aja air aki Nya...

kalo emang kering...yaa...ganti atau isi baru lagi...
 
klo kita beli aki kan langsung dipasangkan ma bengkelnya....huixuxuxu
 
Jangan salah,
Siapa bilang aki tidak bisa tahan sampai 2 tahun - 5 tahun?
Tapi ada caranya, karena memang tidak ada yg sempurna, namun tergantung pemakaiannya.

Berikut adalah cara memperpanjang usia Accu / Aki / Battery kendaraan anda.
1. Kurangi pemakaian Electrical pada kendaraan, cukup sesuai standar pabrik.
2. Semaksimal mungkin kurangi pemakaian lampu, (dalam hal ini sebisa mungkin tidak menggunakan mobil pada malam hari)
3. Tidak memasang Electric Alarm, namun hal ini bisa memperbesar risiko pencurian.
(Alarm kendaraan akan selalu menyedot arus listrik) << penyebab utama aki tekor.
4. Menjaga kondisi Fisik battery / Accu / AKI agar tetap bersih.
Baik pada kutub + / -. maupun dinding dan tutup cairan elektrolit.

Wassalam.
 
^
yang no.2
yang bner aja bozz...

kagak nyalain lampu pas malem2...
kalo di depan jalan ada lobang gede...kagak keLiatan...

gimana??

paling nggaQ pasti bakal numbruk sama yang kendaraan yg ada didepannya

head Lamp combination kalo lagi pas malem memang diharuskan untuk dinyalakan...
hemat sih hemat bro...

itu sih kebangetan...

gak safety jg.../wah
 
gw tambahin dikit yah gan, tips memilih aki basah atau aki kering:

aki basah membutuhkan waktu charging yg lebih lama daripada aki kering, jika di charge dalam posisi slow charging (untuk optimal penuhnya dari kosong menjadi fully-charged) membutuhkan waktu lebih dari 24 jam, sedangkan aki kering hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam. aki basah jika anda lupa isi air aki nya (sampai kehabisan) dapat mengakibatkan aki basah tersebut meledak atau rusak sel nya. dengan aki kering anda tidak perlu khawatir akan kehabisan air aki, karena sudah seperti layaknya battery handphone anda.

sumber: pengalaman pribadi.
 
@ baehaqi,

bukannya k'lo pergi malem ga' boleh pake lampu.........
tapi usahakan jangan pergunakan mobilmu ketika hari sudah malam.

contoh : mobil untuk HOme service semua merk kendaraan
tidak pernah digunakan pada malam hari.
saya sendiri pernah bekerja di bengkel.
dan ternyata mobil tersebut hanya digunakan pada siang hari

sehingga hanya membutuhkan perawatan ringan dan perawatan berkala.
sudah 5 tahun usia mobil Home service, namun hanya suspensi yg bermasalah,

karena bawaan di belakang bagian mobil home service diisi tools / perlengkapan P3K kendaraan mogok.

***************

jadi k'lo mau kendaraannya awet, ga' cuma akinya aja.
jangan dipake waktu malem, mending nebeng mobil tmen aja ;)
 
Menurut gw, kalau tidak ada penggunaan electrical sama sekali (Tanpa AC, Audio, Lampu, atau Listrik apapun) malah berbahaya gan, apabila dipakai untuk touring / pergi jauh, bisa-bisa Aki meledak, karena dalam posisi over-charged dan tidak ada pembuangan listrik sama sekali. Hal ini sudah pernah terjadi sama temen gw, tiba-tiba *duar* meledak tuh Aki, karena ga ada pembuangan sama sekali, yg ada hanya charge terus menerus.
 
@kang echo...

tapi kalo dibutuhinnya malem2 gmana...

kan terpakasa itu harus nyalai lampu...
bukan lampu kabin...

tapi head lamd combination yang ada di depan

overall...
smuanya tergantung pemakaian aja sih...

kalo dipake sering buat Audio/video, AC, lampu sgala macem...
yaa pasti cepet abis...

/wah
 
nice info bro.
pernah ganti baterai sendiri dan hasilnya 6 bulan kemudian baterai soak hahaha
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.