Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 41.616
- Nilai reaksi
- 23
- Poin
- 0
Halo gan!
Welcome to my thread!
Gue udah pake motor sejak jaman sekolah. Sejak dulu juga gue sering rajin merawat motor gue, kadang sendiri, tetapi mostly ke bengkel. Gue sendiri pernah nyoba pelayanan di berbagai bengkel. Jadi, gue sering merhatiin perilaku konsumen bengkel, khususnya konsumen yg ganti oli (karena itu yg paling banyak & paling sering diobrolin dengan mekaniknya
). Menurut pengamatan & analisis gue, tipe-tipe konsumen saat ganti oli di bengkel tuh gue klasifikasikan begini:
Quote:
Tipe apa lagi ya? So far itu sih yg gue ingat
Kalian termasuk tipe apa nih, gan?
Kalo ada yg kerja di bengkel, bolehlah tambahin pengalamannya di thread ini
Segitu dulu thread gue. Mohon maaf kalo ada kata-kata yg salah.
See you on my next thread
30-09-2022 23:54Welcome to my thread!
Gue udah pake motor sejak jaman sekolah. Sejak dulu juga gue sering rajin merawat motor gue, kadang sendiri, tetapi mostly ke bengkel. Gue sendiri pernah nyoba pelayanan di berbagai bengkel. Jadi, gue sering merhatiin perilaku konsumen bengkel, khususnya konsumen yg ganti oli (karena itu yg paling banyak & paling sering diobrolin dengan mekaniknya
Quote:
1. Pokoknya ganti oli doang
Untuk para pengguna motor yg disiplin, setiap 1-2 bulan sekali pasti ke bengkel untuk ganti oli doang. Tapi tahu sendiri kan, beberapa bengkel itu nakal & suka seenaknya service atau ganti spare parts ini-itu, padahal konsumen gak minta. Akibatnya, banyak konsumen harus bayar lebih. Hal ini bikin mereka lebih hati-hati. Kalo ke bengkel cuma perlu ganti oli, benar-benar mereka tegaskan ke mekaniknya, Ganti oli doang ya, gak servis lain-lain! Kadang bahkan hingga bayar duluan biar gak diminta lebih buat biaya servis lain
2. Sekalian servis ini-itu
Ada juga yg saat ke bengkel untuk ganti oli, sekalian servis ini-itu. Misalnya, servis CVT, van belt, ganti busi, ganti filter oli, dll. Biasanya sih yg gini setiap 3-6 bulan atau per 1 tahun. Ada juga yg emang kondisi komponen tertentu dari motornya emang udah gak bagus aja, jadi sekalian diservis atau diganti dengan parts baru.
3. Sambil konsultasi
Konsumen kayak gini tuh biasanya antara orang yg bener-bener gak tahu atau orang sok tahu yg cari celah buat ceramahin mekaniknya. Sambil ganti oli, mereka sekalian nanya ini-itu yg berhubungan dengan motornya. Kalo yg bener-bener gak tahu, ketika mekanik ngasih penjelasan & informasi tuh menyimak & memperhatikan. Kalo yg sok tahu & hobi ceramahin mekanik, pas mekanik ngasih informasi tuh malah didebat. Ditanya sama mekanik, Mas tahu dari mana? Sumbernya apa? Jawabnya, Liat di yutub! Wkwkwk. Mungkin dia butuh validasi bahwa dia jago urusan perbengkelan
4. Request khusus
Kalo ini biasanya orang yg cukup ngerti motor, tetapi emang lagi gak mau/dapat mengerjakan sendiri, jadi bawa ke bengkel. Mereka cukup paham dengan kondisi motornya, jadi ketika ke bengkel, mereka langsung request mau pakai oli tipe apa. Kalo mau tambah cek atau servis pun, mereka request secara spesifik apa aja yg mau dicek & diservis karena udah tahu yg kerasa gak beres apa aja. Seandainya mengajukan pertanyaan juga gak rese, pertanyaannya jelas & gak belibet karena paham istilah-istilah otomotif, jadi memudahkan mekaniknya untuk menjawab.
5. Terserah abang mekanik
Ini biasanya cewek-cewek atau emak-emak (tapi yg cowok juga ada kok). Karena gak paham soal oli & urusan bengkel lainnya, jadi apa aja yg direkomendasikan oleh abang mekanik, nurut aja. Tetap hati-hati ya, kadang suka ada juga mekanik nakal. Mentang-mentang konsumennya gak ngerti, motornya dinakalin. Spare parts masih pada bagus, tiba-tiba dipretelin & diganti baru biar bengkel untung banyak. Tapi bengkel yg jujur juga masih banyak kok. Kalo gue biasa merekomendasikan bengkel P**n*t B*n buat urusan servis motor & ganti oli. Di situ spare parts-nya asli, mekanik gak rese, olinya ester asli, tarif juga masuk akal.
6. Telat datang
Setiap tempat usaha pasti punya jam tutup, kecuali toko-toko tertentu yg buka 24 jam. Nah, bengkel juga pasti punya jam buka & jam tutup. Sayangnya, ada aja konsumen yg gak dapat menghitung waktu. Beberapa menit sebelum jam tutup, tiba-tiba datang & minta ganti oli. Padahal mekaniknya udah capek seharian, udah siap-siap mau pulang, bahkan beberapa peralatan mungkin udah dibereskan. Eh, dia jadi harus kerja lagi. Kurang-kurangin begini ya, gan. Jaman digital gini, dapat kan, cari informasi jam buka & jam tutup bengkelnya kapan. Kalo udah mepet jam tutup, sebaiknya cancel aja, kecuali urusan emergency. Kalopun cuma dapat ke bengkel menjelang jam tutup, sebaiknya reservasi dulu biar mekaniknya dapat siap-siap (biar gak berekskpektasi pulang cepat-cepat
).
7. Nanya dulu
Kayaknya yg begini tuh pengguna motor pemula kayak pelajar atau cewek-cewek yg you know lah, mayoritas gak ngerti masalah bengkel. Datang ke bengkel, nanya-nanya soal ganti oli, harga/tarifnya berapa, berapa lama ganti olinya, harus daftar dulu apa enggak (kayak mau ke rumah sakit aja
), dll. Kadang malah nanya Ini motor saya udah harus ganti oli belum ya?
Ujung-ujungnya, mereka bilang, Tanya-tanya dulu ya. Besok ke sini lagi. Ada yg besoknya beneran datang, ada juga yg enggak. Entah beneran nanya atau mereka regu intelijen dari bengkel saingan? Wkwkwk. Tapi bener, kalo gak ngerti, emang bagusnya tanya-tanya dulu aja. Tanya baik-baik & sopan. Kalo malu nanya langsung, dapat hubungi costumer service-nya via telepon atau DM ke medsos bengkelnya.
Memuat…
www.carmudi.co.id
Untuk para pengguna motor yg disiplin, setiap 1-2 bulan sekali pasti ke bengkel untuk ganti oli doang. Tapi tahu sendiri kan, beberapa bengkel itu nakal & suka seenaknya service atau ganti spare parts ini-itu, padahal konsumen gak minta. Akibatnya, banyak konsumen harus bayar lebih. Hal ini bikin mereka lebih hati-hati. Kalo ke bengkel cuma perlu ganti oli, benar-benar mereka tegaskan ke mekaniknya, Ganti oli doang ya, gak servis lain-lain! Kadang bahkan hingga bayar duluan biar gak diminta lebih buat biaya servis lain
2. Sekalian servis ini-itu
Memuat…
midia.co.id
Ada juga yg saat ke bengkel untuk ganti oli, sekalian servis ini-itu. Misalnya, servis CVT, van belt, ganti busi, ganti filter oli, dll. Biasanya sih yg gini setiap 3-6 bulan atau per 1 tahun. Ada juga yg emang kondisi komponen tertentu dari motornya emang udah gak bagus aja, jadi sekalian diservis atau diganti dengan parts baru.
3. Sambil konsultasi
Konsumen kayak gini tuh biasanya antara orang yg bener-bener gak tahu atau orang sok tahu yg cari celah buat ceramahin mekaniknya. Sambil ganti oli, mereka sekalian nanya ini-itu yg berhubungan dengan motornya. Kalo yg bener-bener gak tahu, ketika mekanik ngasih penjelasan & informasi tuh menyimak & memperhatikan. Kalo yg sok tahu & hobi ceramahin mekanik, pas mekanik ngasih informasi tuh malah didebat. Ditanya sama mekanik, Mas tahu dari mana? Sumbernya apa? Jawabnya, Liat di yutub! Wkwkwk. Mungkin dia butuh validasi bahwa dia jago urusan perbengkelan
4. Request khusus
Kalo ini biasanya orang yg cukup ngerti motor, tetapi emang lagi gak mau/dapat mengerjakan sendiri, jadi bawa ke bengkel. Mereka cukup paham dengan kondisi motornya, jadi ketika ke bengkel, mereka langsung request mau pakai oli tipe apa. Kalo mau tambah cek atau servis pun, mereka request secara spesifik apa aja yg mau dicek & diservis karena udah tahu yg kerasa gak beres apa aja. Seandainya mengajukan pertanyaan juga gak rese, pertanyaannya jelas & gak belibet karena paham istilah-istilah otomotif, jadi memudahkan mekaniknya untuk menjawab.
5. Terserah abang mekanik
Ini biasanya cewek-cewek atau emak-emak (tapi yg cowok juga ada kok). Karena gak paham soal oli & urusan bengkel lainnya, jadi apa aja yg direkomendasikan oleh abang mekanik, nurut aja. Tetap hati-hati ya, kadang suka ada juga mekanik nakal. Mentang-mentang konsumennya gak ngerti, motornya dinakalin. Spare parts masih pada bagus, tiba-tiba dipretelin & diganti baru biar bengkel untung banyak. Tapi bengkel yg jujur juga masih banyak kok. Kalo gue biasa merekomendasikan bengkel P**n*t B*n buat urusan servis motor & ganti oli. Di situ spare parts-nya asli, mekanik gak rese, olinya ester asli, tarif juga masuk akal.
6. Telat datang
Memuat…
cdn.quotesgram.com
Setiap tempat usaha pasti punya jam tutup, kecuali toko-toko tertentu yg buka 24 jam. Nah, bengkel juga pasti punya jam buka & jam tutup. Sayangnya, ada aja konsumen yg gak dapat menghitung waktu. Beberapa menit sebelum jam tutup, tiba-tiba datang & minta ganti oli. Padahal mekaniknya udah capek seharian, udah siap-siap mau pulang, bahkan beberapa peralatan mungkin udah dibereskan. Eh, dia jadi harus kerja lagi. Kurang-kurangin begini ya, gan. Jaman digital gini, dapat kan, cari informasi jam buka & jam tutup bengkelnya kapan. Kalo udah mepet jam tutup, sebaiknya cancel aja, kecuali urusan emergency. Kalopun cuma dapat ke bengkel menjelang jam tutup, sebaiknya reservasi dulu biar mekaniknya dapat siap-siap (biar gak berekskpektasi pulang cepat-cepat
7. Nanya dulu
Kayaknya yg begini tuh pengguna motor pemula kayak pelajar atau cewek-cewek yg you know lah, mayoritas gak ngerti masalah bengkel. Datang ke bengkel, nanya-nanya soal ganti oli, harga/tarifnya berapa, berapa lama ganti olinya, harus daftar dulu apa enggak (kayak mau ke rumah sakit aja
Tipe apa lagi ya? So far itu sih yg gue ingat
Kalian termasuk tipe apa nih, gan?
Kalo ada yg kerja di bengkel, bolehlah tambahin pengalamannya di thread ini
Segitu dulu thread gue. Mohon maaf kalo ada kata-kata yg salah.
See you on my next thread