• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi

Angela

IndoForum Addict C
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
30.580
Nilai reaksi
5
Poin
0
Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi

Penuh makna & syarat akan filosofi, ini dia sekilas tentang permainan tradisional petak umpet


Petak umpet, tentu Agan & Sista sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional sederhana yg populer dari zaman dulu hingga sekarang tersebut.

Dapat dikatakan permainan petak umpet adalah permainan tradisional yg tidak lekang termakan zaman, bahkan meskipun banyak bermunculan tipe permainan atau games online yg dapat dimainkan di gadget ternyata permainan tradisional petak umpet masih banyak dimainkan oleh anak-anak di lingkungan rumah bersama teman sebaya atau di sekolah dengan teman-teman kelasnya.

Permainan petak umpet dikatakan sebagai permainan tradisional sederhana karena di dalam permainan ini tidak membutuhkan alat apapun GanSis. Hanya membutuhkan beberapa orang pemain & minimal dua orang untuk satu orang berjaga & satu orang lainnya sembunyi atau "ngumpet".

Lebih serunya lagi kalau permainan petak umpet ini dimainkan bersama beberapa orang teman GanSis, karena akan ada tantangan tersendiri bagi yg bertugas untuk berjaga menemukan teman yg bersembunyi.

Di dalam permainan petak umpet pemain yg bertugas berjaga mereka memiliki peran menemukan semua pemain yg bersembunyi, & mengumpulkan semuanya untuk kemudian memulai kembali permainan dari awal dengan pemain lainnya yg bertugas jadi penjaga.​


Quote:
Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi



Saking terkenalnya permainan tradisional petak umpet, ternyata permainan ini bukan cuma ada di Indonesia saja GanSis, melainkan juga ada & dimainkan di negara lain seperti Jepang bahkan beberapa film Jepang pernah mengusung film horror dengan tema petak umpet.

Bukan cuma itu GanSis, dari kesederhanaan permainan petak umpet usut punya usut dari beberapa pandangan & cocoklogi masyarakat, permainan tradisional ini syarat akan filosofi yg dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup.

Adapun filosofi permainan tradisional petak umpet yaitu tentang masa hidup manusia di dunia. Tidak lebih seorang anak manusia hidup di dunia adalah sedang berusaha sembunyi dari kematian, sejauh apapun sembunyi maka tetap akan mati & kembali kepada Tuhan yg memang menciptakan manusia.

Manusia tidak akan pernah luput dari yg namanya kematian, karena Tuhan sering mengawasi tiap gerak manusia & akan mengumpulkan kembali yg sudah mati untuk kemudian melangsungkan hidup setelah kematian yg bersifat lebih kekal.


Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi



Itulah GanSis sekilas tentang permainan tradisional petak umpet yg terlihat sangat sederhana tetapi ternyata memiliki filosofi yg dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup bagi semua orang yg memainkan permainan ini.

Permainan petak umpet sendiri akan terus jadi permainan yg asik untuk dimainkan karena memang selain mudah untuk dilakukan dimanapun juga ada tantangan tersendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat & dapat menambah wawasan serta pengetahuan Agan & Sista tentang permainan tradisional yanh sudah mulai terlupakan.


Terlihat Sangat Sederhana, Permainan Tradisional Petak Umpet Ternyata Penuh Filosofi



Penulis: @masnukho2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4​
Hari ini 08:16
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.