• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[Tanya] Bagian2 Motor...

legionsa

IndoForum Senior A
No. Urut
19965
Sejak
5 Agt 2007
Pesan
7.506
Nilai reaksi
287
Poin
83
Om gw kan mau modif supra X nah terus temen gw yg hobi bilang ganti plot Jet main jet...
1.plot jet main jet itu apa?
2.Nah klo settingan yang bagus motor modif gimana???
 
Om gw kan mau modif supra X nah terus temen gw yg hobi bilang ganti plot Jet main jet...
1.plot jet main jet itu apa?
2.Nah klo settingan yang bagus motor modif gimana???

karena g baek, g bantuin dah lo man =))
pilot jet dan main jet itu adalah salah satu bagian dari part motor yang bernama karburator. sebenernya ada 1 jet lagi, namanya power jet, tapi biasanya cuman ada di motor 4tak. seperti contohnya generasi karburator FCR.
ok, kita bahas kegunaannya yah.

Pilot Jet
======
ini untuk mengatur masuknya debit campuran udara dan bahan bakar, bekerja untuk sekitar sepertiga putaran grip motor anda. istilahnya sih dari tarikan awal me menengah. nah tar dari menengah mpe ke atas ada yang namanya needle(g lupa nama terkenalnya =))).

Main Jet
======
fungsinya tetep mengatur debit udara dan bahan bakar, tapi bekerja untuk putaran atas.

Power Jet
=======
Menambah udara dan bahan bakar pada saat permintaan campuran tersebut secara tiba2 meningkat. makanya klo karbu dengan power jet, tarikannya kenceng banget. soalnya ada pndamping dari pilot dan main jet.

lalu bagaimana settingannya???? ya itu kudu disesuaikan dengan kondisi mesin. biasanya orang bengkel tau kok :D

lalu bagimana cara tau settingan sudah bener apa lom?
biasa sih cek busi. klo dibagian kepala busi warna item, artinya campuran nya kelebihan bensin dibanding udara. kalo putih pucet brati bensin kurang. yang baik adalah warna merah bata. cara ngetest nya agak ribet, soalnya motor dibawa lari, trus brentiin tuh motor dan langsung copot tuh busi(awas puanas) lalu plototin tuh busi.
cara kedua sih biasanya knalpot nembak, bahkan kalo lebih parah bisa sampe ngluarin api loh. ini berarti settingannya gak beres. biasanya sih cukup naikin setting di pilot jet, atau ganti pilot jet yang lebih tinggi. misalkan sekarang yang di pake ukuran 38, bisa ganti ukuran 40 atau 45.

okeh??? jelas gak???? =))
 
wew klo ukuran 45 boros donk om.... tp larinay cepet yah??/
 
wew klo ukuran 45 boros donk om.... tp larinay cepet yah??/

bukan gitu oom, ukuran jetting gak bisa sembarangan. misalkan karbu ukuran 35mm dipasang di bebek dan pilot jet misalkan pake yang 50(misalkaaaaaaaaaaaaaaaan), bisa tengelam tuh bebek kebanyakan minum =)) =))

biasanya ada ukuran min dan max nya untuk setiap karburator. makanya di sesuaikan dengan keadaan motornya. tandanya setting pas ya yang g jelasin di atas man :D :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.