• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Takut akan Tuhan adalah langkah awal menuju anugerah

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
353
Poin
83
TAKUT AKAN TUHAN ADALAH LANGKAH AWAL MENUJU ANUGERAH
1 Raja-raja 18:1-16


SALAH SATU KUNCI KEBERHASILAN OBAJA YANG SANGAT PENTING ADALAH KARENA OBAJA MEMILIKI HATI YANG TAKUT AKAN TUHAN.
1.3 Keberhasilan Obaja dalam kisah ini:
- Diangkat TUHAN menjadi kepala istana (ayat 3).
- Dipakai oleh TUHAN menyelamatkan 100 orang nabi yang akan dibunuh oleh Izebel (ayat 4).
- Mempertemukan Elia dengan Ahab sehingga bisa membuktikan bahwa ALLAH lebih dari semua berhala yang mengakibatkan pertobatan umat ALLAH (ayat 17-40).

2.Karena Obaja memiliki hati yang takut akan TUHAN (ayat 3+12).
- 1 Raja-raja 18:3 Sebab itu Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN.
-.1 Raja-raja 18:12 Mungkin terjadi, apabila aku sudah pergi dari padamu, Roh TUHAN mengangkat engkau ke tempat yang tidak kuketahui. Kalau aku sampai kepada Ahab untuk memberitahukannya dan engkau tidak didapatinya, tentulah ia akan membunuh aku, padahal hambamu ini dari sejak kecil takut akan TUHAN.

3.Maka kita akan belajar Firman TUHAN tentang takut akan TUHAN adalah langkah awal menuju anugerah.

2.TUHAN INGIN KITA MEMILIKI HATI YANG TAKUT AKAN TUHAN.
1.Firman Tuhan menjelaskan setiap orang harus memiliki hati yang takut akan TUHAN senantiasa.
- Ulangan 6:2 supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu.
- Amsal 23:17 Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan TUHAN senantiasa.
- Pengkhotbah 12:13 Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

2.Bukan takut kepada hal-hal yang lain.
- Takut pada mertua, menantu, isteri, dll.
- Takut pada kucing, cacing, tikus, dll.
- Takut pada setan, penyakit, masalah, dll.

3.TUHAN ingin kita memiliki hati yang takut akan TUHAN, namun seringkali kita lebih takut pada hal-hal lain daripada takut akan TUHAN.
Berani melanggar Firman TUHAN tetapi takut dengan masalah yang datang.

3.APAKAH BUKTI KITA MEMILIKI HATI YANG TAKUT AKAN TUHAN?
1.Taat beribadah kepada Tuhan.
- 1 Samuel 12:24 Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.
2.Taat melakukan Firman Tuhan.
- Ulangan 10:12 "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
3.Membenci kejahatan/dosa.
- Amsal 8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat

4.ADA ANUGERAH BESAR KALAU KITA MEMILIKI HATI YANG TAKUT AKAN TUHAN.
1.Mendapat perhatian dari TUHAN.
- Mazmur 33:18 Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya

2. Mendapat hikmat.
- Mazmur 111:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.
- Amsal 1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
- Amsal 15:33 Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan.

3. Mendapat pertolongan.
- Mazmur 115:11 Hai orang-orang yang takut akan TUHAN, percayalah kepada TUHAN! —Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.

4.Mendapat berkat.
- Mazmur 34:9 (34-10) Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!
- Mazmur 111:5 Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.
Mazmur 115:12 TUHAN telah mengingat kita; Ia akan memberkati, memberkati kaum Israel, memberkati kaum Harun, 13 memberkati orang-orang yang takut akan TUHAN, baik yang kecil maupun yang besar.
- Mazmur 128:4 Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.
- Amsal 22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

5.Mendapat ketentraman.
- Amsal 14:26-27 Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya. 27 Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.

6.Mendapat umur panjang.
- Amsal 10:27 Takut akan TUHAN memperpanjang umur, tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek

7.Mendapat perlindungan.
- Mazmur 34:7 (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.
- Mazmur 60:4 (60-6) Kepada mereka yang takut kepada-Mu telah Kauberikan panji-panji, tanda untuk berlindung terhadap panah. Sela

8.Mendapat kasih setia dari TUHAN.
- Mazmur 103:11 tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;
- Mazmur 103:13 Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.
- Mazmur 103:17 Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu.

9.Mendapat jawaban doa dari yang diinginkanya.
- Mazmur 61:5 (61-6) Sungguh, Engkau, ya Allah, telah mendengarkan nazarku, telah memenuhi permintaan orang-orang yang takut akan nama-Mu.
Mazmur 145:19 Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka

10. Mendapat pujian.
- Amsal 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

11. Mendapat petunjuk jalan yang harus dipilihnya.
- Mazmur 25:12 Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.

12. Mendapat kepercayaan dan diangkat kedudukannya oleh ALLAH.
- Orang-orang yang akan diangkat menjadi pemimpin oleh Musa. Keluaran 18:21 Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.
- Diangkat menjadi pengawas. Nehemia 7:2 Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada Hanani, saudaraku, dan kepada Hananya, panglima benteng, karena dia seorang yang dapat dipercaya dan yang takut akan Allah lebih dari pada orang-orang lain.

13.Mendapat kebaikan TUHAN yang melimpah.
- Mazmur 31:20-21 Alangkah limpahnya kebaikan-Mu yang telah Kausimpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah Kaulakukan bagi orang yang berlindung pada-Mu, di hadapan manusia! 21 Engkau menyembunyikan mereka dalam naungan wajah-Mu terhadap persekongkolan orang-orang; Engkau melindungi mereka dalam pondok terhadap perbantahan lidah.

14. Mendapat pasangan hidup.
- Keluaran 1:21 Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga.

15. Mendapat berkat atas rumah tangga.
- Mazmur 128:1-4 Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! 2 Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu! 3 Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu! 4 Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.

5. MARILAH KITA MEMILIKI HATI YANG TAKUT AKAN TUHAN.
1. Akhir kata dari Salomo untuk kehidupan dan pengajarannya ialah takutlah akan TUHAN (Pengkhotbah 12:13-14). Karena itulah yang akan menentukan kegagalan atau keberhasilan seseorang. 1 Raja 11:9-11.
- Renungkan dan selidikilah apakah Saudara memiliki hati yang takut akan TUHAN senantiasa?
- Catatlah dalam hal apa Saudara belum memiliki hati yang takut akan TUHAN?
- Contoh:
Masih belum melakukan perintah TUHAN dalam hal …………………………
Masih belum meninggalkan dosa dalam hal ……………………………….....
Masih belum setia dalam hal ibadah dan pelayanan.
Dll.

PENUTUP:
Biarlah setiap kita sungguh-sungguh menjadi pelaku Firman TUHAN ini sehingga mendatangkan anugerah yang besar dalam kehidupan kita.
 
Takut akan Tuhan ?

kadang aku ngerasa lebih tepatnya "tunduk akan Tuhan" bukan takut..

1yoh 4:18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

CMWIW, (pm gw ya kalo gw salah^^) GBU :)
 
kadang aku ngerasa lebih tepatnya "tunduk akan Tuhan" bukan takut..

1yoh 4:18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

CMWIW, (pm gw ya kalo gw salah^^) GBU :)

hemmm...kayanya menurut sy sebenernya itu cuma pengertian definisi kata "takut" aja..konteksnya tentu berbeda antara "takut akan Tuhan" dengan "ketakutan"..y ga??

kalo takut akan Tuhan analoginya mungkin seperti ini,,seperti seorang anak ama bapak.dimana si anak takut akan bapaknya,takut dalam arti dia hormat ama bapaknya,bukan takut karena bapaknya galak ato apa..(yagh kurang lebih kaya gitu,,CMIIW yagh sis effie)
 
takut dan tunduk jika dilakukan artinya adalah cara bagaimana agar kita bisa mentaati dan melakukannya, menurut sy masih dalam arti yang sama. hanya di alkitab lebih sering di gunakan "takut akan Tuhan " dari pada tunduk terhadap Tuhan, belum sy temukan di alkitab.
hanya ada 2 saja ayat mengenai tunduk di alkitab, tapi bukan diperuntukkan bagi Tuhan tapi bagi manusia :
Efesus 5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
Col 3:18 Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.
tapi bagi sy semua nya benar, ada hal yang terpenting bukan mana terbenar penyebutannya antara tunduk dan takut, tapi adalah bagaimana hidup kita agar bisa menjadi anak-anak Tuhan yang bisa menyenangkan hatinya Tuhan, karena memang demikianlah tujuan Tuhan menciptakan kita.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.