• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Tak biasa, ini 5 cara unik tapi ampuh untuk atasi stres

Kuncara

IndoForum Newbie B
No. Urut
284462
Sejak
18 Mar 2015
Pesan
185
Nilai reaksi
9
Poin
18
Latihan, meditasi, dan mengonsumsi makanan yang sehat telah terbukti mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan mental yang dialami seseorang seperti stres, kecemasan dan depresi. Baru-baru ini tren mewarnai untuk orang dewasa juga menjadi salah satu cara yang dipilih sebagai terapi untuk mengatasi stres yang dialami seseorang.
Tetapi, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa cara yang tak biasa untuk mengatasi stres yang kamu alami? Meskipun terlihat sedikit aneh, tetapi cara-cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa stres yang kamu alami. Melansir dari prevention.com, berikut ini merupakan 5 cara unik tapi ampuh untuk mengatasi stres.

1.Menangis bersama-sama

Di Jepang, ada sebuah praktik yang disebut dengan rui katsu yang cukup populer baru-baru ini. Dalam rui katsu ini orang-orang berkumpul di bioskop atau sebuah ruangan untuk menonton video sentimental. Ini dimaksudkan untuk membuat orang-orang yang hadir untuk menangis bersama-sama.

Menurut mereka, menangis bersama-sama mampu membersihkan pikiran serta mengurangi stres. Meskipun praktik ini belum diteliti, tetapi pada tahun 1987 sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Medicine menunjukkan menangis dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.


2.Menggelitik

Kamu pasti pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat stres yang terbaik. Tetapi, rasa geli yang ditimbulkan saat kamu digelitik oleh seseorang juga mampu mengurangi rasa stres kamu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Jepang menemukan bahwa rasa geli saat digelitik seseorang mampu mengatasi rasa takut dan kecemasan.

Penelitian ini melakukan uji coba pada tikus. Para peneliti tersebut memberikan sedikit gelitikan pada tikus-tikus percobaan tersebut. Hasilnya, cara tersebut mampu membantu tikus mengatasi rasa takut dan juga kecemasan yang dialaminya karena sengatan listrik. Seperti tertawa, rasa geli karena gelitikan dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh

3.Memanjat pohon

Apakah kamu sering melakukannya ketika kamu masih kecil? Sebagian besar orang mungkin akan mengatakan "iya". Masa kecil yang indah dengan bermain bersama kawan-kawan dan berbagi pengalaman dengan memanjat pohon bersama teman-teman.

Tak disangka, saat dewasa kamu akan membutuhkan hal ini untuk meringankan stres yang kamu alami. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Jepang menemukan bahwa memanjat pohon mampu meningkatkan perasaan relaksasi, dan juga menurunkan ketegangan dan kelelahan. Selain itu, di Kolorado dan Georgia telah didirikan komunitas dengan kegiatan memanjat pohon sebagai kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Terapi yang cukup unik, bukan?

4.Menyikat kulit

Kamu mungkin telah sering mendengar bahwa menyikat bagian kulit yang kasar adalah salah satu cara untuk menjaga kulit tetap cantik dan halus. Ternyata, cara ini tak hanya bermanfaat bagi kecantikan kulit kamu. Saat ini menyikat kulit kering menyajikan manfaat lain sebagai sebuah terapi untuk menurunkan stres.

Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, tetapi cara ini cukup populer di Amerika saat ini. Alasan yang diungkapkan adalah dengan menyikat kulit dengan bulu halus setiap hari mampu meningkatkan aliran darah. Selain itu, cara ini mampu membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan perasaan tenang.

5.Musik melankolis

Salah satu cara yang cukup populer dan juga ampuh. Mungkin ini bukan pertama kalinya kamu mendengar bahwa musik mampu mengurangi tingkat stres pada seseorang. tetapi, mungkin kamu juga belum mengetahui jenis lagu yang tepat untuk mengatasi stres kamu.

Nah, jika kamu sedang dilanda kesedihan atau depresi, kamu bisa mencoba mendengarkan lagu atau musik yang melankolis. Ini karena jenis lagu ini justru mampu meningkatkan mood kamu. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mendengarkan lagu melankolis (sedih) akan membuat kamu merasa dimengerti dan berempati. cara ini sangat mirip dengan jenis terapi yang dilakukan secara berkelompok.
 

brfxcll

IndoForum Newbie F
No. Urut
57559
Sejak
21 Nov 2008
Pesan
6
Nilai reaksi
0
Poin
1
Lucu nih, menangis bersama-sama.
Tapi memang kalo udah nangis itu rasanya lebih plong
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.