• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

SMK/STM Adalah Pilihan yang Tepat !

mattSeven

IndoForum Beginner A
No. Urut
53524
Sejak
24 Sep 2008
Pesan
1.292
Nilai reaksi
36
Poin
48
Khusus bagi adek2 yang sekrang Mau Menempuh Sekolah Menengah :

Bagi Kalian yang mempunyai hobby, keahlian , dan mampu menekuni 1 bidang...........?

Yap, SMK adalah metode yang paling tepat..

Saya dari pengalaman pribadi memilih SMK sebagai metode pembelajaran setelah saya lulus dari SMP.

A: Mengapa Anda Memilih SMK ?
Q:Karena saya mempunyai hobby dan saya ingin menjadi Teknisi Otomotif
yang handal yang dicari Pekerjaan, Kreatif & Inovatif dalam bidangnya , dan bs menjadi seorang
Wirausaha dalam bidangnya.

Didalam SMK Terdapat Jurusan yang dapat kalian Pilih :

1. Teknik Audio Video ( Elektronika )
Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Audio Video adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

1.Dalam program keahlian teknik audio video agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

2. Dalam memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian audio video


Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Teknik Elektronika Dasar
* Teknik Audio
* Teknik Video
* Teknik Radio
* Teknik Kontrol
* Pembuatan Pesawat Elektronika

2. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik ( Elektro )
Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

- mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
- mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi.

Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Dasar -Dasar Teknik Listrik dan Elektronika
* Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik
* Pelayanan Pemeliharaan Peralatan Penunjang
* Perakitan dan Pengoperasian Sistem Kendali
* Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik
* Pemeliharaan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga

3. Teknik Gambar Bangunan ( Arsitektur )
Jurusan ini akan menciptakan Arsitek2 yang handal dan kreatif dan mampu menjadi Arsitek yang mengetahui penciptaan dan penanganan gambar bangunan.

1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan secara mandiri atau wirausaha.
2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang ada di dunia usaha dan dunia industri.
3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang profesional.


Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Gambar Teknik Dasar
* Gambar Konstruksi Batu Beton
* Gambar Konstruksi Lantai
* Gambar Proyeksi Bangunan
* Autocad Dasar
* Gambar Konstruksi Kusen
* Gambar Konstruksi Penutup Atap
* Menggambar Bangunan Gedung dan Dokumen Proyek
* Autocad Lanjut
* Gambar Konstruksi Beton
* Gambar Konstruksi Tangga
* Gambar Konstruksi Jalan dan Jembatan
* Gambar Konstruksi Saluran Air
* Praktek Dasar

4. Teknik Bangunan Gedung

Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Bangunan Gedung adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

* Melakukan pekerjaan sebagai pelaksana pekerjaan bangunan gedung
* Melakukan pekerjaan jasa (pemborong) secara mandiri/berwirausaha dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan gedung.

Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Dasar -Dasar Teknik Bangunan Pekerjaan Plambing
* Pengetahuan Gambar dan Rencana anggaran Bangunan
* Pemasangan Batu Kali
* Pasangan Tembok dan Lantai
* Teknik Pemeriksaan dan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Beton Bertulang
* Pekerjaan Konstruksi Kayu
* Pekerjaan Konstruksi Kosen Pintu dan Atap
* Melaksanakan Pekerjaan Plafon Partisi dan Pengecatan Ilmu Bangunan/Gambar AutoCAD

5. Kontruksi Kayu
Tujuan program keahlian Teknik Konstruksi Kayu membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :


* Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bangunan gedung secara mandiri atau wirausaha;
* Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bangunan gedung yang ada di dunia usaha dan dunia industri;

* Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bangunan gedung yang profesional dalam bidang pembuatan komponen kayu pada bangunan;
* Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bangunan gedung yang profesional dalam bidang konstruksi kayu;


Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Dasar konstruksi teknik Bangunan
* Sambungan Kayu
* Peralatan Kayu tangan dan Mesin
* Kosen Pintu dan Jendela
* Rangka kuda-kuda kayu
* Perancah dan Begisting
* Lantai Kayu
* Kontruksi Dinding Kayu
* Konstruksi Tangga Kayu / railing
* Kontruksi Plafon
* Kontruksi Portal
6. Teknik Mesin Otomotif

Ya, inilah jurusan yang saya ambil .

Teknik Mekanik Otomotif bertujuan untuk :

* Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik;
* Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab;

* Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni;
* Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
* Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif;
* Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.

Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Dasar-Dasar Teknik Mekanik Otomotif
* Dasar Teknologi Otomotif
* Perawatan dan Perbaikan Motor Otomotif
* Perawatan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga
* Perawatan dan Perbaikan Chasis dan Suspensi Otomotif .
* Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif

7. Teknik Permesinan

Program keahlian Teknik Permesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :


1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi Permesinan secara mandiri atau wirausaha.
2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang Permesinan yang ada di dunia usaha dan dunia industri.
3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang Permesinan yang profesional.


Materi Produktif yang diajarkan :

* Ilmu Bahan
* Perhitungan Dasar Elemen Mesin
* Perhitungan Elemen Mesin
* Menggambar Teknik Mesin
* Kerja Bangku
* Teknik Las dan Pelat Dasar
* Teknik Bubut
* Teknik Frais
* Teknik Gerinda
* Teknik Pemesinan CNC

8. Teknik Komputer Jaringan ( TI )

Tujuan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :


* Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstal sistem operasi dan aplikasi
* Menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal;
* Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas;
* Memperbaiki periferal komputer;
* Merancang sistem informasi sederhana berbasis komputer.

Adapun materi produktif yang dipelajari :

* Komputer Dasar dan Elektronika Dasar
* Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer
* Local Area Network
* Wide Area Networ

Materi tambahan :

* Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
* Pemrograman Komputer
* Pemrograman Web

Dan Sebenernya masih ada Banyak Jurusan lainya , yang tidak sempat saya argumenkan.

Oh yah Adek2 Setelah Lulus Dari STM Berkesempatan :

* Bekerja di Perusahaan/Industri negeri maupun swasta
* Bekerja sebagai Pegawai Negeri, TNI maupun POLRI
* Mendirikan Perusahaan sendiri (berwiraswasta)
* Melanjutkan ke Perguruan Tinggi.


Untuk menyalurkan lulusan, SMK/STM Negeri membentuk lembaga yang disebut BKK ( Bursa Kerja khusus), yang tugasnya menjalin kerjasama dengan perusahan tingkat internasional, nasional maupun daerah. Rata-rata lulusan yang dapat disalurkan sebesar 90%.

Karena kualitas lulusan yang bekerja di perusahaan tidak mengecewakan, maka oleh beberapa perusahaan SMK/ STM Negeri dipercaya melakukan tes calon pegawai di sekolah, baik untuk lulusan SMK/ STM Negri Tersebut.

Jika Adek2 Ingin menjadi Teknisi yang handal , adek2 harus menamkan prinsip mandiri trlebih dahulu. Sikap manja dan ketergantungan kepada orang lain, sebaiknya anda tinggalkan. Itu adalah kunci menjadi Teknisi dan Wirausaha yang handal.

Oh yah 1 Tips lagi, adek2 disarankan Memilih STM Negri, dan kalau bisa memilih STM negri favorit yang ada di wilayah tempat tinggal adek2..

Di Pikiran adek2 pasti STM adalah sekolah Urak2an dan tidak mempunyai Disiplin Tinggi ?, saya Jawab tidak! di STM kita di tuntut mandiri dan bisa menjadi orang yang berguna, jadi jika adek ingin menjadi orang yang mandiri , adek2 Akan di TEMPA Di STM ini Baik Mental, Sikap , Maupun Prestasi.

Mungkin ini saja argumen yang bs saya Tuliskan, Jika adek2 masih ingin bertanya2 , mudah2an sya bs menjawab keluhan adek2 sekalian..:D
 

way2fast

IndoForum Beginner C
No. Urut
25492
Sejak
11 Nov 2007
Pesan
713
Nilai reaksi
8
Poin
18
Nice post!!tadinya gw juga pengen masuk SMK,tapi g boleh ma ortu...weeee,akhirnya SMA jg deh.....
 

Fusionist

IndoForum Senior D
No. Urut
109
Sejak
26 Mar 2006
Pesan
4.373
Nilai reaksi
968
Poin
113
keren boss
coba ada 4 tahun yg lalu saya ikut yg TI deh :D
 

Dekalvin the Killer

IndoForum Beginner E
No. Urut
53306
Sejak
22 Sep 2008
Pesan
470
Nilai reaksi
14
Poin
18
Iy keren...
tapi gw mwnya jadi dOKter,
bcos disini(daerah gw) jrg2 ada DokTR pRibadi.
 

mattSeven

IndoForum Beginner A
No. Urut
53524
Sejak
24 Sep 2008
Pesan
1.292
Nilai reaksi
36
Poin
48
hahahah,, itu sesuai bakat / hobby kalian sih,,,

oh yah Jam Sekolah di STM Lebih padat daripada di SMA..

Masuk Jam 7 Pulang Jam 3 Untuk Daerah Yogyakarta..

Apalagi kalo Kalian Ikut Ekskul, dijamin Mental adek2 waktu pelantikan udah kebentuk..
 

khoe

IndoForum Senior A
No. Urut
57222
Sejak
16 Nov 2008
Pesan
8.672
Nilai reaksi
198
Poin
63
gw setuju....

tp edan skolah di stm bawaannya apek mulu!!!
 

tengu

IndoForum Senior E
No. Urut
61193
Sejak
9 Jan 2009
Pesan
4.000
Nilai reaksi
165
Poin
63
wkwkwkwkwkw........
Aku lulusan TI tuh...sebelum pulang sekolah selalu nanem Ranjau Downloadan Ber Giga2 /gg
Sekolah Di SMK dulu jadi Seenaknya ae klo gurunya gx ada d tinggal Pulang...
xixixixi........

Malah nyomot jam pelajaran laen Buat maen Bola..../omg parah bgt pokoknya

Ada satu cerita lg waktu itu Ada Pertandingan Persik vs Klub Australia apa lupa aku namane...Pokoke Pas Event LCA tu kan tandinge Pagi eh...gila...Gurunya ditinggal Muridnya pada nonton bola =))

Tapi gitu juga Nilainya Bisa Baguz2 Ujian Nasional Juga nilai bisa 9 smoa bahkan ada yg 10 /gg
 

tengu

IndoForum Senior E
No. Urut
61193
Sejak
9 Jan 2009
Pesan
4.000
Nilai reaksi
165
Poin
63
_______________edited____________________
 

BHOstep

IndoForum Newbie F
No. Urut
64555
Sejak
18 Feb 2009
Pesan
8
Nilai reaksi
0
Poin
1
smk keren seh.
tp w mo nanya smk ada yg jurusan komputer g?
kl ada plis ksh tau smk apa
 

mattSeven

IndoForum Beginner A
No. Urut
53524
Sejak
24 Sep 2008
Pesan
1.292
Nilai reaksi
36
Poin
48
smk keren seh.
tp w mo nanya smk ada yg jurusan komputer g?
kl ada plis ksh tau smk apa
yah ada,, baca2 lg Argumen gw diatas..

Kamu sekarang ada diwilayah mana ? biasanya SMK / STM Negri Biasanya ada Jurusan Komputerny
 

mattSeven

IndoForum Beginner A
No. Urut
53524
Sejak
24 Sep 2008
Pesan
1.292
Nilai reaksi
36
Poin
48
Jakpus ? Budi Utomo bagus,, SMK N 1 Jakarta...
disitu ada Jurusan yg sudah gw Argumenkan..

Deket Lapangan Banteng itu Lokasinya... ^^
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
SMK di jakarta daerah tengah jarang2 yang bagus

daerah pinggir2 jakarta baru lebih bagusan
 

tensaigandy

IndoForum Junior B
No. Urut
22494
Sejak
20 Sep 2007
Pesan
2.380
Nilai reaksi
85
Poin
48
sumpah gw nyesel masok SMA !!! :(

gw saranin , klu ada SMK yg bagus , masok SMK aja walau ortu lu ngelarang

di SMA pelajaran nya ngambang ,, klu SMK emang yg kita mau !! /no1
 

4rdi

IndoForum Beginner A
No. Urut
66162
Sejak
11 Mar 2009
Pesan
1.370
Nilai reaksi
60
Poin
48
smk keren seh.
tp w mo nanya smk ada yg jurusan komputer g?
kl ada plis ksh tau smk apa
ada bro,gw lulusan SMK jurusan Komputer lebih tepatnya Teknik Komputer dan Jaringan..:) :)
sekarang SMK jurusannya banyak,ada RPL (rekayasa perangkat lunak),broadcast,animasi,dan lain2,tak harus jurusan mesin dan otomotif..:):)
 

mattSeven

IndoForum Beginner A
No. Urut
53524
Sejak
24 Sep 2008
Pesan
1.292
Nilai reaksi
36
Poin
48
^
yap bener....

Biasanya jurusan andalan di SMk/ STM hanya MEsin, Otomotif, Listrik, Elektronika.

Tapi karena perkembangan jaman, sekarng udah ada jurusan Pertambangan <~ ada di SMK Pembangunan di Yogyakarta, Multimedia, Komputer Dan jaringan..


Kalo masalah pelajaran, yah standar lah, tapi di SMK khusus pelajaran teknik, Pelajaran-pelajaran biologis tidak dipakai ^_~
 

baehaqi

IndoForum Senior E
No. Urut
13414
Sejak
29 Mar 2007
Pesan
4.073
Nilai reaksi
306
Poin
83
huaaaa....


KaLo aja duLu ada teknik informatika...

gw mungkin udah masuk situ tanpa pikir panjang...

hauhauhauha...

duLu ogud masuk teknik audio video [elektronika]
tapi gak apa2 Lah...

toh smua jurusan bagus kok...

jur. audio video dah ngerti


* Teknik Elektronika Dasar
* Teknik Audio
* Teknik Video
* Teknik Radio
* Teknik Kontrol
* Pembuatan Pesawat Elektronika

1 lagi gaNN...
*Teknik dasar pembuatan peledak via perangkat elektronik
[les terselubung, privaat guru elektro]
/gg/gg/gg/gg/gg

skarang maLah kuL jurusan TI...

/wah/wah/wah/wah/wah/wah/wah/wah/wah/wah
 

CasperSky

IndoForum Junior C
No. Urut
29501
Sejak
1 Jan 2008
Pesan
2.304
Nilai reaksi
100
Poin
63
Bang2,nih basis mana neh?kereta api yeh?
 

baehaqi

IndoForum Senior E
No. Urut
13414
Sejak
29 Mar 2007
Pesan
4.073
Nilai reaksi
306
Poin
83
^
eit...

ati2 Luu ngomong2 basis...

situ basis mana nh

di cegat taw rasa Luu...
/heh/heh/heh/heh


hehehehe...

@Casper
SMK juga gaNN???
 

r3ck0rd

IndoForum Activist E
No. Urut
35305
Sejak
6 Mar 2008
Pesan
10.527
Nilai reaksi
117
Poin
63
gmn ya kalo SMK memang bisa langsung dilepas, tapi kalo liburan disuruh magang, nggak deh /wah

mending gw di rumah paling bisa ngedesain web, mayan 1 website kira2 1jt lebih :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.