• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Siapa Bilang Kuliah Online itu Enggak Enak?

Angela

IndoForum Senior A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
7.075
Nilai reaksi
2
Poin
0
Siapa Bilang Kuliah Online itu Enggak Enak?

sumber gambar

Saya mau bahas soal teman yg satu kampus & sekelas sama saya. Eh, semester kemarin, sih, kalau dapat dibilang namanya bukan temen sekelas, tapi, temen se-online. Jadi, gini. Mereka tuh ngeluh nggak enak gitu kuliahnya via online. Lha, saya bingung, kenapa? Padahal, nih ya, kuliah di rumah itu bearasa di pantai, nyantai, & khususnya bebas mau nyambi ngapain aja. Penasaran, saya tanya aja bagian mananya, sih yg bikin nggak enak? Teman saya jawab gegara kuota. Maklum, subsidi kuota baru turun semester ini.

Alasan lainnya, sih yg bikin otak saya stuck, mereka jawab, lebih enak belajar tatap muka. Saya sendiri kurang setuju sama mereka, dan, saya yakin banget, teman-teman saya yg suka titip absen atau bolos matkul juga setuju sama saya. Jelas lebih enak kuliah nggak usah tatap muka. Kalau nyatanya mereka enggak setuju sama saya, lha kenapa mereka pas giliran jadwal kuliah offline males ngampus? Tapi, disuruh kuliah online malah lebih ngerasa mau mampus.

Setidaknya, bukan saya aja yg menikmati masa-masa kuliah online kayak sekarang, pembolos di atas juga di antaranya. Bukannya saya seneng kalau pandemi berlanjut, tapi, ngapain, sih pusing mikirin nggak enaknya kuliah online. Lagian, kalau dipikir-pikir kuliah offline juga banyak nggak enaknya, plus banyak buang-buang waktunya, menurut saya.

Iya, buang waktu. Sama buang duit, deh sekalian. Misal, kalau istirahat, bukannya baca buku ke perpus, malah cari resto di luar kampus. Malah, paling parah saya pernah nekat ke bioskop di mall deket kampus buat nonton film di awal tanggal rilisnya waktu itu, Avengers: Endgame. Gila nggak, tuh?

Terus, ya, karena saya tipe orang yg sukanya telat kalau kedapetan kuliah pagi, menurut saya kuliah offline dapat jadi solusi. Banyak alasan, sih yg bikin saya jadi telat mulu, & nggak penting juga dibahas semua di sini. Ya, salah satunya gegara jarak rumah ke kampus itu nggak dekat, dan, seringnya macet. Sebenernya ini alasan klasik banget, dan, dosen seringnya jawab, "Harusnya berangkat aja dua jam sebelum jam matakuliah".

Iya, kreatif juga, sih nasihatnya, dan, itu saya lakuin gegara dosennya nggak bakal mulai ngajar kalau mahasiswanya belum lengkap. Coba itu, berasa nggak enak hati saya, ditelepon, di-Whatsaap, di-SMS anak kelas yg biasanya aja saya masuk atau nggak, mereka enggak peduli. Mereka pedulinya mau belajar, & cuma gegara nungguin saya, waktu belajarnya mereka kebuang. Setidaknya, masalah kuliah offline satu itu saya lolos gegara kuliah online, kan? Bye-bye telat-telat! Di kamus dosen saya, pasti udah nggak ada, tuh si mahasiswi telat.

Alasan lain yg setidaknya bikin saya sujud-sujud adalah, nggak perlu capek melihat teman-teman saya berlomba cari muka ke dosen. Mungkin kalian kira, saya ini iri sama mereka yg sering dipuji gegara keaktifannya. Tapi, bukan karena itu. Saya Bisa aja jadi mahasiswi yg aktif pas di kelas, tapi, saya nggak mau. Sekalipun saya tahu jawaban dari yg ditanyakan dosen, ya, paling saya jawab sendiri di hati, atau paling keras saya jawab ke temen sebelah saya.

Saya, tuh males dicap pinter sama teman, atau dosen, soalnya, pasti bakal disayang nantinya. Dan, saya bukan tipe orang yg mau disayang atau di-respect dengan alasan pinter, saya maunya walaupun bodoh atau pendiam juga di-respect gitu. Itulah alasan saya nggak mau terlalai aktif atau menonjol di kelas, kalau ada pertanyaan, tinggal saya Google sendiri, nggak kayak teman saya yg sering berani bertanya. Saya lebih milih jadi orang yg mencurahkan pengetahuan saya pas waktunya tiba, maksudnya pada saat yg memang mengharuskan saya bicara, pas presentasi misalnya.

Bahkan karena hal itu juga, di awal semester, saya merasakan banget dicap bodoh sama teman-teman. Tapi, saya suka dicap bodoh gitu, karena saya nggak perlu ribet ladenin pertanyaan teman-teman yg sering nanya tentang tugas. Siapa juga yg sudi nanya ke orang pendiam & nggak tahu apa-apa, kan?

Sayangnya, kedok saya kebongkar pas nilai UTS semester awal keluar. Nilai saya rata-rata sering di atas mereka yg aktif bicara. Semenjak itu mereka mulai respect sama sayadan, saya nggak suka itu, sering menanyakan banyak hal tentang tugas mereka. Sumpah, masalahnya bukan saya pelit ilmu atau saya nggak mau berbagi jawaban, cuma, saya jadi tahu mana yg layak dijadikan teman & mana yg nggak layak dijadikan kawan.

Dan, dengan adanya kuliah online, setidaknya saya dapat rehat dari suasana kelas yg berisi teman-teman saya berlomba cari perhatian dosen kayak gitu. Sebenarnya, sih itu hal lumrah yg dilakukan anak kuliahan kepada dosennya, karena di kuliah kan ada nilai keaktifan. Cuma, saya milih jalur rahasia yg lebih efektif buat dapetin nilai itu dengan cara & waktu yg lainyang nggak akan saya bahas kali ini.

Alasan puncaknya yg bikin saya nangis bahagia belajar online, adalah dapat di rumah terus. Walaupun saya tipe ekstrovert, menurut hasil tes Stifin saya Fe & tes MBTI saya ENFJ, saya tetep suka jadi anak rumahan, saya jarang main ke luar, males, sama nggak ada yg ngajak juga, sih. Pokoknya, saya suka belajar di rumah aja, dan, setidaknya saya nggak suka mendambakan apa yg sudah terjadikuliah offline hingga lupa menikmati apa yg sedang terjadi saat inikuliah online.
Hari ini 15:07
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.