• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Shooter 115FI

steven yan

IndoForum Junior D
No. Urut
208832
Sejak
2 Jan 2013
Pesan
1.870
Nilai reaksi
23
Poin
38
VE9Qu.jpg

Suzuki Shooter 115Fi menjadi sepeda motor bebek murah (low entry) pertama yang menggunakan teknologi injeksi. Nilai tambah lain yang ditawarkan sepeda motor ini, konsumsi bahan bakar yang lebih irit bahan bakar dengan menurunkan bobot.

Menurut Minoru Hirihara, Assistant Chief Engineer Motorcycle Product Planning Department Suzuki Motor Corporation, Jepang, sepeda motor tersebut direkayasa dengan aspek utama, yaitu nyaman dikendarai (fine to ride), bangga memilikinya (pride to own) dan menyenangkankan digunakan (excitement to use).

"Filosofi itu juga kami terapkan pada sepeda motor lain. Standar pengetesannya sama dengan kami mengetes Suzuki Hayabusha. Namun disesuaikan dengan jenisnya. Sangat ketat prosesnya untuk keluar sebagai produk,” beber Hirihara.

eILop.jpg

Dengan ini, tercipta keunggulan-keunggulan. Garis besarnya, sepeda motor ini irit bahan bakar, kencang dan kuat, berkat teknologi "gesekan rendah" pada komponen mesin. Teknologi itu disebut LEAP (Light, Efficient, and Powerful). Secara keseluruhan, bermesin 4-tak, SOHC 113 cc, dua katup. Tenaga maksimumnya 9,3 PS @8.000 rpm dan torsi maksimum 9,1 Nm @6.000 rpm.

Lebih Ringan
Kunci utama untuk mencapai target di atas, menurunkan gesek pelatuk katup atau roller rocker arm, ruang bakar dengan sudut katup yang lebih maksimal mengalirkan bahan bakar dan udara serta pegas katup. Bahkan meluas pada bahan piston dan kruk as yang ringan namunn kuat.

Desain baru ruang pembakaran diklaim makin ideal, dicapai berkat sudut katup baru dan pemilihan tipe busi yang tepat. Suzuki merancang ulang lubang isap (intake port shape) untuk meningkatkan stabilitas pembakaran.

0Kjgp.jpg

Rangka dan lengan ayun dirancang untuk sepeda motor bebek, dibuat bahan ringan dan kuat untuk menahan bobot saat digunakan. Semua itu didukung dengan Electronic Control Module (ECM) dan injektor untuk menghasilkan pembakaran optimal.​

Tanpa Standar Samping

Untuk desain, Shooter hampir mirip dengan Suzuki Smash generasi kedua. Bedanya, lampu dan reflektor depan lebih besar. Desain tameng angin menyatu dengan lampu sein dengan desain kotak Di bawah jok, disediakan ruang penyimpanan dengan kapasitas 8 liter. Anehnya, untuk versi termurah, tidak dilengkapi dengan standar samping. Suzuki menjualnya terpisah sebagai aksesori tambahan.​
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.