[share]Pengalaman Ngiring Ida Sesuhunan

JakaLoco

IndoForum Beginner A
Om Swastiastu..

Sesuai dengan permintaan seorang rekan dari forum Hindu agar saya sharing pengalaman saya ngiring Sesuhunan, maka akan saya ceritakan sedikit :
"Panugrahan pertama yg kami lungsur adl berupa Mirah yg dilungsur di pura Dalem (lokasi rahasia), Mirah ini jatuh dari angkasa dan setiap damuh ngelungsur Mirah ini. Ketika Mirah ini sudah jatuh di tanah hrs segera dlinggihkan di canang kalo gak Mirahnya bs hilang..Mirah ini dilungsur dgn menelan. Setelah ngiring kami dilarang makan daging sapi, kalo gak sengaja makan daging sapi maka kami harus minum air bungkak nyuh gading..."

bersambung...
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
wah ada yang online nich..

ok saya lanjutkan sedikit..
"Setelah kami ngelungsur Mirah tsb ilmu hitam apapun gak bisa ngutak-atik kami termasuk ilmu hitam expert..
Kami yg ngiring Sesuhunan harus menggelar ritual Ekajati yaitu lahir untuk yg pertama kalinya dan ritual ini dilaksanakan di setra(kuburan)..kami diperlakukan seperti halnya orang yg udah mati..arti dari ritual ini adl "sadar akan jati diri" saat mati kita tahu begitupun ketika lahir kembali kita tahu..
Setelah ritual Ekajati kami diwajibkan melaksanakan Tri Bhakti :
1. Bakti ring Guru Rupaka (ortu)
2. Bakti ring Pralingsir (leluhur)
3. Tunggal Bakti ring Ida Sesuhunan (Hyang Widhi)
Kami yg ngiring wajib melinggihkan tapakan Sesuhunan di rumah masing2.."

bersambung...
 

goesdun

IndoForum Junior A
jadi setiap melanggar pantangan harus dilukat dan harus memakai yuh gading ?
Klau tidak akibatnya gimana?

... ngiring lanturan dumun ceritanya !
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
jadi setiap melanggar pantangan harus dilukat dan harus memakai yuh gading ?
Klau tidak akibatnya gimana?
"Jika kami sadar makan daging sapi dalam kurun waktu maksimal 3 hari harus minum air bungkak nyuh gading, kalo ga sengaja dan gak sadar ya gak masalah, yg fatal itu yang sengaja bro..kalo sengaja Panugrahan berupa Mirah tersebut tidak jenek/langgeng malingga malinggih di badan, Mirah tsb bs dicabut oleh Sesuhunan..oya sblm ngelungsur Mirah tsb kami jg ngelungsur Mirah Pedasaran atau Mirah Kresnadana sbg dasar bagi panugrahan2 lainnya, Mirah Kresnadana ini seperti halnya pedagingan pada pura..Mirah Kresnadana sendiri memilki 5 sinar yg disebut Panca Dewata yg menjaga keseimbangan baik buana alit maupun buana agung.."
 

yunisaraf

IndoForum Newbie E
tolong pencerahannya asl muasal kok bisa dipilih oleh sesuhannya, apakah hanya orang2 tertentu saja?
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
tolong pencerahannya asl muasal kok bisa dipilih oleh sesuhannya, apakah hanya orang2 tertentu saja?
Sebenarnya pada awal mulanya Ida Sesuhunan mengangkat seseorang menjadi Jan Banggul (Rasul) Beliau utk menyampaikan ajaran2 Tuhan kpd umat, kemudian umat ngiring karena tahu akan Panugrahan ini maupun karena berhasil disembuhkan penyakitnya oleh Guru Penuntun kami...Jan Banggul inilah adl Guru Penuntun kami...Panugrahan Suci yg sekarang turun di Bali sebelumnya menurut piteket Sesuhunan diturunkan di Vatican (Khatolik) sekitar 3 abad yg lalu sementara yg skrg di Bali metata cara medasar antuk agama Hindu Bali...
menurut Sesuhunan asal muasal Hindu Bali (wit) adl dari Kutai (Kalimantan Timur) turun pada abad ke-4..
menurut saya ngiring ataupun tidak ngiring adl menurut karma masing2 dan karma tsb yg membentuk jodoh kepada Panugrahan Suci ini...
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
he he akhirnya dibikin juga nih thread

keep posting broo.......

oh ya jangan lupa nanti di ceritain mengenai perjalanan NISKALA Guru penuntun nya
nanggung ceritanya di thread
https://www.forum.or.id/showthread.php?t=50340
Ok gw lanjutkan...

Perjalanan Guru Penuntun gw di niskala:
"ketika beliau dikubur..kemudian beliau telah sampai di niskala tanpa pakaian..
kemudian ada orang yang menyambut beliau dan mengenakan beliau kain berwarna putih dan kepala beliau dipasangi karawista..
tiba2 datang sebuah kereta yang ditarik 7 ekor kuda putih yg dikendalikan oleh
seorang kusir dan diiringi oleh beberapa wanita cantik (bidadari)...
kemudian beliau naik ke kereta dan menyusuri alam niskala..
beliau merasa aneh karena kereta kuda tp berjalan di angkasa..
dari niskala beliau melihat ternyata Bali dan Kalimantan tdk terpisahkan oleh
lautan sama sekali tetapi daratannya nyambung!..
Konon menurut penuturan beliau bahwa perbedaan waktu antara sekala dgn niskala adl 1 hari sekala = 5 menit di niskala..."

BERSAMBUNG.....
 

yunisaraf

IndoForum Newbie E
Ok gw lanjutkan...

Perjalanan Guru Penuntun gw di niskala:
"ketika beliau dikubur..kemudian beliau telah sampai di niskala tanpa pakaian..
kemudian ada orang yang menyambut beliau dan mengenakan beliau kain berwarna putih dan kepala beliau dipasangi karawista..
tiba2 datang sebuah kereta yang ditarik 7 ekor kuda putih yg dikendalikan oleh
seorang kusir dan diiringi oleh beberapa wanita cantik (bidadari)...
kemudian beliau naik ke kereta dan menyusuri alam niskala..
beliau merasa aneh karena kereta kuda tp berjalan di angkasa..
dari niskala beliau melihat ternyata Bali dan Kalimantan tdk terpisahkan oleh
lautan sama sekali tetapi daratannya nyambung!..
Konon menurut penuturan beliau bahwa perbedaan waktu antara sekala dgn niskala adl 1 hari sekala = 5 menit di niskala..."

BERSAMBUNG.....
lanjut bro, kok bikin penasaran aja :D :D
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
saat beliau di niskala, beliau melihat rencangan(malaikat) yg membawa semacam lontar..
di dalam lontar tersebut ada nama2 manusia yg menjalani hidup di dunia, jika nama tersebut dihapus dari lontar maka orang tsb akan mati..
di lontar tsb beliau melihat nama2 yg beliau kenal yaitu murid2 beliau (damuh Sesuhunan)..
banyak sekali kejadian kalo diceritakan..
anehnya walopun beliau cukup lama di niskala, di alam sekala beliau menghilang hanya 3 hari semenjak dikubur, mungkin beliau diberi waktu lebih oleh Sesuhunan utk d niskala..
3 hr semenjak dikubur, kemudian tiba2 kakak misan gw (wanita) kerasukan dan berkata seperti ini "Cening..cening..damuh Titiang makesami, Jan Banggul Titiang tedun ring Silayukti!!". Setelah menerima pesan tsb, lalu kami membongkar tanah yg cukup dlm tempat mengubur Guru kami, lalu membuka peti matinya. Ketika dibuka...waaaaah ajaib..
Guru kami tidak ad dlm peti, yg ada hanya pakaian hitam, kamen, udeng hitam, yg basah dan dipenuhi lumpur..
lalu gw nanya misan gw yg kerasukan gimana rasanya kerasukan, dia bilang dia sadar tapi tdk bisa mengendalikan diri, ad kekuatan lain yg mengendalikan..
Tanpa menunggu lama, kami beramai-ramai ke Silayukti. Setelah sampai di Pura Silayukti, kami masuk ke pura dan ternyata Guru Penuntun kami sudah duduk di batar Meru Tumpang Telu ditemani oleh juru sapu pura Silayukti......"

BERSAMBUNG LAGI.....
 

sakradeva

IndoForum Newbie D
ha ha...iya nih bikin penasaran aja
bersambung trus
klo bisa yg komplit...plit......plit.....pliiitt :) :D

oh ya mengenai perbedaan waktu sekala dan niskala mungkin kita bisa merujuk pada kitab2 PURANA, dimana disebutkan 1 hari Dewa = 1 Tahun Manusia
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
@all

hehe sorry brada & sista semua...
gw lg banyak kesibukan...lagipula walaupun gw mempersingkat ceritanya jadinya tetep aj panjang...
sabar semua...
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
Nyambung lagi ya...

"Perlu diketahui damuh2 yg menyaksikan peristiwa ini jumlahnya ratusan..kami berbondong-bondong tangkil ke Silayukti..
kemudian setelah kami tiba, Guru kami mempersilahkan semua muridnya utk duduk tenang..
kemudian beliau menuturkan akhir kisah perjalanan niskala beliau..
setelah berakhir, seketika beliau berada di depan pura Silayukti dgn hanya mengenakan celana dalam (untung Ida Sesuhunan berbaik hati menyisakan CD kpd Guru gw hehe(Guru maafkan saya))..lalu beliau ditemukan oleh juru sapu Silayukti dan kemudian diberikan pakaian Mangku..
Singkat cerita, beliau menceritakan ap yg beliau alami di niskala.
Nah bagian ini yg ajaib nich : kemudian beliau memanggil setiap klan(keluarga besar) keluarga yg ngiring, beliau mengetahui moyang2 dari masing2 klan lengkap dgn ciri2 dan kejadian2 yg menimpa klan tersebut yg hanya diketahui masing2 klan..giliran klan gw (klan Uchiha hahaha) buset ampe rahasia terdalam dari keluarga nyokap gw diketahui!
setelah peristiwa tsb kami matur sembah..Guru Penuntun menyampaikan pesan dari Sesuhunan agar kami masesolah (menari) di depan Meru Tumpang Telu sbg rasa syukur dan terima kasih kpd Sesuhunan..semua damuh hrs menari gak boleh gak ad yg menari..tarian gw parah dah kolaborasi antara break dance & tari Bali pokoknya hancur!
Menurut Guru Penuntun kami, perjalanan niskala beliau dengan sebelumnya dikubur di sebuah area di Denpasar dan 3 hari kemudian jatuh di Silayukti(Karangasem) bukan utk uji kesaktian, pamer kesiddhian, dll. tapi utk memberi bukti kpd damuh2 makasami bahwa Sesuhunan/Tuhan itu ada dan dibuktikan melalui mukjizat2 ini.."

BERSAMBUNG LAGI DAH....
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
@goesdun

oya bro sebaiknya kalo kita sembahyang jgn pake busana poleng seperti gambar^
karena artinya poleng tuch "aku tahu segalanya", busana yg paling baik adl berwarna putih karena putih artinya "tiang kalintang daken ngelungsur tiang ajah ring I Ratu"..
jadi kalo kita pakai busana putih waktu sembahyang artinya kita merendahkan diri di hadapan Tuhan Yang Maha Tinggi, kita mengakui kebodohan kita (putih/gak isi apa2/kosong) sepatutnya kita mohon bimbingan dari Beliau, Tuhanlah yg akan mencorat-coret kita yg putih(kosong) dgn pengetahuan..
pecalang pun ketika sembahyang harus mencopot saput poleng tersebut, kemudian dipakai ketika bertugas..kalo utk polengnya pecalang saya kurang tahu artinya..
 

goesdun

IndoForum Junior A
..matur suksma... & ingat lanjut ceritanya !

...Tapi akhir-akhir ini saya sering lihat pakaian adat pedagang bakso dan gerobak mesaput poleng, apa itu sekedar menunjukkan simbolis Balinya. ??? :-O

Ada juga sebuah kebiasaan unik di Bali yaitu banyaknya ditemui pohon yang dipakaikan kain.
Masyarakat Bali mengertinya / memberikan kain putih hitam (kotak-kotak/”poleng”) pada sebuah pohon besar, maksud maksud yang terkandung didalamnya adalah agar masyarakat tidak menebang pohon sembarangan, sehingga kelestarian alam dan lingkungan akan tetap terjaga.

Makna Saput Poleng adalah selembar kain bercorak kotak-kotak dengan warna putih dan hitam seperti papan catur.
Menurut tradisi ada tiga jenis Saput Pleng yaitu :

1. Saput Poleng Rwabhineda = Saput Poleng berwarna putih dan hitam. Warna terang dan gelap sebagai cermin baik dan buruk.

2. Saput Poleng Sudhamala = Saput Poleng berwarna putih, hitam dan abu. Abu sebagai peralihan hitam dan putih, yang berada diantara keduanya. Artinya menyelaraskan yang baik dan buruk.

3. Saput Poleng Tridatu = Saput Poleng Tridatu berwarna putih, hitam dan merah. Merah simbol rajas (keenergikan), hitam adalah tamas (kemalasan), dan putih simbol satwam (kebijaksanaan, kebaikan).

Saput Poleng Tridatu inilah yang sering dipakai oleh Pecalang untuk maksud petugas supaya dapat menyelaraskan Tri Guna.
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
Dalam melaksanakan Pemargi Suci dikubur selama 3 hari tsb, sebenarnya hrus dilaksanakan di setra/kuburan..tp krn pihak desa adat melarang apa boleh buat, seorang damuh yg mash sodara gw merelakan tanahnya sbg tempat utk melaksanakan pemargi ini..
agar tdk melanggar hukum adat maupun hukum pemerintahan maka aparatur desa pun diundang utk menyaksikan dan mengawasi jalannya pemargi ini...
 

speqlen

IndoForum Newbie A
lanjut bos

btw PM saya posisi bos sapa tau bisa mampir gitu
saya pendengar yang baik ;)
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top