[share] Obat-obat buat Reptile

cks2809

IndoForum Junior D
Salam Reptil,

Bagaimana kalo kita share obat-obatan & Vitamin yang boleh digunakan untuk Reptil, cara pemakaiannya, dosis, dan kegunaan serta khasiatnya, mungkin juga boleh disharing dimana kita bisa mendapatkan obat tersebut. Karena kadang kala kalau reptil kesayangan kita sedang sakit (Walaupun pencegahan sudah dilakukan, tapi saya rasa hal ini tidak dapat dihindari), sebelum kita membawanya ke dokter (sudah adakah yang spesialis di reptil di Indonesia ?), mungkin kita bisa melakukan beberapa tindakan pertolongan pertama ?

Saya pernah mendapatkan beberapa informasi dari teman-teman sekalian tentang obat-obatan ini tapi mungkin kurang lengkap. Berikut ini informasi yang saya dapatkan

Teramycin (botol 50mg)
Kegunaan : MouthRot (Sariawan), Respiratory Infection (Infeksi Pernafasan)
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : 1-2 kali sehari
Cara Pemakaian : Teramycin diteteskan ke bagian yang luka sariawan dengan menggunakan jarum suntik insulin (ukuran 1 mg).

Bubuk PK
Kegunaan : Cacar
Dosis : Tergantung ukuran reptil
Frekuensi : 1 kali sehari (pada saat reptil dimandikan)
Cara Pemakaian : Bubuk PK diusapkan pada bagian cacar, didiamkan sebentar, kemudian dibilas dengan air sampai bersih. (Jangan sampai dimakan oleh Reptil anda).

Air Daun Sirih
Kegunaan : Mengatasi Kutu
Frekuensi : 1 kali sehari (pada saat reptil dimandikan)
Cara Pemakaian : Reptil direndam dalam Air Daun Sirih, kira kira selama 10-15 menit atau lebih. Kemudian Reptil dilap dan dijemur selama 10-15 menit.

Betadine Cair
Kegunaan : Mengatasi infeksi akibat Luka (sobek dan sejenisnya).
Frekuensi : sama seperti manusia
Cara Pemakaian : Luka dibersihkan dengan cairan Betadine.

Neosporin
Kegunaan : Mengobati Luka (sobek dan sejenisnya)
Frekuensi : 3x sehari sampai sembuh
Cara Pemakaian : Luka dibersihkan dahulu, kemudian luka dioleskan dengan krim Neosporin.

Mungkin informasi diatas juga belum sepenuhnya tepat, jadi para master reptil kita, mohon ditambahin dan dikoreksi ya, sehingga kita-kita yang newbie tidak kelabakan kala reptil kesayangan kita sedang sakit.


Cheers,
cks2809:D
 

zlain

IndoForum Newbie E
Mau share juga nih...

Baytril 5%
Kegunaan : untuk pengobatan dan pencegahan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan negatif serta mycoplasma
Dosis : dicampur air 1ml Baytril per 1 liter air (gw blum pernah pake, cuma siap sedia aja, mungkin buat reptil > kura,kadal,ular > dicampur air yg buat ngerendam)

Gue nyalin dari botolnya.../heh
 

cks2809

IndoForum Junior D
Tambah nih...

Vitamin D3 (Repcal dan sejenisnya)
Kegunaan : Suplemen Kalsium
Frekuensi : Tergantung frekuensi lama jemurnya reptil kita, semakin lama dijemur, makan semakin sedikit dosisnya (bener begitu ? bu piko)
Cara Pemakaian : Tabur dan Oleskan bubuk kalsium D3 pada diet (makanan) reptil kesayangan kita.

Minyak Ikan
Kegunaan : Merangsang Nafsu Makan
Frekuensi : Tergantung, Pemberian jangan dilakukan bila selama ini makan reptil kita lancar-lancar saja (entar malah mogok makan lagi)
Cara Pemakaian : Selama ini saya sih, pake jarum insulin, Cairan minyak ikan disedot, kemudian ditetesin ke mulutnya (Abis, saya kurang tega kalo liat ular di force feed, kecuali terpaksa).

Genoint (atau sejenis yang mengandung Gentamicin Sulfat)
Kegunaan : Untuk luka bakar pada reptil (kulit melepuh)
Frekuensi : 3 kali sehari
Cara Pemakaian : Oleskan salep genoint pada bagian kulit yang luka / melepuh
 

cks2809

IndoForum Junior D
Tambahin Lagi nih... :D

Nutrimoist (CNI product)
kegunaan : untuk mengobati sariawan pada ular dan kadal, cara pemakaian dioleskan 2 kali sehari.
kelebihan tidak perih dan tidak berbahaya bila tertelan

Amoxylin
kegunaan : untuk mengobati gangguan kulit pada kodok
cara pemakaian, kapsul amoxylin dibagi 4 , dimasukkan ke jangkrik yang sudah digunting perutnya, lalu diberikan pada kodok.
Pada ular, dipakai untuk mengobati pilek dan sariawan dari dalam.
cara pemakaian, isi kapsul dicampur air dan disuntikkan ke tiput, atau boleh dioleskan pada sariawan langsung.

Bactrim
antibakteri kombinasi untuk pengobatan infeksi pencernaan pada ular.
unsur dasar Sulfamethoxazole yang mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.
kegunaan : pengobatan pertama apabila ular terus muntah tiap kali makan. bisa juga dipakai untuk iguana yang tiba2 menjadi lesu, pup cair dan bau.
cara pemakaian : minumkan langsung , dosis berdasarkan berat tubuh .
 

zlain

IndoForum Newbie E
Nih kk.. dapet info ttg obat cacingan... :D

Panacur
Kegunaan : Obat Cacingan
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : -
Cara Pemakaian : Tetes langsung, campur ke tempat minum
 

cks2809

IndoForum Junior D
Update lagi...

Flagyl (Botol 60 mg)
Kegunaan : Anti Bacterial
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : -
Cara Pemakaian : Kalo aku biasanya campur di tempat minum, kadang juga suapin langsung, karena berbentuk cairan kental seperti syrup.

Mana nih yg laen? gak ada yg mau share? /heh
 

cks2809

IndoForum Junior D
Teramycin (botol 50mg)
Kegunaan : MouthRot (Sariawan), Respiratory Infection (Infeksi Pernafasan)
Dosis : Belum Jelas (Selama ini hanya kira-kira tergantung ukuran reptil)
Frekuensi : 1-2 kali sehari
Cara Pemakaian : Teramycin diteteskan ke bagian yang luka sariawan dengan menggunakan jarum suntik insulin (ukuran 1 mg).
Mau nambahin aja, nih ada gambarnya, kalo2 pada gak tau kyk apa..

Maap agak blur yah.. :D





Dan ini ada beberapa hal yg mesti diperhatikan ttg Respiratory Infection:

Tanda-tanda:
- pilek
- mulut kadang terlihat mengaga/mangap (bernafas melalui mulut)
- nafas terlihat berat & bunyi
- kadang ada keluar lendir bening cair atau kental kekuningan dari mulut
- kadang terlihat seperti bersin2, dan dari mulut menyemprotkan lendir tsb.
- lebih parah lagi kalo badan (kira2 sepertiga badan dr kepala) kadang/sering terlihat melengkung/diangkat ke atas. itu tanda udah kena paru2nya.

Pencegahan:
- kandang jangan sampe terlalu lembab or terlalu kering (disesuaikan dengan jenis ular)
- selalu tersedia air minum di dalam kandang
- ganti substrate dan bersihkan kandang tiap ular pup/pee sesegera mungkin.
- jangan memakai substrate yang mengandung toxic. contoh: serutan kayu dari jenis kayu tertentu

Pengobatan:
tergantung level parahnya.
kalo masih gejala ringan, cukup pake terramycine/gentamicine diteteskan di mulutnya. plus jemur2.
kalo udah parah musti disuntik gentamicine, terapi selama 3-5 hari berturut2 disuntik dengan dosis yang tepat. dan tentu saja penjemuran.
Selain itu perlu juga diberikan vitamin.


Cheers,
cks2809 :D
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top