• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Sering Sendawa Bahkan Sebelum Makan, Wajar atau Tidak?

Tipsehat

IndoForum Newbie F
No. Urut
287687
Sejak
20 Mar 2020
Pesan
20
Nilai reaksi
0
Poin
1
Biasanya, orang bersendawa ketika baru saja selesai makan. Sendawa seringkali dialami saat perut Anda sudah kenyang oleh makanan. Tapi, jika sering sendawa bahkan saat sedang tidak makan, apakah hal ini adalah hal yang wajar?

Sebenarnya, sendawa adalah hal yang wajar. Ini menjadi cara bagi tubuh Anda untuk melepaskan gas dari dalam tubuh. Setiap orang memiliki kebiasaan sendawa yang berbeda-beda.

Apakah sering sendawa wajar?

Tidak ada standar pasti yang menentukan seberapa sering seharusnya seseorang bersendawa. Anda mungkin hanya bisa membandingkan diri Anda dengan orang lain, mencari tahu apakah intensitas sendawa Anda lebih sering dari biasanya atau dari orang lain.

Pada dasarnya, bersendawa adalah tanda bahwa fungsi tubuh Anda bekerja dengan normal. Ini terjadi ketika tubuh melepaskan gas atau udara berlebih dari saluran pencernaan melalui mulut.

Adanya udara berlebih di saluran pencernaan bisa terjadi karena banyaknya udara yang masuk ketika Anda makan atau minum. Jika Anda sering sendawa, mungkin saja makanan atau minuman yang Anda konsumsi berkontribusi dalam menyebabkan hal ini.

Selain itu, sendawa berlebihan juga bisa mengisyaratkan adanya kondisi medis tertentu yang Anda derita. Anda perlu mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan Anda sendawa berlebihan untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berbahaya atau tidak.

Hal-hal yang menyebabkan sering sendawa

Terdapat banyak sekali faktor yang berpotensi menyebabkan seseorang sendawa berlebihan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • GERD
GERD merupakan penyakit asam lambung yang disebabkan oleh melemahnya katup sfingter. Saat katup ini menjadi lemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan, membuat Anda jadi lebih sering bersendawa.

Biasanya, jika sendawa berlebih disebabkan oleh GERD, anjuran pengobatan dari dokter adalah untuk mengubah pola hidup. Anda akan diminta untuk menurunkan berat badan serta berhenti merokok.

  • Minuman bersoda
Jika Anda sering meminum minuman bersoda, maka tidak heran jika Anda pun jadi lebih sering sendawa. Minuman bersoda dibuat dari gas yang disebut karbon dioksida. Ini akan menambah udara yang lebih banyak masuk ke dalam perut dan sistem pencernaan Anda.

Setelah udara dari minuman bersoda masuk melalui mulut Anda, maka udara tersebut akan dikeluarkan kembali melalui mulut. Inilah yang menyebabkan Anda bersendawa.

  • Cara makan
Sadarkah Anda bahwa cara makan Anda juga mempengaruhi sendawa? Jika Anda makan banyak sekaligus dan dengan irama yang terlalu cepat, maka udara yang masuk sepanjang Anda makan pun akan lebih banyak.

Sebagian besar udara tersebut tidak masuk sampai ke perut Anda. Udara akan menetap di kerongkongan sampai Anda mengeluarkannya kembali melalui sendawa.

  • Intoleransi laktosa
Kondisi ini adalah kondisi yang terjadi akibat kekurangan protein untuk memecah laktasa, yaitu gula alami dari susu. Jika Anda menderita kondisi ini, maka tubuh Anda tidak bisa sepenuhnya mencerna makanan yang mengandung susu.

Laktosa akan berfermentasi di perut Anda. Inilah yang membuat Anda jadi sering bersendawa secara berlebihan.

Ada juga faktor-faktor penyebab lain yang bisa membuat Anda sendawa berlebihan. Bisa saja, ada kondisi medis khusus yang mendasari kebiasaan tersebut.

Apabila seringnya sendawa Anda terjadi karena kebiasaan yang buruk, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengubah gaya hidup. Dengan menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, Anda bisa menghindari sering sendawa yang berlebihan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.