• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sering Kesemutan, Apa yang Harus Anda Lakukan?

nurma

IndoForum Beginner A
No. Urut
170780
Sejak
25 Apr 2012
Pesan
1.296
Nilai reaksi
25
Poin
48
Rasa kesemutan memang berupa gangguan ringan. Tapi jika terjadi disertai nyeri, kram dan rasa terbakar di jari kaki, telapak tangan, tungkai, tangan, lengan, bahkan di sekitar kaki perlu diwaspadai. Gejala tersebut sering terjadi dan tak segera hilang, meski sudah mengubah posisi.

Apabila itu terjadi pada Anda, kemungkinan besar mengalami gangguan saraf atau neuropati. Selain faktor usia, penyebabnya karena defisiensi vitamin B. Hal yang harus diketahui, pada dasarnya tubuh manusia sangat tergantung pada suplai vitamin B yang memadai. Vitamin tersebut merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi dan meregenerasi saraf.
Q7mCL.jpg
"Defisiensi vitamin B banyak terjadi pada mereka yang memiliki gaya hidup tak sehat, seperti kebiasaan merokok, kurang berolahraga, dan minum minuman beralkohol yang dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B," kata dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S (K), ketua divisi klinik neurofisiologi dari FKUI/RSCM, saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta.

Penting untuk memenuhi asupan vitamin B. Jika Anda merasa makanan dan minuman yang dikonsumsi tak cukup banyak vitamin B, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen. Berikut vitamin B yang dibutuhkan, menurut dr. Manfaluthy. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Vitamin B1
Diketahui hampir 45 persen orang usia lanjut tidak mengonsumsi vitamin B dan berujung pada neuropati atau gangguan saraf. Ketika kondisi ini terjadi, dapat menyebabkan timbulnya rasa menyakitkan pada anggota tubuh, seperti pegal-pegal.

Vitamin B6
Vitamin ini diperlukan oleh sistem saraf dan sistem imun. Vitamin B6 juga berperan penting bagi metabolisme sel darah merah dan pembentukan hemoglobin. Ketika terjadi defiensi vitamin B6, dapat menyebabkan peradangan di kulit, mukosa mulut, lidah, anemia, dan kelainan saraf seperti depresi, kebingungan, dan kejang.

Vitamin B12
Berperan penting untuk pertumbuhan sel dan reproduksi. Vitamin ini memberikan manfaat untuk pembentukan selubung mielin--selubung yang mengelilingi dan melindungi saraf--. Fungsinya untuk menyampaikan pesan dari otak ke seluruh tubuh.

Seiring pertambahan usia dan mereka yang mengalami gangguan siskemik, seperti diabetes dan hipertensi sangat memerlukan vitamin B12 ini. Tentunya dengan dosis yang lebih besar. Hal ini karena sebelumnya kemampuan tubuh menyerap vitamin B12 menurun.

Bukan hanya itu, kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan rusaknya selubung mielin. Sehingga mudah terjadi gangguan saraf, seperti baal, mati rasa, kesemutan, kram, dan kaku.

Waktu tepat


Vitamin B1, B6, dan B12 merupakan sederet vitamin B yang sangat dibutuhkan saraf. Untuk mencegah neuropati atau bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin ini, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin neurotropik sekali sehari secara teratur.

Bagi yang menjalankan puasa khususnya, Anda cukup mengonsumsi vitamin ini satu tablet pada saat sahur. Karena untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan saraf saat menjalankan puasa, sekaligus mencegah defisiensi vitamin B.
 
kalau kebanykan makan 'karbohidrat',
kurang sayur, buah dan daging. biasanya sering kesemutan lho gan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.