• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sering Alami Gigi Ngilu? Ini Kemungkinan Penyebabnya

jennywijaya

IndoForum Newbie A
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
318
Nilai reaksi
1
Poin
18
sakit-gigi-1551671360.jpg

Rasa nyeri dan ngilu pada gigi tidak mungkin terjadi tanpa sebab. Terkadang, gigi ngilu bisa menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu yang Anda alami, baik itu menyerang gigi dan mulut maupun menyerang organ tubuh lainnya.
Anda perlu mengetahui apa penyebab dari rasa ngilu di gigi Anda. Dengan begitu, Anda baru bisa melakukan upaya perawatan sekaligus pencegahan agar ngilu tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Bagaimana rasa gigi ngilu?
Sebagian orang tidak tahu seperti apa rasa ngilu pada gigi. Mereka kesulitan membedakan gigi ngilu dengan gejala sakit gigi lainnya. Sebenarnya, rasa ngilu pada gigi seringkali ditandai dengan:
  • Nyeri berdenyut dan bengkak di dalam atau di sekitar gigi serta gusi
  • Nyeri tajam ketika menyentuh gigi atau menggigit
  • Kepekaan yang menyakitkan pada gigi
  • Sensasi nyeri yang terbakar, seperti syok
  • Rasa nyeri seperti tertekan di bagian dalam gigi
Hal-hal di atas menjadi tanda bahwa Anda menderita sakit gigi. Anda mungkin bisa mengatasi rasa nyeri dengan obat pereda nyeri, namun baru benar-benar bisa disembuhkan ketika berobat ke dokter gigi.

Penyebab gigi ngilu
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang merasakan ngilu pada gigi dan gusinya. Faktor-faktor tersebut terdiri atas faktor umum dan juga faktor yang cukup jarang terjadi. Supaya lebih memahaminya, berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa membuat Anda merasakan gigi ngilu:
  • Penyebab umum
Umumnya, sakit gigi disebabkan oleh adanya kerusakan pada gigi Anda. Apabila tidak diobati, kerusakan ini akan mengembangkan abses, yaitu infeksi di dekat gigi atau di pulpa bagian dalam gigi. Apabila terus dibiarkan, infeksi bisa menyebar sampai ke otak. Kondisi ini berbahaya dan mengancam jiwa. Karena itu, ketika merasakan nyeri, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Ini akan membantu mengatasi gejala dan mencegah komplikasi.
  • Penyakit lain
Terkadang, sakit gigi juga bisa terjadi karena adanya penyakit lain yang Anda derita. Umumnya penyakit tersebut berupa sinusitis, yaitu kondisi ketika sinus meradang dan mengalami infeksi. Gigi atas Anda berada dekat dengan lokasi sinusitis. Inilah yang bisa memicu rasa nyeri pada gigi atas Anda.
Dalam kasus yang cukup jarang, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh penyakit jantung dan kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena saraf vagus, yang mengalir dari otak ke jantung dan paru-paru, melewati area rahang Anda. Jadi, ketika paru-paru dan jantung mengalami penyakit parah, saraf yang melewati rahang itu akan membuat gigi Anda terasa ngilu.
  • Faktor penyebab yang langka
Ada faktor penyebab ngilu pada gigi yang cukup langka, yaitu trigeminal neuralgia dan occipital neuralgia. Kedua kondisi ini merupakan penyakit peradangan pada saraf trigeminal dan occipital. Saraf ini bekerja pada area tengkorak, termasuk melayani area gigi Anda juga. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada gigi. Namun, faktor penyebab ini cukup langka, sehingga kecil kemungkinannya menjadi penyebab dari rasa sakit gigi Anda.

Anda perlu berobat ke dokter gigi untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari rasa ngilu di gigi yang Anda rasakan. Saat rasa ngilu muncul, jangan meremehkannya karena bisa berakibat fatal bila tidak diobati. Dokter akan menentukan upaya pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi gigi ngilu Anda. Tak perlu takut berobat ke dokter gigi, karena kesehatan gigi Anda adalah hal yang paling utama.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.