• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

SEPAKBOLA DAN PERANG

Angela

IndoForum Addict B
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
32.159
Nilai reaksi
6
Poin
0
Sepakbola,adalah permainan yg dipopulerkan perdana kali di inggris

Walau banyak pula yg mengatakan sepakbola adalah perdana kali & bermula di negri china

Dewasa ini banyak yg beranggapan bahwa sepakbola adalah pengganti dari peperangan

Namun tidaklah elok kalau suasana sepakbola hampir mirip seperti perang karena yg dimaksud dengan pengganti perang adalah sepakbola adalah pergantian yg lebih baik daripada peperangan yg brutal,yang tidak lazim untuk manusia modern yg menjunjung tinggi hak hak azasi manusia

Inilah rangkuman beberapa tragedi kemanusiaan yg terjadi dalam sepakbola yg semestinya tidak boleh & tidak harus terjadi






SEPAKBOLA DAN PERANG
9 Tragedi Kelam dalam Sejarah Sepak Bola, Salah Satunya Kanjuruhan Malang

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 03 Okt 2022 09:30 WIB

SEPAKBOLA DAN PERANG
Jakarta - Tragedi Kanjuruhan yg terjadi usai Laga Arema FC Vs Persebaya merenggut ratusan korban jiwa. Hingga saat ini, jumlah korban tewas kian bertambah.
Mengutip dari detikNews pada Minggu (2/10/2022), kerusuhan terjadi setelah pertandingan usai. Pendukung Arema yg merasa tidak puas lantas turun ke lapangan. Kala itu, Polisi memberikan himbauan untuk tidak masuk lapangan.

Saat kericuhan terjadi, aparat lantas menembakkan gas air mata. Akibatnya para suporter berhamburan keluar secara bersamaan sambil berdesak-desakkan hingga akhirnya banyak di antara mereka yg mengalami sesak napas hingga berujung kematian.

Baca juga:
Sejarah Stadion Kanjuruhan Malang, Saksi Bisu Tragedi 1 Oktober 2022
Menilik kembali sejarah sepak bola, ternyata ada tragedi selain Kanjuruhan Malang yg merenggut korban jiwa.

Dilansir dari penelusursan detikcom, BBC, & ABC, berikut daftar tragedi kelam dalam sejarah sepak bola.

9 Tragedi Kelam dalam Sejarah Sepak Bola:
1. Tragedi Hillsborough
Merangkum berita detikSport, sebanyak 96 nyawa melayang di Stadion Hillsborough, Sheffield, Inggris, pada 15 April 1989.

Kala itu, para suporter tewas terhimpit di pertandingan Liverpool vs Nottingham Forest. Menjelang kickoff, suporter Liverpool dengan jumlah akbar berdesak-desakan di tribun.

Sebagai langkah preventif, pihak keamanan stadion membuka gerbang untuk menghindari kejadian yg tidak diharapkan.

Namun, suporter yg tak mendapat tiket di luar stadion justru malah memaksa masuk bersamaan dengan suporter dari dalam stadion.

2. Kebakaran di Stadion Valley Parade, Bradford
Pada Mei 1985 di Stadion Valley Parade, Bradford, Inggris, terjadi kebakaran yg merenggut 56 nyawa suporter. Api muncul lantaran seorang penonton membuang puntung rokok ke celah belakang kursi yg terdapat tumpukan sampah.

Mengutip dari BBC, lebih dari 250 orang lainnya terluka. Tragedi disebut jadi yg terbesar & terparah di lapangan sepak bola Inggris.

3. Puerta 12
Puerta 12 merupakan satu kejadian kelam pada 23 Juni 1968 yg menewaskan 71 penggemar Boca Juniors. Adapun 150 orang lainnya luka-luka akibat kerusuhan yg terjadi antara pendukung Boca & River di sektor 12, Stadion El Monumental.

4. Tragedi Stadion Port Said
Pada 1 Februari 2012, sebanyak 79 suporter tewas dalam insiden laga Al Masry & Al Ahly di Stadion Port Said. Ribuan suporter Al Masry menyerang tribun suporter Al Ahly serta para pemain klub.

Yang lebih mengerikan, mereka mengpakai senjata seperti pisau, tongkat, botol, kembang api, & bahkan pedang sekalipun.

5. Tragedi Kanjuruhan Malang
Kerusuhan yg terjadi di Kanjuruhan Malang termasuk ke dalam tragedi kelam dalam sejarah sepak bola. Dalam laporan terakhir detikNews, per Minggu (2/10) Siang, jumlah korban tewas mencapai 174 orang.

6. Tragedi Heysel
Tragedi Heysel terjadi pada 29 Mei 1985 dalam laga final Piala Champions antara Liverpool Vs Juventu. Kala itu, dinding stadion roboh setelah tribun suporter Juventus ditekan oleh suporter Liverpool, akibatnya 39 orang tewas dalam insiden tersebut.

7. Tragedi Berdarah di Ellis Park
Pada tanggal 11 April 2001 sebuah tragedi berdarah terjadi di Stadion Ellis Park yg berada di kota Johannesburg.

Di hari itu dilangsungkan laga derby Soweto yg merupakan derby terbesar di Afrika Selatan yaitu, Kaizer Chiefs menjamu Orlando Pirates, yg mengakibatkan 43 orang meninggal dunia & 158 lainnya luka-luka.

8. Insiden Stadion Olahraga Accra
Sebanyak 126 orang meninggal & 70 ribu lainnya luka-luka akibat insiden yg terjadi pada 9 Mei 2001. Dalam laga Hearts of Oak Vs Asante Kotoko di Accra Sports Stadium, pihak kepolisian melepas selusin tabung gas air mata & menuai kritik dari berbagai pihak.

SEPAKBOLA DAN PERANG
SEMOGA KELUARGA TERKORBAN DIBERI KETABAHAN

https://www.google.com/url?q=https:/...43KTH3OE2DqKkE Hari ini 16:58
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.