• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Selesai 70 Persen, Seksi 3 Tol Joker Siap Dipakai Jalur Alternatif Mudik

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
Meski proses pembangunan seksi 3 ruas tol Jombang-Mojokerto (Joker) sepanjang lima km baru selesai 70 persen, namun ruas tol itu siap jadi jalur alternatif arus mudik dan balik Lebaran.
Jadi jalur alternatif selama 9-10 hari, ruas tol ini dibuka sementara untuk mengurai kemacetan di By Pass Krian dan By Pass Mojokerto.

Pimpinan Proyek seksi 2 dan 3 ruas tol Joker PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Syamsul Choir mengatakan, pengerjaan seksi 3 ruas tol ini memang dikebut.

Hingga saat ini, penyelesaian fisik sudah sekira 70 persen, di mana ruas sepanjang 3,3 km yang menghubungkan tol Sumo dan gerbang tol Mojokerto Barat ini telah rigid (selesai cor).
"Yang masih kurang adalah sepanjang 1,7 km, dimana tol sepanjang satu km sudah rigid dan sisanya atau 700 m masih tahap LC (lean concrete) atau cor setebal 10 cm dari fondasi tanah," jelasnya kepada Surya.co.id, Rabu sore (29/6/2016).

Pengerjaan LC saat ini menyisakan titik jembatan Desa Kemantren, tak jauh dari gerbang tol Mojokerto Barat, ucap Syamsul, hanya punya waktu dua hari untuk menyelesaikan konstruksi sepanjang sekitar 50 meter itu sebelum jadi alternatif kendaraan pemudik pada H-5 Lebaran.
"Ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan di By Pass Krian dan By Pass Mojokerto. Paling tidak kemacetan di jalur tersebut bisa diurai," katanya.

Syamsul berharap, seksi 3 yang menghubungkan seksi 4 tol Sumo dengan gerbang tol Mojokerto Barat di Desa Kemantren dibuka sebagai jalur alternatif mudik mulai H-5 sampai H+5 Lebaran.

Hanya saja, dia hanya membuka satu jalur satu arah, baik saat mudik maupun balik Lebaran.
"Dengan begitu, saat arus mudik, kendaraan dari arah Jombang dilarang masuk melalui gerbang tol Mojokerto Barat. Begitu juga sebaliknya ketika arus balik, kendaraan dari arah Surabaya dilarang masuk ke seksi 3," paparnya.

Untuk kendaraan pemudik dari arah Surabaya bisa masuk ke tol Sumo melalui Legundi, Gresik.
Bagi kendaraan yang menuju Jombang via Ploso, maka bisa lurus masuk ke seksi 3 Tol Joker.
Sedangkan yang ingin menuju Mojokerto, bisa keluar di gerbang tol Penompo.
"Untuk seksi 3 kami fungsikan secara gratis. Namun, untuk kelayakan dan kapan mulai dibuka untuk jalur mudik, kami menunggu keputusan tim dari instansi terkait yang akan meninjau dalam waktu dekat," terangnya.

Meski sebagian jalur di seksi 3 masih berupa konstruksi LC, Syamsul memastikan masih layak untuk dilalui kendaraan golongan I.
"Kalau dilewati kendaraan golongan satu atau kendaraan berat masih aman. Namun, kelayakan masih ditentukan instansi terkait," pungkasnya.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.