Sejarah Dunia

666

IndoForum Junior B
DAFTAR ISI THREAD SEJARAH DUNIA:

1. Albert Einstein : Genius Pembuka Tabir Misteri Alam
2. Bom Nuklir Nagasaki : FatMan
3. Jenderal Sudirman, Pahlawan besar yang berusia pendek
4. 100 Tokoh paling berpengaruh dalam sejarah
5. The Three Kingdoms ( Wei, Wu, Shu ) 220-280 M
6. Pertempuran Laut Aru ,klik disini
7. NAZI ,klik disini
8. Motto dan Slogan NAZI ,klik disini
9. Adolf Hitler ,klik disini
10. Judge Bao ( Bao Zheng ) ,klik disini
11. Genghis Khan ,klik disini
12. Abraham Lincoln ,klik disini
13. Mahatma Gandhi ,klik disini
14. Zeus ,klik disini
15. Bung Hatta ,klik disini
16. Kwan Im ( Avalokistevara ),klik disini
17. The Great Wall of China,klik disini
18. Zodiak,klik disini
19. Sejarah berdirinya Yakuza,klik disini
20. Thomas Stamford Raffles,klik disini
21. Sun Tzu + e-book "Art of War",klik disini
22. Operasi Dwikora tahun 1963,klik disini
23. Gilgamesh, The Lord of Sumeria,klik disini
24. Tokugawa,klik disini
25. Cleopatra VII,klik disini
26. Senjata Tradisional Jepang,klik disini
27. Julius Robert Oppenheimer, Penemu Bom Atom,klik disini
28. Perang Dunia II,klik disini
29. Benito Mussolini,klik disini
30. Napoleon Bonaparte,klik disini
31. Ludwig Van Beethoven,klik disini
32. Muhammad SAW, klik disini




Albert Einstein : Genius Pembuka Tabir Misteri Alam


Manusia bumi abad 20 lalu yang paling besar jasanya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia mungkin adalah Albert Einstein (AE). Dengan teori relativitasnya – baik teori relativitas umum dan teori relativitas khusus – berikut rumus matematisnya yang dahsyat itu: E = mc2, AE telah berhasil menjawab fenomena-fenomena alam yang belum mampu dijawab oleh teori fisika yang dihasilkan oleh pendahulunya, Isaac Newton dan kawan-kawan.
AE dilahirkan pada hari Jumat tanggal 14 Maret 1879 di kota Ulm, sebuah kota makmur di selatan Jerman, sebagai putera pertama dan satu-satunya putera dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Tahun 1880, keluarganya pindah ke Munich dan di kota ini ayah dan pamannya membuka toko kimia elektro. AE tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat, tergolong anak yang pendiam, agak penyendiri, gemar membaca – sejak kecil AE gemar melahap buku-buku yang tergolong ”serius dan berat” –, mendengarkan musik, dan tidak menyukai olahraga yang penuh aturan. Wataknya yang keras membuat AE lebih banyak belajar sendiri di rumah atau di laboratorium pribadinya. AE juga menyukai kegiatan berlayar – yang membuatnya merasa tenang dengan menikmati alam – dan pandai memainkan biola. AE merupakan pasangan duet yang hebat dengan ibunya yang pandai memainkan piano.
Minat dan kecintaannya pada fisika dimulai pada saat ia berusia lima tahun. Saat ia terbaring lemah di tempat tidur akibat penyakit yang dideritanya, ayahnya memberikan hadiah sebuah kompas. Kebesaran dan keagungan alam semesta yang terefleksi dalam sebuah kompas mempesonanya dan membulatkan tekadnya untuk menguak segala tabir misteri yang berada di balik segala fenomena alam.
Walaupun tidak begitu menyukai kegiatan di bangku sekolah, AE tetap mampu berprestasi dengan sangat baik, menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1900. Setelah dua tahun menganggur, akhirnya AE memperoleh pekerjaan di kantor paten di Swiss. Sambil menekuni kesibukannya di kantor paten – bahkan pernah ia dinobatkan sebagai Best Employer oleh atasannya – AE tidak pernah melupakan janji kepada dirinya sendiri untuk berkarir di bidang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya fisika.
Tahun 1905, terbitlah empat tulisannya tentang teori relativitas dalam majalah sains Annalen der Physik. Tulisannya ini mengundang banyak kontroversi dan perdebatan di antara para ilmuwan ternama saat itu. Salah satu tulisannya tersebut diselesaikannya dalam lima minggu setelah mengendap dalam pikirannya sejak AE berusia 16 tahun! Bukan main!
Tahun 1909, AE diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun 1915, AE menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. AE juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu. Tahun 1933, AE beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena khawatir kegiatan ilmiahnya – baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti – terganggu. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, AE ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Namun jabatan ini ditolaknya karena ia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang itu. Akhirnya pada tanggal 18 April 1955, AE meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia. Kendati begitu, AE sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya – teori relativitas umum dan khusus – digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bom atom. Bom inilah yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II berlangsung.
Teori relativitas umum pada dasarnya berbicara tentang ruang alam semesta yang melengkung. Hal ini dibuktikan oleh dua orang ilmuwan yang penasaran melalui foto cahaya bintang yang menyimpang dari yang seharusnya. Teori relativitas khusus berbicara tentang hukum fisika berlaku sama untuk semua pengamat selama mereka bergerak dengan kecepatan konstan pada arah yang tetap. Hal ini dapat kita buktikan sendiri. Misalnya kita berdiri di peron dan melihat seseorang menggigit rotinya dua kali di dalam gerbong kereta Bagi kita yang ada di peron, kita mengatakan bahwa ia menggigit rotinya di dua tempat yang berbeda. Namun bagi orang-orang yang ada di dalam gerbong kereta, mereka mengatakan bahwa orang tersebut menggigit rotinya di tempat yang sama alias tidak berpindah tempat. Nah, di sinilah relativitas itu bekerja.
Mengenai hal ini AE pernah berkelakar. Jika kita duduk di atas panci panas selama satu menit saja, kita akan merasakannya seperti satu jam. Namun, jika kita duduk bersama dengan orang yang kita cintai selama satu jam, kita akan merasakannya seperti satu menit saja.
AE meninggalkan sebuah wasiat bagi para generasi penerus yang ingin mengikuti jejaknya. Pesannya: ”Persyaratan paling penting bagi orang yang ingin menjadi seperti saya adalah mawas diri dalam hal APA yang dipikirkannya serta BAGAIMANA ia berpikir, bukan dalam hal apa yang dikerjakannya atau dialaminya”. Inilah pesan yang sangat berharga bagi kita semua.
Melalui tulisan ini juga kami pengasuh ManDiri ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional dan selamat berjuang kepada adik-adik siswa SMU dan pengurus Tim Olimpiade Fisika Indonesia (http://www.tofi.or.id) yang akan mengikuti Olimpiade Fisika Internasional di Bali tanggal 24-31 Juli 2002. Bagi semua pembaca ManDiri, mudah-mudahan kita mampu menyerap serta mengamalkan segala pelajaran berharga yang tersirat dalam kisah singkat kehidupan AE di atas dalam kehidupan kita serta menularkannya kepada orang lain. Dengan demikian akan tercipta generasi penerus yang lebih baik lagi.

Sumber : Lexius1980@BlueFame

Info penting dalam artikel :
- Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di Jerman selatan.


NB :
- Saya bersedia menjawab pertanyaan dari teman2 atas artikel di thread ini asal pertanyaannya serius.
- Thread ini akan terus saya uptade sejarah dunia/penemu2 dunia yang terbaru dan menarik disertai gambar.
 

666

IndoForum Junior B
Kalian pasti pernah belajar sejarah tentang pemboman jepang oleh pasukan sekutu :), nah mari kita lihat lebih dalam tentang data bom yang digunakan :


Bom Nuklir Nagasaki : FatMan


“Fat Man” merupakan kode bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, 3 hari setelah pemboman nuklir pertama di Hiroshima. Nama ini diambil sesuai desain bom yang digunakan, model “Fat Man”. Senjata ini merupakan implossion-type dengan inti plutonium. Bom ini diledakkan pada ketinggian 550 m di atas permukaan tanah. Diangkut dengan pesawat B-29 Bockscar, bom ini diperkirakan memiliki daya ledak setara dengan 20 kiloton TNT.


Bom ini memiliki panjang 3.25 m, diameter 1.52 m dan berat 4630 kg. Bom ini memiliki beberapa lapisan peledak dimana pada pusat bom terdapat plutonium dalam keadaan sub-kritis, dalam ruang kosong, yang dikelilingi oleh bahan peledak jenis high-explosive. Sejumlah detonator diletakkan pada permukaan bahan peledak yang dipicu serentak. Ledakan yang dihasilkan menghasilkan tekanan ke pusat bom, sehingga kerapatannya meningkat. Peristiwa ini akan memicu plutonium di inti bom berubah menjadi super kritis dan reaksi berantai pun terjadi menghasilkan ledakan nuklir.

Sumber : andhe-andhe lumut@BlueFame
Diedit ulang oleh : 666@IndoForum

Info penting dalam artikel :
- "Fat Man" adalah kode bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki 9 Agustus 1945.
- Pesawat pembom yang mengangkutnya adalah B-29 Bockscar.
- Kekuatan bom ini setara dengan 20 KiloTon TNT, ( for info: 1/2 kg TNT bisa menghancurkan 1 rumah ).
 

Meatlove

IndoForum Junior E
pembunuh paling maut bom fat man bisa menghabiskan seluruh Nagasaki dalam beberapa menit saja
 

666

IndoForum Junior B
@ semua

bayangkan saja kekuatan bom yang 20kiloton TNT itu, sampai sekarang tanah di Nagasaki tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam karena bom itu ( tanahnya tercemar ).



Btw,
Rupanya ada yg minat ma ni thread juga, akan segera saya lanjut
 

vermx

IndoForum Beginner B
^

gw waktu ke memorial museum di nagasaki,

udah subur kok taneman di sana...
 

666

IndoForum Junior B
^

gw waktu ke memorial museum di nagasaki,

udah subur kok taneman di sana...
saya pernah nonton DVD dokumenter tragedi Nagasaki, dibilang tanah disana tercemar nuklir :( dan ga bisa ditanami, tp ntahlah skrg, soalnya itu DVD 2 thn lalu.

wew....pusing gw bacanya
Ketika suatu manusia berhenti untuk membaca/mempelajari sesuatu yang baru, maka pada saat itu dia disebut bodoh
 

666

IndoForum Junior B
Jenderal Sudirman, Pahlawan besar yang berusia pendek​



Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun ia sudah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatarbelakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.

Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun ia sudah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatarbelakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.

Ketika pendudukan Jepang, ia masuk tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor yang begitu tamat pendidikan, langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Menjadi Panglima Divisi V/Banyumas sesudah TKR terbentuk, dan akhirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia (Panglima TNI). Ia merupakan Pahlawan Pembela Kemerdekaan yang tidak perduli pada keadaan dirinya sendiri demi mempertahankan Republik Indonesia yang dicintainya. Ia tercatat sebagai Panglima sekaligus Jenderal pertama dan termuda Republik ini.

Sudirman merupakan salah satu pejuang dan pemimpin teladan bangsa ini. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Ia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara. Hal ini boleh dilihat ketika Agresi Militer II Belanda. Ia yang dalam keadaan lemah karena sakit tetap bertekad ikut terjun bergerilya walaupun harus ditandu. Dalam keadaan sakit, ia memimpin dan memberi semangat pada prajuritnya untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda. Itulah sebabnya kenapa ia disebutkan merupakan salah satu tokoh besar yang dilahirkan oleh revolusi negeri ini.

Sudirman yang dilahirkan di Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916, ini memperoleh pendidikan formal dari Sekolah Taman Siswa, sebuah sekolah yang terkenal berjiwa nasional yang tinggi. Kemudian ia melanjut ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Solo tapi tidak sampai tamat. Sudirman muda yang terkenal disiplin dan giat di organisasi Pramuka Hizbul Wathan ini kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Kedisiplinan, jiwa pendidik dan kepanduan itulah kemudian bekal pribadinya hingga bisa menjadi pemimpin tertinggi Angkatan Perang.

Sementara pendidikan militer diawalinya dengan mengikuti pendidikan tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor. Setelah selesai pendidikan, ia diangkat menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Ketika itu, pria yang memiliki sikap tegas ini sering memprotes tindakan tentara Jepang yang berbuat sewenang-wenang dan bertindak kasar terhadap anak buahnya. Karena sikap tegasnya itu, suatu kali dirinya hampir saja dibunuh oleh tentara Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, dalam suatu pertempuran dengan pasukan Jepang, ia berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Banyumas. Itulah jasa pertamanya sebagai tentara pasca kemerdekaan Indonesia. Sesudah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia kemudian diangkat menjadi Panglima Divisi V/Banyumas dengan pangkat Kolonel. Dan melalui Konferensi TKR tanggal 2 Nopember 1945, ia terpilih menjadi Panglima Besar TKR/Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 18 Desember 1945, pangkat Jenderal diberikan padanya lewat pelantikan Presiden. Jadi ia memperoleh pangkat Jenderal tidak melalui Akademi Militer atau pendidikan tinggi lainnya sebagaimana lazimnya, tapi karena prestasinya.

Ketika pasukan sekutu datang ke Indonesia dengan alasan untuk melucuti tentara Jepang, ternyata tentara Belanda ikut dibonceng. Karenanya, TKR akhirnya terlibat pertempuran dengan tentara sekutu. Demikianlah pada Desember 1945, pasukan TKR yang dipimpin oleh Sudirman terlibat pertempuran melawan tentara Inggris di Ambarawa. Dan pada tanggal 12 Desember tahun yang sama, dilancarkanlah serangan serentak terhadap semua kedudukan Inggris. Pertempuran yang berkobar selama lima hari itu akhirnya memaksa pasukan Inggris mengundurkan diri ke Semarang.

Pada saat pasukan Belanda kembali melakukan agresinya atau yang lebih dikenal dengan Agresi Militer II Belanda, Ibukota Negara RI berada di Yogyakarta sebab Kota Jakarta sebelumnya sudah dikuasai. Jenderal Sudirman yang saat itu berada di Yogyakarta sedang sakit. Keadaannya sangat lemah akibat paru-parunya yang hanya tingggal satu yang berfungsi.

Dalam Agresi Militer II Belanda itu, Yogyakarta pun kemudian berhasil dikuasai Belanda. Bung Karno dan Bung Hatta serta beberapa anggota kabinet juga sudah ditawan. Melihat keadaan itu, walaupun Presiden Soekarno sebelumnya telah menganjurkannya untuk tetap tinggal dalam kota untuk melakukan perawatan. Namun anjuran itu tidak bisa dipenuhinya karena dorongan hatinya untuk melakukan perlawanan pada Belanda serta mengingat akan tanggungjawabnya sebagai pemimpin tentara.

Maka dengan ditandu, ia berangkat memimpin pasukan untuk melakukan perang gerilya. Kurang lebih selama tujuh bulan ia berpindah-pindah dari hutan yang satu ke hutan yang lain, dari gunung ke gunung dalam keadaan sakit dan lemah sekali sementara obat juga hampir-hampir tidak ada. Tapi kepada pasukannya ia selalu memberi semangat dan petunjuk seakan dia sendiri tidak merasakan penyakitnya. Namun akhirnya ia harus pulang dari medan gerilya, ia tidak bisa lagi memimpin Angkatan Perang secara langsung, tapi pemikirannya selalu dibutuhkan.

Sudirman yang pada masa pendudukan Jepang menjadi anggota Badan Pengurus Makanan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Keresidenan Banyumas, ini pernah mendirikan koperasi untuk menolong rakyat dari bahaya kelaparan. Jenderal yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi, ini akhirnya harus meninggal pada usia yang masih relatif muda, 34 tahun.

Pada tangal 29 Januari 1950, Panglima Besar ini meninggal dunia di Magelang dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Ia dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan.

Sumber :
- TokohIndonesia.com
- id.wikipedia.org


Info penting dalam artikel :
- Sebelum menjadi jenderal, Sudirman adalah seorang guru.
- Jenderal Sudirman menjadi Jenderal pada usia 31 tahun dan meninggal pada usia 34 tahun demi mempertahankan Indonesia, tanpa memikirkan kesehatannya sendiri.
- Sudirman meninggal bukan karena Belanda, tapi karena penyakit paru-parunya yang parah.
- Sudirman meninggal di Magelang pada 29 Januari 1950.
 

666

IndoForum Junior B
100 Tokoh paling berpengaruh dalam sejarah​

1. Muhammad --- pendiri Islam, penguasa Arabia
2. Isaac Newton --- fisikawan, pencetus teori gravitasi umum, hukum gerak
3. Yesus --- pembawa agama Kristen
4. Siddhartha Gautama (Buddha) --- pendiri agama Buddha
5. Kong Hu Cu --- pendiri agama Kong Hu Cu
6. Santo Paulus --- penyebar agama Kristen
7. Ts'ai Lun --- penemu kertas
8. Johann Gutenberg --- mengembangkan mesin cetak, mencetak Alkitab
9. Christopher Columbus --- penjelajah, memimpin orang-orang Eropa ke Amerika
10. Albert Einstein --- fisikawan, penemu Teori Relativitas
11. Louis Pasteur --- ilmuwan, penemu pasteurisasi
12. Galileo Galilei --- astronom, secara akurat mengemukakan Teori Heliosentris
13. Aristoteles --- filsuf Yunani yang berpengaruh
14. Euklides --- matematikawan, membuktikan tentang geometri
15. Nabi Musa --- nabi terbesar Yahudi
16. Charles Robert Darwin --- biolog, mendeskripsikan Teori Evolusi
17. Kaisar Qin Shi Huang --- Kaisar Tiongkok
18. Augustus Caesar (Kaisar Agustus) --- kaisar pertama Romawi
19. Nicolaus Copernicus --- astronom, salah satu tokoh Teori Heliosentris
20. Antoine Laurent Lavoisier --- bapak kimia modern, filsuf, ekonom
21. Konstantin yang Agung --- Kaisar Romawi yang menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi negara
22. James Watt --- mengembangkan mesin uap
23. Michael Faraday --- fisikawan, kimiawan, menemukan induksi elektromagnetik
24. James Clerk Maxwell --- fisikawan, penemu spektrum elektromagnetik
25. Martin Luther --- pendiri agama Protestan dan aliran Lutheran
26. George Washington --- presiden pertama Amerika Serikat
27. Karl Heinrich Marx --- bapak komunisme
28. Orville Wright dan Wilbur Wright --- penemu pesawat terbang
29. Jengis Khan --- penakluk dari bangsa Mongol
30. Adam Smith --- ekonom, pelopor kapitalisme
31. Edward de Vere, 17th Earl of Oxford --- kemungkinan menulis karya yang berkaitan dengan William Shakespeare
32. John Dalton --- kimiawan, fisikawan, penemu teori atom, hukum tekanan parsial (Hukum Dalton)
33. Alexander yang Agung / Iskandar Zulkarnain --- penakluk dari Makedonia
34. Kaisar Napoleon Bonaparte --- penakluk dari bangsa Perancis
35. Thomas Alva Edison --- penemu bola lampu dan fonograf, dll.
36. Antony van Leeuwenhoek --- ahli mikroskop, mempelajari kehidupan mikroskopis
37. William Thomas Green Morton --- pelopor anestesiologi
38. Guglielmo Marconi --- penemu radio
39. Adolf Hitler --- penakluk, memimpin Blok Poros dalam Perang Dunia II
40. Plato --- filsuf Yunani
41. Oliver Cromwell --- politikus Inggris dan pemimpin militer
42. Alexander Graham Bell --- salah seorang penemu telepon
43. Alexander Fleming --- penemu penisilin, memajukan bakteriologi, imunologi dan kemoterapi
44. John Locke --- filsuf dan teolog liberal
45. Ludwig van Beethoven --- komponis musik klasik
46. Werner Karl Heisenberg --- pencetus Prinsip Ketidakpastian
47. Louis-Jacques-Mandé Daguerre --- penemu/pelopor fotografi
48. Simon Bolivar --- pahlawan nasional dari Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia
49. René Descartes --- filsuf rasionalis dan matematikawan
50. Michelangelo Buonarroti --- pelukis, pematung, arsitek
51. Paus Urbanus II --- penyeru Perang Salib
52. Umar bin al-Khattab --- Khalifah Ar-Rasyidin kedua, memperluas Daulah Khilafah Islamiyah
53. Asoka --- raja India yang masuk dan mengembangkan agama Buddha
54. Santo Augustinus --- teolog Kristen awal
55. William Harvey --- penemu sirkulasi darah
56. Ernest Rutherford, 1st Baron Rutherford of Nelson --- fisikawan
57. Yohanes Calvin --- tokoh Reformasi Gereja, pendiri Calvinisme
58. Gregor Johann Mendel --- penemu teori genetika
59. Max Karl Ernst Ludwig Planck --- fisikawan, mengemukakan termodinamika
60. Joseph Lister, 1st Baron Lister --- pelaku penemuan antiseptik yang secara besar mengurangi kematian akibat pembedahan
61. Nikolaus August Otto --- penemu mesin pembakaran 4 tak
62. Francisco Pizarro --- penakluk bangsa Spanyol yang menaklukkan Kerajaan Inka di Amerika Selatan
63. Hernando Cortes --- penakluk bangsa Spanyol yang menaklukkan Meksiko
64. Thomas Jefferson --- presiden ketiga AS
65. Ratu Isabella I --- penguasa Spanyol, penyokong Cristopher Colombus
66. Joseph Stalin --- tokoh revolusioner dan penguasa Uni Soviet
67. Julius Caesar --- penguasa Roma
68. Raja William I sang Penakluk --- meletakkan pembangunan Inggris modern
69. Sigmund Freud --- pendiri sekolah Freud untuk psikologi, ahli psikoanalisis
70. Edward Jenner --- penemu vaksin cacar
71. Wilhelm Conrad Roentgen --- penemu sinar X
72. Johann Sebastian Bach --- komponis
73. Lao Tzu --- pendiri Taoisme
74. Voltaire --- penulis dan filsuf
75. Johannes Kepler --- astronom penemu Hukum Kepler tentang pergerakan planet
76. Enrico Fermi --- salah satu tokoh abad atom, bapak bom atom
77. Leonhard Euler --- fisikawan, matematikawan penemu kalkulus diferensial dan integral serta al-Jabar
78. Jean-Jacques Rousseau --- filsuf dan pengarang Prancis
79. Niccolò Machiavelli --- penulis Sang Pangeran (risalat politik yang berpengaruh)
80. Thomas Robert Malthus --- ekonom penulis Esai Prinsip Populasi dalam Pengaruhnya pada Kemajuan Masa Depan pada Masyarakat
81. John Fitzgerald Kennedy --- presiden AS yang mendirikan "Program Luar Angkasa Apollo"
82. Gregory Goodwin Pincus --- endokrinolog, menemukan pil KB
83. Mani --- Nabi Iran abad ke-3, pendiri Manicheanisme
84. Lenin --- tokoh revolusioner dan pemimpin Rusia
85. Kaisar Sui Wen --- menyatukan Tiongkok, pendiri dinasti Sui
86. Vasco da Gama --- navigator, penemu rute pelayaran Eropa ke India
87. Raja Cyrus (Koresy) yang Agung --- pendiri kekaisaran Persia
88. Tsar Peter yang Agung --- mendekatkan Rusia kepada Eropa
89. Mao Zedong --- bapak Maoisme, komunisme Tiongkok
90. Sir Francis Bacon --- filsuf, menggambarkan secara induktif metode ilmiah
91. Henry Ford --- pembuat mobil model T
92. Meng Tse --- filsuf, pendiri sekolah Konfusianisme
93. Zarathustra --- pendiri Zoroastrianisme
94. Ratu Elizabeth I --- ratu Inggris, memperbaiki Gereja Inggris setelah Ratu Mary
95. Mikhail Sergeyevich Gorbachev --- Perdana Menteri Rusia yang mengakhiri Komunisme di Uni Soviet dan Eropa Timur
96. Raja Menes --- menyatukan Mesir Atas dan Mesir Bawah
97. Kaisar Charlemagne --- Kaisar Romawi Suci
98. Homer --- penyair epik
99. Kaisar Justinianus I --- kaisar Romawi, menaklukkan kembali kekaisaran Mediterania
100. Mahavira --- pendiri Jainisme


10 Tokoh terhormat sepanjang sejarah​

1. St. Thomas Aquinas : filsuf Kristen awal yang berpengaruh
2. Archimedes : matematikawan dan insinyur besar Yunani kuno
3. Charles Babbage : matematikawan dan penemu pelopor komputer
4. Kaisar Khufu (Cheops) : pembangun Piramida Besar
5. Marie Curie fisikawan : penemu radioaktif
6. Benjamin Franklin : politikus Amerika dan penemu
7. Mohandas Karamchand Gandhi : pemimpin India dan pembaharu Hindu
8. Abraham Lincoln : presiden 16 AS, memimpin selama Perang Sipil AS
9. Ferdinand Magellan : navigator, memberi nama Samudra Pasifik, pertama kali mengelilingi dunia
10. Leonardo da Vinci : seniman, penemu


Sumber :
- The 100, Michael H. Hart


NB : Coba di cek, manatau ada nama kalian :D
 

silverius

IndoForum Beginner E
om itu dapat dari buku tah??gw punya buku nya tuh 100 tokoh berpengaruh...
harus nya hitler yang nomor 1..
 

666

IndoForum Junior B
The Three Kingdoms ( Wei, Wu, Shu ) 220-280 M




Zaman Tiga Negara atau juga dikenal dengan nama Samkok (Tionghoa Sederhana: 三国時代; Tionghoa Tradisional: 三國時代, hanyu pinyin: sanguo shidai, bahasa Inggris: Three Kingdoms Era) (220 - 280) adalah sebuah zaman di penghujung Dinasti Han di mana Tiongkok terpecah menjadi tiga negara yang saling bermusuhan.

Di dalam sejarah Tiongkok biasanya hanya boleh ada kaisar tunggal yang dianggap menjalankan mandat langit untuk berkuasa, namun di zaman ini karena tidak ada satupun negara yang dapat menaklukkan negara lainnya untuk mempersatukan Tiongkok, maka muncullah tiga negara dengan kaisar masing-masing. Tiongkok akhirnya dipersatukan oleh keluarga Sima yang merebut kekuasaan dari negara Wei dan menaklukkan Wu serta mendirikan Dinasti Jin.

Kronologi sejarah :

Dinasti Han mengalami kemerosotan sejak tahun 100 karena kaisar-kaisar penguasa yang tidak cakap memerintah dan pembusukan di dalam birokrasi pemerintahan. Beberapa pemberontakan petani pecah sebagai bentuk ketidakpuasan rakyat terhadap kekaisaran. Ketidakmampuan kaisar ini lebih parah dipergunakan oleh para kasim untuk mengkonsolidasikan kekuasaan di tangan mereka. Penghujung Dinasti Han memang adalah sebuah masa yang didominasi oleh pemerintahan kasim.

Sejak Kaisar Hedi, kaisar-kaisar selanjutnya naik tahta pada masa kanak-kanak. Ini menyebabkan tidak ada pemerintahan yang stabil dan kuat karena pemerintahan dijalankan oleh kasim-kasim dan keluarga kaisar lainnya yang kemudian melakukan kudeta untuk menyingkirkan kaisar yang tengah beranjak dewasa guna melanggengkan kekuasaan mereka. Ini menyebabkan lingkaran setan yang kemudian makin memurukkan situasi Dinasti Han.

Pada tahun 189, sesaat setelah Kaisar Lingdi mangkat, para menteri kemudian merencanakan untuk membunuh Jenderal He Jin, paman dari anak Kaisar Lingdi, Liu Bian. Ini dimaksudkan untuk mencegah He Jin mendudukkan Liu Bian sebagai kaisar pewaris tahta. Rencana ini diketahui oleh He Jin yang kemudian segera melantik Liu Bian sebagai pewaris tahta dengan gelar Shaodi pada April 189. Selain itu, He Jin juga memerintahkan Dong Zhuo untuk kembali ke ibukota Luoyang untuk menghabisi para menteri serta kasim yang ingin merebut kekuasaan itu. Sebelum Dong Zhuo sampai, He Jin sudah dibunuh dahulu oleh para menteri di dalam istana.

Yuan Shao kemudian mengambil inisiatif menyerang istana dan memerintahkan pembunuhan sebagian menteri dan kasim yang dituduh berkomplot merebut kekuasaan kekaisaran. Namun, menteri lainnya menyandera Kaisar Shaodi dan adiknya Liu Xie ke luar istana. Dong Zhuo mengambil kesempatan ini untuk memusnahkan kompolotan menteri tadi dan menyelamatkan kaisar. Dengan kaisar di bawah pengaturannya, Dong Zhuo kemudian memulai kelalimannya.

Dong Zhuo mulai menyiapkan strateginya untuk mengkontrol kekuasaan kekaisaran di Tiongkok dengan membatasi wewenang kekuasaan Kaisar Shaodi. Ia lalu menghasut Lu Bu untuk membunuh ayah angkatnya, Ding Yuan dan merebut seluruh kekuatan militernya untuk memperkuat diri sendiri. Yuan Shao juga diusir olehnya dari Luoyang. Ia membatasi wewenang para menteri dan memusatkan kekuasaan di tangannya, setelah itu, Kaisar Shaodi diturunkan dari tahta untuk kemudian digantikan oleh adiknya Liu Xie yang menjadi kaisar dengan gelar Xiandi pada September 189. Sejarahwan beranggapan bahwa momentum ini adalah awal Zaman Tiga Negara.

Yuan Shao kemudian menghimbau para jenderal penguasa daerah untuk melawan kelaliman Dong Zhuo. Usahanya membawa hasil 11 batalyon militer beraliansi untuk melakukan agresi ke Luoyang guna menumbangkan rezim Dong Zhuo. Yuan Shao memimpin aliansi yang kemudian dinamakan sebagai Tentara Pintu Timur. Dong Zhuo merasa takut dan membunuh bekas kaisar Shaodi, membumi-hanguskan dan merampok penduduk Luoyang, menyandera Kaisar Xiandi dan memindahkan ibukota ke Chang'an.

Dalam pelariannya, Dong Zhuo diserang oleh Cao Cao dan Sun Jian yang tergabung dalam Tentara Pintu Timur, namun sayang karena ada kecemburuan di dalam aliansi menyebabkan tidak ada bantuan dari jenderal lainnya yang tidak ingin melihat keberhasilan mereka berdua. Aliansi ini kemudian bubar dan Dong Zhuo meneruskan kelalimannya di Chang'an.

Akhirnya, pada tahun 192, menteri istana bernama Wang Yun bersama Lu Bu menghabisi nyawa Dong Zhuo di Chang'an. Ini mengakibatkan bawahan Dong Zhuo, Li Jue menyerang istana dan membunuh Wang Yun serta mengusir Lu Bu. Li Jue melanjutkan kelaliman pemerintahan Dong Zhuo.

Setelah Dong Zhuo berhasil dijatuhkan, Dinasti Han makin melemah karena kehilangan kewibawaan kekaisaran. Melemahnya kekuasaan istana menyebabkan para gubernur dan penguasa daerah memperkuat diri sendiri dan menjadi raja kecil di wilayah mereka. Ini menyebabkan munculnya rivalitas antar raja-raja perang satu wilayah dengan wilayah lainnya. Raja perang yang terkenal dan kuat pada masa ini adalah :


Yuan Shao, menguasai Prefektur Ji di utara Sungai Kuning​



Cao Cao, menguasai Chenliu dan kemudian Xuchang


Yuan Shu, menguasai daerah Huainan dan mengangkat diri sebagai kaisar karena mempunyai stempel kekaisaran di tangannya​


Sun Jian, menguasai Changsha​


Dong Zhuo, gubernur Prefektur Liang, namun kemudian merebut ibukota Luoyang dan memindahkannya ke Chang'an, Prefektur Sili​



Liu Bei ( Liu Biao ), menguasai Prefektur Jing



Ma Teng ( Ma Chao ), menguasai Prefektur Liang


Di antara mereka, kekuatan Cao Cao dan Yuan Shao berkembang paling pesat dan menyebabkan peperangan di antara mereka tidak dapat dihindari. Cao Cao pada tahun 197 menaklukkan Yuan Shu, lalu Lu Bu pada tahun 198 serta Liu Bei setahun selanjutnya. Tahun 200, Yuan Shao memulai ekspansi wilayah ke selatan, namun berhasil dipukul mundur oleh Cao Cao. Yuan Shao kemudian memutuskan untuk memimpin sendiri kampanye militer ke selatan dan berpangkalan di Yangwu. Cao Cao juga mundur ke Guandu untuk melakukan kampanye defensif. Di sini, kekuatan di antara mereka berimbang selama setengah tahun sampai akhirnya Cao Cao melakukan serangan mendadak dan memusnahkan seluruh persediaan logistik Yuan Shao. Yuan Shao kemudian mundur karena moral prajurit yang rendah setelah kekalahan yang menentukan itu. Ini adalah peperangan Guandu yang terkenal itu.

Setelah kekalahannya di Guandu, Yuan Shao beberapa kali mencoba melakukan serangan kepada Cao Cao namun gagal. Tahun 202, Yuan Shao meninggal, menyebabkan perebutan kekuasaan antara putranya, Yuan Tan dan Yuan Shang. Cao Cao mengambil kesempatan ini untuk menaklukkan Yuan Shang dan membunuh Yuan Tan. Yuan Shang kemudian mencari perlindungan kepada suku Wuhuan di utara yang mendukung Yuan Shao. Atas nasehat Guo Jia, Cao Cao menyerang Wuhuan dan membunuh pemimpinnya. Yuan Shang dalam pelariannya mencari perlindungan kemudian dibunuh oleh Gongsun Kang yang takut diserang Cao Cao bila memberikan suaka kepada Yuan Shang.

Tahun 207, Cao Cao secara resmi mempersatukan wilayah utara Tiongkok dan merencanakan ekspansi ke wilayah selatan.

Tahun 208, Cao Cao melakukan kampanye militer ke selatan tepatnya ke Prefektur Jingzhou yang saat itu dikuasai oleh Liu Biao. Liu Biao meninggal sebelum Cao Cao tiba. Liu Zong, anak Liu Biao yang menggantikan ayahnya menyerah kepada Cao Cao. Liu Bei yang saat itu berlindung kepada Liu Biao melarikan diri ke Jiangling, namun berhasil dipukul mundur lebih lanjut ke Xiakou.

Sun Quan mengutus penasehatnya Lu Su mengunjungi Liu Bei menanyakan keadaannya. Zhuge Liang kemudian mewakili Liu Bei mengajukan penawaran aliansi kepada Sun Quan. Aliansi Sun-Liu terbentuk untuk menahan serangan Cao Cao. Zhou Yu dan Cheng Pu memimpin tentara Sun dan berhasil memukul mundur tentara Cao Cao dengan strategi api. Peperangan berlokasi di daerah Chibi dan terkenal sebagai pertempuran Chibi.

Cao Cao yang kalah perang kemudian mengalihkan perhatian ke wilayah barat. Cao Cao menyerang Hanzhong yang dikuasai Zhang Lu. Penguasa di Xiliang kemudian melakukan perlawanan pada tahun 211 karena takut menjadi target Cao Cao selanjutnya. Ma Chao yang memimpin perlawanan ini dikalahkan Cao Cao dan mengasingkan diri. Setelah tahun 215, Cao Cao telah berhasil menguasai seluruh wilayah utara dan barat Tiongkok.

Kemenangan aliansi Sun-Liu membuahkan perpecahan di antara mereka. Mereka mulai memperebutkan Jingzhou yang ditinggalkan Cao Cao. Perebutan ini dimenangkan oleh Sun Quan, yang melakukan serangan militer ke selatan Jingzhou di bawah pimpinan Zhou Yu. Zhou Yu berencana melanjutkan ekspansi militer ke Prefektur Yizhou yang dikuasai Liu Zhang, namun ia meninggal dalam perjalanan. Lu Su yang menggantikannya menghentikan rencana ini dan meminjamkan Jingzhou kepada Liu Bei untuk pangkalan militer sementara untuk menahan kemungkinan serangan Cao Cao.

Saat ini, Liu Zhang mengundang Liu Bei untuk membantu Yizhou melawan kemungkinan ekspansi Cao Cao bila berhasil menduduki Hanzhong. Liu Bei berangkat menuju Yizhou meninggalkan Guan Yu menjaga Jingzhou. Perseteruan Liu Bei dan Liu Zhang pecah pada tahun 212, Liu Bei lalu menduduki Chengdu dan memaksa Liu Zhang menyerahkan kekuasaan Yizhou kepadanya.

Tahun 216, Cao Cao mengangkat diri sebagai Raja Wei. Setahun kemudian, Liu Bei menyerang Hanzhong yang saat itu dikuasai Cao Cao. Pengkhianatan dari dalam dan kampanye militer Sun Quan di wilayah tengah menyebabkan Cao Cao terpaksa harus mundur dari Hanzhong. Liu Bei juga mengangkat diri menjadi Raja Hanzhong pada tahun 219.

Tahun yang sama, Guan Yu memimpin pasukan menyerang Cao Cao, namun Lu Meng melakukan serangan dari belakang secara mendadak ke Jingzhou. Guan Yu berhasil ditangkap dan dibunuh oleh Lu Meng. Tahun 220, Cao Cao meninggal dunia dan digantikan oleh putranya Cao Pi. Cao Pi memaksa Kaisar Xiandi menyerahkan tahta kekaisaran lalu mendirikan Negara Wei dan bertahta dengan gelar Wendi. Setahun kemudian, Liu Bei yang mendukung kelanjutan Dinasti Han mengangkat diri sebagai kaisar dengan gelar Zhaoliedi.

Sun Quan menyatakan tunduk kepada Wei dan diangkat sebagai Raja Wu oleh Cao Pi. Tahun 221 juga, Liu Bei menyerang Sun Quan dengan tujuan membalaskan dendam Guan Yu, namun berhasil dipukul mundur oleh Lu Xun dan meninggal pada tahun 223. Liu Chan kemudian menggantikan sang ayah menjadi kaisar dengan gelar Xiaohuaidi. Sepeninggal Liu Bei, Sun Quan kembali bersekutu dengan Liu Chan untuk menahan pengaruh Cao Cao. Tiga negara resmi berdiri dan tidak akan ada satupun negara dapat menaklukkan negara lainnya selama kurun waktu 40 tahun.

Sepeninggal Liu Bei, negara Shu Han melakukan ekspansi wilayah ke timur laut Shu. Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan diserang dari belakang saat pelaksanaan gerakan ofensif terhadap Wei di utara. Setelah wilayah di belakang berhasil ditenangkan, Shu Han melakukan 5 kali penyerangan ke utara di bawah pimpinan Zhuge Liang dalam kurun tahun 227 sampau 234, namun kesemuanya gagal.

Zhuge Liang meninggal tahun 234 lalu digantikan oleh Jiang Wei yang meneruskan ekspedisi ke utara, namun tidak menghasilkan kemenangan yang mutlak. Liu Chan yang tidak cakap memimpin mempercayakan jalannya pemerintahan kepada menteri kesayangannya Huang Hao. Jiang Wei yang mengajukan mosi tidak percaya kepadanya, malah dituduh berkhianat kepada negara. Ini menyebabkan Wei kemudian berhasil mematahkan pertahanan Hanzhong dan menyerang sampai ke Chengdu, ibukota Shu Han. Liu Chan menyerahkan diri kepada Wei dan negara Shu Han resmi runtuh pada tahun 263.

Tahun 265, menteri negara Wei, Sima Yan merebut kekuasaan dari keluarga Cao dan mendirikan negara Jin, beribukota di Luoyang. Ia bertahta dengan gelar Kaisar Wudi. Jin kemudian merencanakan penaklukan negara Wu yang saat itu sedang kacau sepeninggal Sun Quan pada tahun 251. Tahun 279, penyerangan Wu dilancarkan dan Jin berhasil menaklukkan Wu tanpa perlawanan berarti karena moral prajurit yang rendah. Sebab utama kekalahan Wu adalah pemerintahan lalim dari kaisar Sun Hao.

Tahun 280, Tiongkok dengan resmi dipersatukan di bawah Dinasti Jin yang kerap disebut sebagai Jin Barat oleh sejarahwan. Dinasti ini akan berkuasa sampai tahun 420 sebelum Tiongkok kembali terpecah-pecah karena lemahnya kekaisaran dan serangan suku-suku barbar dari utara.

----

Notes :
Zaman TIGA KERAJAAN ini dikisahkan dengan sangat sempurna dalam ROMAN TIGA KERAJAAN. Lebih dari 600 tokoh memiliki karakter dan peran masing-masing .... sehingga banyak orang berkata : "Kenapa begitu banyak bakat harus hidup di masa yang bersamaan" Thinking.gif

Ada 2 versi sejarah tentang tiga kerajaan ..... CATATAN TIGA KERAJAAN yang lebih menonjolkan peran CAO-CAO sebagai seorang jenius politik dan militer yang berhasil membangun kerajaan WEI yang agung serta ROMAN TIGA KERAJAAN yang lebih menonjolkan garis keturunan HAN pada LIU BEI dan berpihak pada SHU.

Dalam ROMAN TIGA KERAJAAN .... Kerajaan SHU dianggap penerus Kerajaan HAN yang sah karena LIU BEI adalah paman dari Kaisar Han terakhir.

Maka dalam Roman Tiga Kerajaan tokoh kuncinya adalah : Liu Bei (Kaisar Shu), Kelima Jendral Harimau Shu : Guan Yu (adik angkat Liu Bei), Zhang Fei (adik angkat Liu Bei), Zhao Yun (naga dari utara, jago tombak), Huang Zhong (jago panah) dan Ma Chao (anak gubernur Ma di utara), serta Perdana Menteri dan Penasehat Utama Shu yaitu Zhuge Liang (si Naga Tidur).

Tiga Kerajaan menjadi catatan yang menarik karena begitu banyak taktik, strategi dan hukum militer yang ditemukan, dicoba dan dipraktekkan oleh para jendral dalam masa peperangan sengit di Cina. Kisah Tiga Kerajaan menjadi sepadan dengan catatan Sun Tzu tentang strategi militer.

Sumber :
- SirBilungakoe@BlueFame
Diedit ulang oleh :
- 666@IndoForum
 

Grefal

IndoForum Newbie C
Bro Yukimura sanada exist gak sih??
trus Hideyoshi Toyotomi, ma Iyeasu Tougawa :D Nobunaga Oda:D
 

silverius

IndoForum Beginner E
@ atas
kayak nya itu tokoh komiq dah...
sanada2 itu...
tapi yang di bwah..
kaya nobunaga

itu ada coy...
toyotomi leyasu...
ada ...

shinsegumi ajah ada...
cuma batosai..gua gak tau,..
wakakak


kk 666,,mungkin kali yah...
setiap tahun berubah...

eh minta foto Guan yu dong...
si wajah merah..
koq bisa yah?wajah nya merah...
thx ...

gua panggil kk setan boleh ga??

peace...
 

Anthony89

IndoForum Senior C
@666

wah jadi ini yah insipirasi dari Dynasti Warriors

gw pengen liat jelas Guan Yu yang mana /heh...

thx ya :)
 

Nick

IndoForum Beginner A
cool!!! /gg

lebih detail lagi dunk 3 kingdomsnya~

oia gambarnya dapet darimana s? Req gambar guan yu dunk>.<
 

666

IndoForum Junior B
The Five Tiger Generals ( 5 Jendral Harimau )



Guan Yu


Zhang Fei​


Zhao Yun​



Huan Zhong



Ma Chao


dan juga Perdana Menteri dan Penasehat Utama Shu yaitu Zhuge Liang (si Naga Tidur) :



Zhuge Liang



Sumber :
- Google
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top