Politik Seberapa Buruk Ekonomi Indonesia Saat Ini?

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 15 Sep 2018 at 09:49.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    72
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Kecemasan mulai terasa akibat rupiah yang melemah. Namun, seberapa buruk ekonomi Indonesia saat ini? Walau perbandingan situasi saat ini dengan Krisis Keuangan Asia 1998 mungkin terlalu dini atau terlalu mengkhawatirkan, namun terdapat alasan untuk khawatir. Utang publik meningkat tajam, naik 40 persen menjadi $295 miliar dari $210 miliar ketika Jokowi menjabat empat tahun lalu. Penguatan dolar, kenaikan suku bunga AS, dan depresiasi rupiah, tidak akan membantu angka-angka tersebut.

    Oleh: Luke Hunt (The Diplomat)

    Selama beberapa minggu terakhir, kekhawatiran telah muncul akibat melemahnya mata uang Indonesia, rupiah, di mana nilainya mendekati titik terendah sejak Krisis Keuangan Asia 1998. Memang, Indonesia bahkan telah disebutkan dalam lingkup yang sama dengan pasar negara berkembang lainnya seperti Argentina dan Turki, di mana utang yang tinggi dan kurangnya kepercayaan di kalangan investor internasional mengancam sebuah kegagalan ekonomi.

    Mengingat statusnya sebagai negara ekonomi terbesar di ASEAN, dan rekor sebelumnya dalam berkontribusi terhadap jenis pengaruh yang membuat kawasan ini bertekuk lutut dua dekade yang lalu, Indonesia selalu menjadi kekhawatiran utama dalam hal ini. Tapi para analis, pejabat pemerintah, dan Bank Indonesia (BI) belum mengumumkan kewaspadaan.

    Semuanya berusaha keras untuk menekankan bahwa ekonomi Indonesia dalam kondisi yang jauh lebih baik daripada saat Krisis Keuangan Asia, yang memicu gangguan ekonomi yang meluas di Asia Tenggara, dan menyebabkan kerusuhan politik dan bahkan sosial yang lebih luas di Indonesia, termasuk kerusuhan anti-China.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG