• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Dapat Gagal Tapi Good Mood Dapat Sukses?

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.573
Nilai reaksi
23
Poin
0
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?


Apakah agan masih ingat dengan Aqua Splash of Fruit? Produk minuman rasa buah yg sempat diproduksi oleh Aqua sekitar tahun 2005. Minuman ini tidak terlalu lama bertahan di pasaran karena tidak laku. Beberapa lama setelahnya Aqua meluncurkan Mizone & sukses di pasaran. Kemudian sekitar pertengahan 2010an, Suntory Indonesia meluncurkan produk bernama Good Mood yg mengingatkan kita dengan Aqua Splash of Fruit yaitu minuman bening tetapi ada rasa buahnya, bedanya Good Mood berhasil di pasaran?

Pertanyaannya, kenapa Aqua Splash of Fruit dapat gagal di pasaran, padahal ada nama akbar Aqua di belakangnya? Yang kita tahu Aqua adalah produsen AMDK terbesar di Indonesia & jadi merek generik air minum.

Konsumen Terlanjur Tahu Image Aqua
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?

Yang perdana adalah karena konsumen sudah terlanjur tahu kalau Aqua adalah merek AMDK yg isinya adalah air biasa yg rasanya tawar. Splash of Fruit kemasannya tidak terlalu jauh berbeda dengan Aqua biasa ditambah dengan warna airnya yg juga sama. Menjadikan konsumen bingung & merasa kalau ini sama saja dengan Aqua yg biasa, bahkan akan malas membeli karena harganya lebih mahal & ukurannya lebih kecil.

Nilai Tambah yg Sedikit
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?

Minuman soda seperti Fanta & Coca Cola cuma punya fungsi sebagai minuman yg menyegarkan & tak punya manfaat apapun selain itu tetapi dapat laku karena ya sedari awal sudah begitu. Berbeda dengan Aqua Splash of Fruit, selain karena orang-orang sudah mengenal Aqua sebagai air minum biasa. Juga karen Splash of Fruit cuma memiliki nilai tambah yg sedikit yaitu rasa buahnya saja, tidak ada yg lain. Berbeda dengan minuman yg lain yg saat itu sudah ada, sebut saja Pocari Sweat yg berfungsi sebagai minuman isotonic yg bermanfaat setelah orang kehilangan cairan tubuh seperti berolahraga.

Promosi yg Gagal
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?


Aqua Splash of Fruit sempat diiklankan di tv kala itu, tetapi iklannya gagal menyampaikan kalau ini adalah produk Aqua yg berbeda dengan Aqua biasa. Ditambah dengan harusnya produk ini diminum saat kondisinya dharap alias harus dimasukan ke dalam lemari es dulu.

Kenapa Mizone & Good Mood Bisa Sukses?
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?

Belajar dari kegagalan Splash of Fruit, Aqua kemudian memperbaiki semuanya pada produknya yg bernama Mizone. Mereka tidak mengekspos nama Aqua pada produk ini, menciptakan warna kemasan yg berbeda (biru), & memberikan fungsi yg juga berbeda yaitu minuman isotonik & bukan cuma untuk sekedar menghilangkan dahaga saja. Konsumen benar-benar tahu kalau Mizone adalah produk yg berbeda dengan Aqua & punya nilai tambah.

Sedangkan Good Mood yg lebih mirip dengan Splash of Fruit adalah produk dari Suntory Garuda dapat berhasil karena produknya yg original & tak terikat brand lainnya. Ditambah dengan tren minuman dalam kemasan yg sudah bervariasi & konsumen sudah "melek" kepada aneka tipe minuman dalam kemasan alias tidak kurang wawasan lagi seperti di tahun 2005.

Jadi intinya adalah Splash of Fruit gagal karena branding yg salah, kebingungan tujuan diciptakan produk ini, & juga diluncurkan di waktu yg tidak tepat.

Nah, kalah menurut agan bagaimana gan?
emoticon-Ngakak (S)


Referensi

Hari ini 08:00
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.