Politik Risiko Terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Cawapres Jokowi, Terutama Bagi Kaum Minoritas

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 15 Sep 2018 at 15:58.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    72
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Artikel ini akan membicarakan mengenai apa yang jarang didiskusikan orang-orang: risiko terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi, terutama bagi kelompok-kelompok minoritas di Indonesia. Terpilihnya Ma’ruf berarti ada tempat untuk misogini, homofobia, dan diskriminasi agama di tingkat politik tertinggi di Indonesia. Memang benar bahwa ranah pembuatan kebijakan selalu disertai dengan kompromi. Tetapi pertanyaannya adalah: mengapa orang yang terpinggirkan harus membayar harganya?

    Oleh: Lailatul Fitriyah (The Conversation)

    Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah memilih Ketua Ulama Indonesia (MUI) dan pemimpin tertinggi organisasi Muslim terbesar di negara itu, Nahdlatul Ulama, Ma’ruf Amin, sebagai pasangannya untuk pemilihan tahun depan.

    Banyak analis berpendapat bahwa keputusan mengejutkan ini datang sebagai sebuah perpaduan dalam drama politik terbaru Indonesia. Artikel ini tidak akan menganalisis keputusan strategis Jokowi untuk memilih Ma’ruf. Sebaliknya, esai ini bertujuan untuk menyebutkan risikonya—dampak negatif pencalonan Ma’ruf bagi kelompok-kelompok minoritas.

    APA YANG KURANG
    Sebagian besar analis berfokus pada strategi politik Jokowi dalam memilih Ma’ruf sebagai calon wakil presiden. Mereka mendasarkan analisis mereka tentang bagaimana aktor politik membuat perhitungan pragmatis untuk menang dan mencegah serangan musuh-musuhnya.

    Dengan pendekatan ini, tidak mengherankan jika penunjukan Ma’ruf dipuji oleh para pendukung Jokowi sebagai kecerdasan politik, atau dilihat oleh lawannya sebagai kecerdikan strategis—atau bahkan tipu daya.

    Banyak yang menganggap Jokowi sebagai ahli strategi yang hebat. Keputusannya untuk memilih Ma’ruf akan melemahkan lawan-lawan Islamnya, dan mungkin memenangkan pemilihan pada bulan April.

    Yang kurang dari pujian ini adalah pengamatan tentang bagaimana keputusan presiden ini akan mempengaruhi anggota agama, seksual, dan gender minoritas.

    LEBIH MENGENAL MA’RUF

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG