Surabaya, PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) selaku produsen serta distributor sepeda motor Honda di Indonesia, meluncurkan sepeda motor generasi baru sebagai Pelopor dan Trend Setter dari sepeda motor perkotaan Honda di Indonesia dan di dunia. Acara peluncuran yang diadakan di Hotel Shangri-La Surabaya pada tanggal 6 April 2008 ini, dihadiri oleh Miki Yamamoto, President Director AHM; Siswanto Prawiroatmodjo, Executive Vice President Director AHM; dan Johannes Loman, Marketing Director AHM dan Tossin Himawan, Komisaris PT Astra International Tbk.
Honda CS1 berasal dari kata CITY, SPORT dan the 1st, merupakan sepeda motor model baru dengan desain atraktif tampil lebih berani dengan desain, fitur dan teknologi yang canggih untuk kalangan muda/berjiwa muda yang ingin tampil beda. Dilengkapi dengan mesin canggih, handal, dan bertenaga, yang tampil ekstrim Stylish, tegas, futuristik, comfort riding dengan karakter sporty, menjadikan Honda CS1 tampil beda dari yang lain.
Honda CS1 ramah lingkungan sesuai standar Euro 2 yang ditetapkan Pemerintah, menggunakan mesin tegak 4 tak 125 cc, SOHC, dilengkapi Liquid cooled Radiator (radiator berpendingin cairan), yang terbukti tangguh, bandel, bertenaga, dan responsif, membuat Honda CS1 sebagai pelopor sepeda motor yang cocok untuk perkotaan dan nyaman digunakan sehari-hari bagi kalangan muda yang bergaya, aktif, dan senang menjadi pusat perhatian.
Honda CS1 dirancang untuk kenyamanan maksimal tetapi lincah dikendarainya, baik untuk pemakaian sendiri maupun berdua, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang memperhatikan aspek keselamatan. Teknologi Honda yang berkualitas dan canggih pada setiap fitur–fitur Honda CS1, memberikan kenyamanan, keselamatan serta kepuasan berkendara, hal tersebut menjadikan sepeda motor ini kendaraan yang dapat diandalkan.
Honda CS1 dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, antara lain:
1. Tampil sebagai trend masa depan (Advanced Styling Design)
- Lampu Depan (Head Light): Desain lampu depan sporty, multi reflektor dan dilengkapi 2 (dua) bulb.
- Lampu Belakang (Tail Light); Desain sporty dan berkarakter tajam. Dilengkapi clear lens dan multi reflector.
- Visor (Aerodynamic Sport Visor); Tampil baru dengan gaya modern dan futuristik ala model moge (motor gede).
- Velg Racing (Casting Wheel); Dengan 5 jari yang dinamis tampil berkarakter sporty dan macho.
- Knalpot (Sporty Muffler); Desain baru bergaya racing, memperkuat karakter sporty pada model ini.
- Suspensi Belakang - Tunggal (Mono Suspension); Model monoshock bergaya racing ala trend sepeda motor sport, kompak dan stabil.
- Dual Rem Cakram (Double Disc Brake); Rem cakram depan & belakang dilengkapi dua piston di bagian rem depan dan piston tunggal pada rem belakang, tampil sporty dan mantap dalam pengereman.
- Pegangan Belakang (Rear Grip); Model terpisah bergaya moge, tampil kokoh, sporty dan fungsional.
- Jok (Double Seat); Tempat duduk dengan desain hip-up bergaya sporty dan mewah.
- Bagasi Serbaguna (Console Box); Pertama kalinya diterapkan pada sepeda motor, desain bagasi penyimpanan serbaguna yang terintegrasi pada desain body.
- Panel Meter (Fully Digitized Meter); Pelopor Panel Speedometer full digital di Indonesia, tampil dengan desain panel instrumen elektronik yang futuristik, lengkap dan mudah dibaca.
- Setang Kemudi (Steering Handle); Tampilan desain baru yang bergaya Sport touring dilengkapi panel maupun switch control yang informatif dan mudah dioperasikan
2. Mesin Canggih, bertenaga & Responsif (Hi Tech Powerfull & Responsive Engine)
- Mesin (Engine); Kapasitas Mesin 125 cc, SOHC, 4 tak, bertenaga serta responsif
- Radiator(Liquid cooled); Dilengkapi dengan Liquid cooled Radiator (berpendingin cairan) yang dilengkapi kipas pendingin.
- Kopling Tangan (Manual Clutch); Perpindahan transmisi menggunakan kopling manual.
- Mesin dengan 5 kecepatan (5 Speed Transmission); Mesin memiliki 5 gigi kecepatan, seperti pada tipe sport (1-N-2-3-4-5).
- Peredam Getaran Mesin (Primary Engine Balancer); Dilengkapi Primary Engine Balancer untuk menghilangkan getaran mesin yang mengganggu.
- CV (Constant Velocity) CARBURETOR ; Karburator menggunakan sistim vakum sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.
- ACV (Air Cut Valve) CARBURETOR ; Pengaturan supply udara masuk keruang bakar saat handle gas ditutup pada kecepatan tinggi untuk mencegah gejala nembak di knalpot.
3. Nyaman & Lincah dikendarai (Riding Comfort & Agile)
- Posisi Kenyamanan Berkendara (Comfortable Riding Position); Posisi berkendara yang ergonomis & nyaman berdasarkan interaksi antara “Posisi tangan – posisi duduk – posisi kaki” yang cocok untuk penggunaan ditengah padatnya lalulintas kota.
- Posisi Setang Kemudi (Steering Position); Posisi Setir agak menekuk ke dalam dengan desain yang futuristik & tampil beda dari yang lain
- Sudut Caster & Panjang Trial; Dengan sudut Caster 25° & panjang Trial 80 mm serta konfigurasi setir lebih menekuk ke dalam sehingga mempermudah dalam pengendalian dan memberi kenyamanan saat mengendara.
- Posisi Tempat Duduk (Seat Position); Tempat duduk model Hip-up (berjenjang) yang terbuat dari material berkualitas, memberi kenyamanan bagi pengendara maupun pembonceng.
- Rangka (Frame); Desain rangka body jenis Twin Tube, kokoh, stabil, sangat cocok dengan mesin dan disain sepeda motor berkarakter sporty.
- Lengan Ayun (Swing Arm); Lengan ayun tipe Square pipe, seperti pada model Sport.
Honda CS-1 akan tampil dalam 4 (empat) kombinasi warna, yaitu Cosmic Black, Lightning Silver, Burning Red, Hornet Gold. Sepeda motor baru yang akan sudah mulai dipasarkan sejak bulan April 2008 ini akan dijual dengan harga Rp 16,9 juta (Harga on the road di Jakarta).
Komitmen AHM melalui produk dan segala aktifitasnya, membawa misi yang tidak pernah berubah yaitu sebagai perusahaan yang selalu dapat memenuhi kebutuhan konsumen, masyarakat dan Indonesia.
Riding Test
Siang harinya setelah acara Press Conference para jurnalis diajak untuk mengikuti Riding Test di Sirkuit Kenjeran, Surabaya. Beberapa komentar yang masuk pada acara ini Secara umum, selain desain yang cukup atraktif dan berkarakter kekar, motor berbobot 114 kg ini bisa dibilang sangat mumpuni untuk diajak bermanuver di situasi perkotaan, lincah dan gesit.
Ray dari otogenik.com yang memiliki postur 165cm/58 kg motor menyatakan Honda CS 1 ini sangat nyaman karena antara setang dengan riding position tidak terlalu jauh "Dengan posisi stang agak menekuk, motor ini sangat lincah bermanuver, cocok untuk penggunaan di situasi perkotaan yang padat, apalagi didukung posisi duduk dan posisi kaki yang nyaman. Dengan tempat duduknya bermodel hip-up (berjenjang), baik pengendara maupun pembonceng akan merasa nyaman. Posisi pijakan kaki pembonceng diletakan tidak terlalu ke atas sehingga kaki tidak terlalu menekuk dan merunduk"
"Pada pemakaian gigi 4, kecepatan bisa dimaksimalkan hingga 100 km/jam (kurang lebih 250 meter). Karena trek kenjeran tidak bisa mengejar top speed, rasanya dengan pemakaian hingga gigi 5, bebek spesies baru ini bisa menembus 120 km/jam. Untuk setiap perpindahan transmisi pun terasa halus. Saat dikendarai, desain panel instrumen elektroniknya dan switch controlnya cukup informatif dan mudah dibaca" lanjut Ray.
Berikut adalah data spesifikasi teknis City Sport 1.
- Panjang X lebar X tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
- Jarak sumbu roda : 1.251 mm
- Jarak terendah ke tanah : 130 mm
- Berat kosong : 114 kg
- Tipe rangka : Twin Tube Frame
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
- Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
- Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
- Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
- Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
- Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
- Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
- Volume langkah : 124,7 cc
- Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
- Daya maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
- Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
- Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
- Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
- Gigi transmsi : 5 kecepatan
- Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
- Starter : Electrik Starter & Kick Starter
- Aki : MF, 12 V - 3,5 A.h
- Busi : ND U24ESR-N / NGK CR8E
- Sistem pengapian : DC - CDI