micro
IndoForum Junior E
- No. Urut
- 667
- Sejak
- 20 Apr 2006
- Pesan
- 1.648
- Nilai reaksi
- 84
- Poin
- 48
Ini cuma share pengalaman merawat,kesalahan dan trouble.
1. Electric window mobil macet/tersendat2, gak usah bingung, kalau ada penghitam ban (kit) semprotkan di
sepanjang karet jendela mobil dan naik turun kan kaca (sebaiknya lakuin sebelum kaca bener2 macet total). jangan pake oli, karena hanya akan membuat masalah baru dikemudian hari. Lama2 debu nempel..
2. Sebagian besar orang mematikan kunci tape langsung dari kunci kontak, tidak di turn off dari tombol.
Kesalahan lagi, sebab Tape sekarang sudah canggih, rentan terhadap pemutusan listrik tiba2, besok2 tapemu akan bermasalah serius. Jangan salahkan tape bila kadang lama menyalanya.
3. Kap (tutup mesin) mobil ditutup dengan cara menekan pada ujungnya. fatal akibatnya kemudian hari. pegawai bengkel sering melakukan hal salah ini. Jangan sungkan untuk menegur
Ditutup dengan cara menekan akan membuat penyok/penyot pada ujung2 kap mesin. Sama juga bila menutup bagasi mobil, Kijang kapsul sering mengalami ini pada tutup pintu belakangnya, perhatikan saja.
hanya karena sayang mobil, sampe cara nutupnya salah. Dibanting aja dengan jarak yang aman itu sudah benar kok.
cara nutup kap mesin yang benar, jarak 1 atau 2 jengkal sewaktu mau nutup, dan lepas kedua tangan dari kap (sertai dorongan dikit sebelumnya). Agak kasar tapi benar.
4. Bersandar/bergantung dipintu yg terbuka. Mempercepat engsel pintu turun,goyang.
5. Tekanan ban. Sesuaikan dengan tekanan angin normal, masing2 mobil berbeda tekanannya. Ada di dekat kursi sopir biasanya. Menganggap remeh hal kecil ini siap2 berurusan Bearing ma TIE ROD (mekanis steering) yang bisa jutaan harganya. (Pengalaman di Lancer, parah!! 1 pasang cuma kecil gitu 5 juta!)
6. AC dan CO2 . hati2 meninggalkan anak kecil dalam mobil ato berdiam diri lama dalam mobil. Campuran aC dan CO2 bisa menyebabkan mati lemas, sesak napas. cek selalu mobil kalau ada kebocoran CO2 ke kabin. Biasa tercium bau gas aneh.
7. Menghidupkan kendaraan kondisi AC On, kalo bisa off in dulu karena memperberat kerja dinamo AC, akan membuat parah kerusakan AC bila AC bermasalah.
1. Electric window mobil macet/tersendat2, gak usah bingung, kalau ada penghitam ban (kit) semprotkan di
sepanjang karet jendela mobil dan naik turun kan kaca (sebaiknya lakuin sebelum kaca bener2 macet total). jangan pake oli, karena hanya akan membuat masalah baru dikemudian hari. Lama2 debu nempel..
2. Sebagian besar orang mematikan kunci tape langsung dari kunci kontak, tidak di turn off dari tombol.
Kesalahan lagi, sebab Tape sekarang sudah canggih, rentan terhadap pemutusan listrik tiba2, besok2 tapemu akan bermasalah serius. Jangan salahkan tape bila kadang lama menyalanya.
3. Kap (tutup mesin) mobil ditutup dengan cara menekan pada ujungnya. fatal akibatnya kemudian hari. pegawai bengkel sering melakukan hal salah ini. Jangan sungkan untuk menegur
Ditutup dengan cara menekan akan membuat penyok/penyot pada ujung2 kap mesin. Sama juga bila menutup bagasi mobil, Kijang kapsul sering mengalami ini pada tutup pintu belakangnya, perhatikan saja.
hanya karena sayang mobil, sampe cara nutupnya salah. Dibanting aja dengan jarak yang aman itu sudah benar kok.
cara nutup kap mesin yang benar, jarak 1 atau 2 jengkal sewaktu mau nutup, dan lepas kedua tangan dari kap (sertai dorongan dikit sebelumnya). Agak kasar tapi benar.
4. Bersandar/bergantung dipintu yg terbuka. Mempercepat engsel pintu turun,goyang.
5. Tekanan ban. Sesuaikan dengan tekanan angin normal, masing2 mobil berbeda tekanannya. Ada di dekat kursi sopir biasanya. Menganggap remeh hal kecil ini siap2 berurusan Bearing ma TIE ROD (mekanis steering) yang bisa jutaan harganya. (Pengalaman di Lancer, parah!! 1 pasang cuma kecil gitu 5 juta!)
6. AC dan CO2 . hati2 meninggalkan anak kecil dalam mobil ato berdiam diri lama dalam mobil. Campuran aC dan CO2 bisa menyebabkan mati lemas, sesak napas. cek selalu mobil kalau ada kebocoran CO2 ke kabin. Biasa tercium bau gas aneh.
7. Menghidupkan kendaraan kondisi AC On, kalo bisa off in dulu karena memperberat kerja dinamo AC, akan membuat parah kerusakan AC bila AC bermasalah.