• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Internasional Presiden FIFA dukung aksi pemain Bundesliga untuk Floyd

Diggie

IndoForum Activist E
No. Urut
287751
Sejak
6 Apr 2020
Pesan
9.487
Nilai reaksi
0
Poin
0
Berikut adalah berita Presiden FIFA dukung aksi pemain Bundesliga untuk Floyd.

Presiden FIFA dukung aksi pemain Bundesliga untuk Floyd


Presiden FIFA Gianni Infantino, berbicara saat upacara penandatanganan Nota Kesepahaman antara ASEAN dengan FIFA, di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). (REUTERS/SOE ZEYA TUN)

Jakarta (ANTARA) - Para pemain sepak bola di Jerman yg menyerukan keadilan bagi George Floyd selama pertandingan justru layak mendapat dukungan, bukan malah diberi sanksi, mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino, Selasa.

"Untuk menghindari keraguan, dalam pertandingan FIFA, demonstrasi oleh pemain baru-baru ini pada laga Bundesliga semestinya mendapat tepuk tangan & bukan hukuman," mengatakan Infantino dalam pernyataan FIFA seperti dikutip AFP.

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) sedang menyelidiki Jadon Sancho & Achraf Hakimi dari Borussia Dortmund, pemain tengah Schalke asal AS Weston McKennie & pemain depan Borussia Moenchengladbach asal Prancis, Marcus Thuram karena memberikan tanda hormat kepada Floyd pada akhir pekan lalu.

Floyd yg berkuit hitam, meninggal pekan lalu setelah seorang polisi kulit putih di Minneapolis menekan lututnya ke leher Floyd yg diborgol selama beberapa menit. Insiden ini sudah memicu protes keras selama berhari-hari di seluruh Amerika Serikat.

Baca juga: DFB pertimbangkan selidiki aksi solidaritas pemain untuk George Floyd
Baca juga: Trio bintang Bundesliga tuntut keadilan bagi George Floyd

"Kita semua harus mengatakan tidak pada rasisme & segala bentuk diskriminasi. Kita semua harus mengatakan tidak kepada kekerasan. Segala bentuk kekerasan."

Sebelumnya FIFA meminta liga sepak bola untuk mengpakai "akal sehat" mereka ketika memutuskan apakah akan mendisiplinkan pemain sepak bola yg menampilkan pesan politik.

"FIFA sepenuhnya memahami kedalaman sentimen & kekhawatiran yg diungkapkan oleh banyak pemain mengingat keadaan tragis kasus George Floyd," mengatakan badan pengatur sepak bola dunia itu dalam satu pernyataan.

Setelah mencetak gol dalam kemenangan Dortmund di Paderborn pada hari Minggu, pemain sayap Inggris Sancho menyingkapkan bajunya dengan tulisan "Justice for George Floyd".

Rekan setimnya Hakimi & McKennie menyatakan seruan yg sama untuk keadilan, sementara pemain Prancis Thuram, putra pemenang Piala Dunia Lilian Thuram, berlutut setelah mencetak gol untuk Gladbach untuk mengenang Floyd.

Baca juga: Petenis Naomi Osaka angkat bicara soal kematian George Floyd
Baca juga: Mayweather dilaporkan akan tanggung biaya pemakaman George Floyd

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), anggota parlemen olahraga itu, melarang para pemain menunjukkan "semboyan, pernyataan atau gambar politik, agama atau pribadi".

Namun, menunjuk kampanye anti-rasisme sendiri, FIFA mengisyaratkan bahwa tidak ada tindakan yg harus diambil kepada Sancho, Hakimi atau McKennie.

"Penerapan hukum permainan yg disetujui oleh IFAB diserahkan kepada penyelenggara lomba yg harus mengpakai akal sehat & mempertimbangkan konteks seputar peristiwa tersebut," mengatakan FIFA.

DFB sedang menyelidiki para pemain sesuai dengan hukum IFAB, meskipun presiden Fritz Keller mengatakan dia memahami tindakan mereka.

"Jika orang didiskriminasi karena warna kulit mereka, itu tak diperbolehkan," mengatakan Keller.

"Jika mereka mati karena warna kulit mereka, maka saya sangat terganggu. Para korban rasisme membutuhkan semua solidaritas kita."

Sancho diganjar kartu kuning setelah mengungkapkan pesan untuk merayakan gol melawan Paderborn, meskipun DFB mengatakan kartu kuning itu sebenarnya karena dia mengangkat bajunya melebihi atas kepalanya.

"Ini didefinisikan di bawah aturan nomor 12 sebagai perilaku yg jelas-jelas bertentangan dengan aturan & harus dilihat secara independen terlepas dari pesan politik," mengatakan Lutz Michael Froehlich, kepala unit wasit elit DFB.

"Wasit tidak mungkin menciptakan keputusan selama pertandingan tentang slogan, pesan atau gambar politik, agama atau pribadi," tambah Froehlich.

Baca juga: Woods nilai perlakuan kepada Floyd sudah lampaui batas
Baca juga: Kritikan Hamilton kepada Formula 1 soal kematian George Flyod

Berita diatas dikutip dari internet, jika Presiden FIFA dukung aksi pemain Bundesliga untuk Floyd adalah spam, mohon beritahu kami.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.