Berita Praktik ‘Ruqyah’ LGBT: Tanda Meningkatnya Konservatisme di Indonesia?

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 8 Dec 2018 at 10:02.

  1. politik

    politik IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    732
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyatakan kekhawatiran atas praktik ruqyah terhadap LGBT, khawatir bahwa praktik itu dapat meningkat seiring konservatisme agama menjadi fokus menjelang pemilu tahun 2019. Salah satu acara televisi di Indonesia bahkan menunjukkan seorang pria yang diduga gay yang di-ruqyah, dengan ayat-ayat Al-Qur’an oleh seorang ulama.

    Oleh: Tom Stayner (SBS News)

    Ruqyah Islam digunakan sebagai terapi konversi di beberapa bagian Indonesia, di mana satu program televisi Indonesia bahkan menyiarkan ritual tersebut terhadap seorang pria yang diduga gay.

    Acara televisi bernama Ruqyah, menggunakan nama praktik pengusiran setan dalam Islam yang dikenal dengan nama yang sama.

    Ruqyah menggunakan ayat-ayat Al-Quran untuk dibacakan kepada para peserta yang menjalani ritual tersebut, untuk menyingkirkan mereka dari pengaruh supernatural atau iblis.

    Dalam satu episode, seorang pria yang diduga gay terlihat menangis ketika ia mengalami pengusiran setan yang diberikan oleh seorang ulama Islam.

    Laporan-laporan bahwa praktik tersebut diterapkan di beberapa bagian Indonesia dalam kampanye melawan perilaku sesama jenis, adalah contoh dari meningkatnya konservatisme agama, menurut kelompok-kelompok hak asasi manusia.

    Peneliti Human Rights Watch yang berbasis di Jakarta Andreas Harsono, mengatakan bahwa sikap agama yang konservatif menunjukkan diskriminasi anti-gay yang berlangsung di negara di mana terdapat pandangan-pandangan ini.

    “Hukum nasional Indonesia tidak memiliki peraturan yang mengkriminalisasi seks gay,” katanya.

    “(Tapi) sekarang kita melihat semakin banyak diskriminasi di seluruh Indonesia yang dilakukan atas nama Syariah Islam.”

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG