Internasional Pinjam Istilah Game of Thrones, Jokowi Soal Perang Dagang: "Winter is Coming"

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 13 Oct 2018 at 10:02.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    304
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Meminjam istilah dalam seri Game of Thrones, Presiden Indonesia Joko Widodo berkomentar soal perang dagang yang saat ini menyelimuti perekonomian global dengan mengatakan, “winter is coming”. Menurutnya, negara-negara besar sibuk bersaing satu sama lain sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang semakin mengancam mereka semua. Istilah itu sendiri sering digunakan berulang-ulang oleh karakter dalam serial fantasi populer tersebut, untuk merujuk pada bahaya spektral yang dapat menghancurkan mereka semua.

    Oleh: Ed Davies dan David Lawder (Reuters)

    Kalau para bankir dan menteri keuangan global yang berkumpul di Indonesia melewatkan pesan yang disampaikan berulang kali minggu ini, negara tuan rumah Indonesia mengatakannya lagi pada Jumat (12/10): Setiap orang akan kalah jika perang perdagangan dibiarkan meningkat.

    Presiden Indonesia Joko Widodo tidak menyebutkan Amerika Serikat (AS) atau China—dua negara ekonomi terbesar di dunia—tetapi jelas siapa yang dibicarakannya dalam sebuah pidato dalam sidang pleno Pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di pulau Bali.

    “Akhir-akhir ini rasanya seperti hubungan antara ekonomi-ekonomi besar menjadi lebih dan lebih seperti ‘Game of Thrones’,” kata Jokowi dalam pidato yang dibumbui dengan mengambil referensi dari seri HBO tentang dinasti dan kerajaan yang berjuang untuk merebut kekuasaan.

    “Apakah kita begitu sibuk berkelahi satu sama lain dan saling bersaing satu sama lain sehingga kita gagal memperhatikan hal-hal yang semakin mengancam kita semua, kaya dan miskin, besar dan kecil,” katanya.

    Negara-negara berkembang yang miskin dan padat penduduk seperti negaranya, termasuk yang paling rentan terhadap kejatuhan dari perang tarif AS-China yang sedang berlangsung, di mana meningkatnya suku bunga AS menarik investor menjauh, dan menurunkan mata uang.

    “Semua masalah ini dalam ekonomi dunia, sudah cukup membuat kita merasa ingin mengatakan: ‘Winter is Coming’ (Musim Dingin Akan Datang)”, kata jokowi, menggunakan istilah yang sering digunakan berulang-ulang oleh karakter dalam serial fantasi populer, untuk merujuk pada bahaya spektral yang dapat menghancurkan mereka semua.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG