• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Perhatikan Dua Hal Vital pada Motor Injeksi

AD5356QU

IndoForum Beginner C
No. Urut
281096
Sejak
27 Mei 2013
Pesan
794
Nilai reaksi
9
Poin
18
KOwFB.jpg
Salah satu keuntungan dari sistem injeksi pada sepeda motor lansiran baru adalah bebas perawatan, berbeda dengan karburator yang wajib dibongkar dan dibersihkan ketika servis. Meski begitu, para biker jangan lantas memanjakan diri lewat kondisi ini, ada baiknya tetap sedikit memperhatikan perawatan terhadap kendaraan.

"Bisa dibilang dengan teknologi baru ini pengendara sudah tinggal pake motor saja. Namun, walau semua sensor kerusakan sudah tersedia, tetap jangan lupakan perawatan yang baik, agar mesin lebih awet," ujar Ahmad Jayani, Kepala Mekanik Sumatera Jaya Motor Cipinang. Jakarta Timur, kepadaOtomania, Sabtu (16/5/2015).

Jayani mengatakan, hanya cukup dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, yaitu dengan memilih bensin yang tepat sebagai awal dari proses perawatan mesin kendaraan. "Upayakan jangan menggunakan premium, karena jenis bensin tersebut dapat membuatfuel pumpcepat kotor dan lama kelamaan akan tersumbat," ujar Jayani.

Kedua, wajib menjaga kondisi aki, karena sangat penting keberadannya sebagai penopang kinerjafuel pump. Caranya, adalah pada saat awal menyalakan motor, biasakan menggunakan starter engkol. Ketika mau melakukannya, pastikan komponen kelistrikan seperti sein dalam kondisi mati, agar beban aki saat tidak terlalu berat saat pertama kali motor menyala.

"Starter elektrik hanya digunakan jika akan menyalakan motor dalam keadaan darurat, seperti saat motor tiba-tiba mati di jalan. Jadi kondisi aki harus sangat terjaga agar berusia lebih lama," kata Jayani.

Kemudian motor juga harus hidup atau dipanaskan minimal 15 menit setiap hari agar sel yang yang terdapat di dalam aki tidak kering dan mati. Dengan memperhatikan dua hal tersebut sudah cukup membuat sepeda motor berteknologi baru ini berusia panjang, terlepas dari perawatan wajib rutin di bengkel resmi.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.