• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Penyebaran Musik India ke Eropa

dananjaya

IndoForum Newbie E
No. Urut
59387
Sejak
16 Des 2008
Pesan
55
Nilai reaksi
1
Poin
8
Namaste,

Banyak hal yang kita nikmati setiap hari dapat ditelusuri kembali ke peradaban Veda. Sebagai contoh, musik bersumber dari Sama-veda. Sama-veda meletakkan dasar-dasar aturan musik karena banyak ayat-ayat Veda ini dinyanyikan oleh para pendeta saat dilakukan ritual-ritual pemujaan api. Banyak personalitas ilahi dalam Veda juga digambarkan sambil memegang alat musik, seperti Lord Krishna dengan flute-Nya, Dewi Saraswati dengan rebab-nya, begitu juga dengan pertapa lintas kosmis Narada Muni. Dan Shiva sering digambarkan sedang menari mengikuti irama drum, atau sedang menabuh drum-nya.

Weber, seorang penulis Jerman, di dalam bukunya, Indian Literature (hal. 297) menulis, “Tangga-nada Hindu . . Sa, Re, Ga, Ma, Pa, Dha, Nee juga telah dipakai oleh bangsa Persia, dimana kita menemukannya dalam bentuk do, re, ma, fa, so, le, ci. Itu kemudian masuk ke dunia Barat dan diperkenalkan oleh Guido d’Arezzo di Eropa dalam bentuk do, re, mi, fa, sol la, ti . . . bahkan ‘gamma’-nya Guido (French gramma, English gamut) dapat ditelusur balik ke Sanskrit gramma dan Prakrit gamma dan adalah pengakuan langsung bahwa India sebagai asal mula dari tujuh buah not tangga nada Eropa”.

Informasi lebih jauh tentang bagaimana sistem musik India sampai ke Eropa disajikan oleh Ethel Rosenthal dari hasil penelitiannya yang disajikan dalam bukunya The Story of Indian Music and its Instruments dimana ia mengemukakan, “Dalam buku Indian Empire, Sir William Wilson Hunter menegaskan bahwa sistem urutan notasi telah dihasilkan sebelum jamannya Panini dan ketujuh not itu digambarkan dengan huruf-hurufnya. Diturunkan dari para Brahmin notasi ini melalui perantaraan orang-orang Persia sampai di Arabia, dan kemudian diperkenalkan ke dalam musik bangsa Eropa oleh Guido d’Arezzo pada awal abad ke-11 . . . musik Hindu setelah suatu periode dimainkan secara meluas, tenggelam dibawah kekuasaan para pengikut Muhammad ke dalam keadaan terpasung . . . “


Om Tat Sat
:-*:-*:-*
 
Terkait Cakra dengan India Cord dan Barat Cord sbb:

7. Sahasrara = Ni = Tea
6. Ajna = Dha = La
5. Vishuddha = Pa = So
4. Anahata = Ma = Fah
3. Manipura = Ga = Me
2. Svadhisthana = Re = Rae
1. Muladhara = Sa = Doe
 
Terkait Cakra dengan India Cord dan Barat Cord sbb:

7. Sahasrara = Ni = Tea
6. Ajna = Dha = La
5. Vishuddha = Pa = So
4. Anahata = Ma = Fah
3. Manipura = Ga = Me
2. Svadhisthana = Re = Rae
1. Muladhara = Sa = Doe

Wah, mantapp!
Berarti para Rishi saat menciptakan ketujuh Cord itu tidak sembarangan, tetapi berkaitan dengan aktifnya ketujuh Cakra Utama kita, selaras dengan aliran api Kundalini.

Om Tat Sat
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.