• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Penipuan Mandiri via email

pinnacullata

IndoForum Activist C
No. Urut
24506
Sejak
24 Okt 2007
Pesan
13.034
Nilai reaksi
224
Poin
63
Informasi adanya email yang terindikasi penipuan



Bapak/Ibu yang terhormat,



Kami telah menerima laporan bahwa ada pihak yang mengaku Bank Mandiri dan mengirimkan email kepada masyarakat dengan menggunakan metode tebar jaring . Isi email mengatakan Bank Mandiri sedang melakukan Upgrade Data Base dan oknum tersebut meminta nasabah Bank Mandiri menginformasikan User ID, Pin, Password, tanggal lahir, nomor rekening, dan saldo rekening. (contoh email terlampir)



Dengan ini kami tegaskan bahwa email tersebut bukan berasal dari Bank Mandiri dan terindikasi penipuan bermodus Phising. Phising, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. Penjelasan lebih lengkap mengenai Phising dapat dibaca di www.bankmandiri.co.id pada bagian e-Banking info mengenai Penipuan bermodus Phising di Internet Banking.



Apabila Bapak/Ibu menerima email dimaksud kami sarankan untuk melakukan tindakan berikut:

1. Tidak memberitahukan data yang diminta oleh oknum tersebut

2. Menginformasikan kepada kami melalui Call Mandiri 14000 atau 021 52997777 atau melalui email: [email protected] atau [email protected]

3. Email dari kami ini dapat dijadikan pedoman apabila ada nasabah yang meminta konfirmasi, sampaikan bahwa petugas Bank tidak akan pernah menanyakan PIN kepada Nasabah.

4. Selalu mengingatkan nasabah untuk waspada agar terhindar dari penipuan.



Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.



Salam,

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Mass & Electronic Banking Group

E-Channel Business Dept



=============================





contoh email penipuan:



--- On Fri, 8/22/08, Customer Services <[email protected]> wrote:

From: Customer Services <[email protected]>
Subject: CONFIRM YOUR BANK MANDIRI ACCOUNT
To:
Date: Friday, August 22, 2008, 11:44 PM

Dear Bank Mandiri Login Owner,



This message is from www.bankmandiri.co.id ( Bank Mandiri ) messaging

center to all www.bankmandiri.co.id Login owners. We are currently

upgrading our data base and Login center. We are deleting all unused Login

account at www.bankmandiri.co.id (Bank Mandiri) to create more space for

new one.



To prevent your account from being closed down you will have to update it

below so that we will know that it's a present used account.



CONFIRM YOUR LOGIN ACCOUNT BELOW



LOGIN USER ID :................................................



LOGIN PIN : .......................................................



LOGIN PASSWORD:...........................................



Date of Birth : ....................................................



ACCOUNT NUMBER : .........................................



ACCOUNT BALANCE: .........................................



Warning!!! Login owner that refuses to update his or her Login,within

Seven days of receiving this warning will lose his or her Login

permanently.



Thanks,

www.bankmandiri.co.id Team

https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=en_US

Bank Mandiri BETA.
 
Wogh...
itu 2 2 nya e-mail penipu yah.../hmm
gila dah....jaman skarank emank sulit nyari orang yang bisa di percaya....apa lagi e-mail :))
 
bisa juga ya mereka menggunakan domain bank mandiri
 
Wowwwww ati ati ya semua ...
Penipuan emang makin lama makin parah dan canggih :D
 
Wah haarus lebih waspada nih...krn aku juga nasabah bank mandiri wew....
 
wogh...

gw dikasih tau dari bank mandiri n bank BCA...

kalo para pegawai bank tersebut gak pernah meminta PIN dari masyarakat dalam kondisi apapun....

jadi ati2 kalo ada yang minta nomor PIN dengan alasan apapun....
 
Yahoo juga ati ati all, banyak yang kena tipu, dalih mereka untuk perbaikan sistem yahoo dan mereka minta data data, mana mungkin mereka minta data ke kita coba hehehheehe
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.