• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Pengolahan Jagung Menjadi Cemilan Siap Saji

omeoo

IndoForum Newbie D
No. Urut
113253
Sejak
14 Jan 2011
Pesan
82
Nilai reaksi
2
Poin
8

Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang sangat penting di Indonesia karena potensi pemanfaatannya yang beragam – mulai dari bahan pangan, bahan pakan, hingga bahan baku industri.

Sebagai bahan pangan, jagung mempunyai komposisi kimia dan nilai gizi yang tidak jauh berbeda dengan beras. Hal inilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu bahan pangan sumber karbohidrat paling utama di Indonesia.

Beberapa produk makanan hasil olahan jagung yang populer adalah keripik jagung, berondong jagung, dan corn flakes. Dari banyak produk konsumsi olahan tanaman pangan ini, produk cemilan atau snack merupakan yang paling digemari.

Proses pengolahan jagung menjadi cemilan kering siap santap melibatkan banyak tahap, antara lain perebusan, perendaman, pencucian, penggilingan, pencetakan, dan yang terakhir tentu saja pengemasan.

Umumnya, jagung yang telah melewati proses perebusan, perendaman dan pencucian kemudian digiling atau ditumbuk untuk menghasilkan adonan jagung. Adonan ini kemudian dicetak sesuai dengan bentuk makanan yang dihasilkan. Pada produk seperti keripik jagung, cetakan yang dihasilkan kemudian dipanggang, dikeringkan dan digoreng kembali.

Hasil akhir dari tahap produksi ini akan melewati proses pengemasan untuk melindungi produk dari kontaminasi, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat kimia.

Semoga infonya bermanfaat ya! :-bd
 
jagung emang asik kalo di jadiin produk turunan gurihhhh !!
 
Jagung memang enak lho klo d jadiin cemilan. . .
mantap dech. . .
 
Iya, selain itu bisa buat ganti nasi juga lho! ;)
 
kalo ane lebih suka jagung rebus aja deh..
 
Oh iya tuh, jagung pun bisa jadi makanan pokok. Ditambah ikan asin oke juga kali ya! :D
 
weeee..... siang2 bkin laper liat threadnxa...

hmmm lbh bgus lg... klo olahan ketela... :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.