Berita Pemberontak Tuntut Negosiasi Kemerdekaan Papua

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 8 Dec 2018 at 10:16.

  1. politik

    politik IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    732
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Kelompok pemberontak menuntut negosiasi dengan pemerintah Indonesia terkait kemerdekaan Papua. Sebby Sambom juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, menyerukan agar pemerintah menyetujui perundingan damai yang serupa dengan perundingan yang membuat Provinsi Aceh menjadi semi-otonom, atau sebuah “referendum nyata” untuk kemerdekaan Timor Timur. Dia pun berjanji akan mengintensifkan perjuangan untuk kemerdekaan dengan serangan gerilya.

    Oleh: Niniek Karmini (Associated Press)

    Pemberontak di Provinsi Papua menuntut pada Jumat (7/12) agar pemerintah mengadakan negosiasi tentang penentuan nasib sendiri untuk provinsi tersebut, dan memperingatkan lebih banyak serangan.

    Sebby Sambom—juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM)—mengatakan dalam sebuah wawancara telepon, bahwa mereka menyerang sebuah situs konstruksi pemerintah akhir pekan lalu karena mereka yakin proyek itu dilakukan oleh militer.

    “Proyek jalan Trans-Papua sedang dilakukan oleh militer Indonesia dan itu adalah risiko yang harus mereka tanggung,” kata Sambom. “Kami ingin mereka tahu bahwa kami tidak membutuhkan pembangunan, yang kami inginkan adalah kemerdekaan.”

    Pemerintah Indonesia—yang selama beberapa dekade memiliki kebijakan mengirim orang Jawa dan orang Indonesia lainnya untuk menetap di Papua, untuk mencairkan jumlah penduduk asli—sekarang berusaha memacu pembangunan ekonomi untuk meredam gerakan separatis.

    Media lokal melaporkan bahwa para insinyur militer terlibat dalam beberapa bagian dari jaringan jalan trans-Papua yang akan menghubungkan kota dan kabupaten di provinsi ini.

    “Para pemimpin kami telah mendeklarasikan zona perang sejak tahun lalu dan memperingatkan bahwa pembangunan jalan trans-Papua harus dihentikan, tetapi Indonesia telah mengabaikannya,” kata Sambom.

    Dia menyerukan agar pemerintah menyetujui perundingan damai yang serupa dengan perundingan yang membuat Provinsi Aceh menjadi semi-otonom, atau sebuah “referendum nyata” mengenai kemerdekaan seperti yang terjadi di wilayah Indonesia sebelumnya di Timor Timur.

    “Jika Aceh dan Timor Timur bisa mendapatkan peluang itu, mengapa kami tidak?” kata Sambom, yang mengatakan bahwa dia berbicara dari daerah dekat perbatasan dengan Papua Nugini.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG