• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan

Angela

IndoForum Senior A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
8.310
Nilai reaksi
2
Poin
0
Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan


Di musim penghujan seperti sekarang ini, Jakarta sangat rawan akan banjir. Apalagi daerahku. Sebenarnya sih daerahku sudah sangat lama tak kebagian banjir. Andaikan banjir pun sekedar air yg menggenang & tak lama surut. Menggenang apa antri masuk ke tanah? Terserah lah mengartikannya apa hehe.

Tapi, tahun baru 2020 warga sini dikagetkan dengan banjir yg datang di luar kebiasaan. Di luar kebiasaan karena banjirnya di tahun baru, meski sebenernya sih tak ada kaitannya banjir dengan tahun baru. Cuma kebetulan saja. Yang aneh ya itu, tak pernah banjir kok mendadak banjir? Ada apa gerangan? Dan banjirnya bukan kaleng-kaleng pula. Langsung gede & tak surut-surut!

Kalau dari sisi kami sebagai warga, tak banyak yg dapat kami lakukan. Palingan tidak membuang sampah sembarangan. Gimana kami mau membuang sampah sembarangan, sampah sering diambil oleh tukang sampah. Dan saya rasa juga tukang sampahnya tidak membuangnya ke kali atau sungai. Mahalan ongkos ke sungainya soalnya. Daerah kami jauh dari sungai besar.

Tapi untunglah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki Pasukan Biru. Mereka adalah team lapangan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Warna biru mengacu pada seragam yg mereka kenakan. Untuk membedakan dengan Team PPSU yg sudah identik dengan Pasukan Orange. Malah, setahu saya duluan ada Pasukan Biru dulu ketimbang Pasukan Orange.

Tugas Pasukan Biru tidak lah mudah. Karena mereka harus benar-benar nyebur ke saluran air/got/irigasi & membersihkan jalur air supaya tidak mampet & menimbulkan banjir di kala hujan.

Kebetulan saya sempat mengabadikan salah satu momen kala Pasukan Biru di daerah saya baru saja membersihkan irigasi. Sepertinya tidak cuma membersihkan, tetapi juga mengeruk lumpurnya. Aku sangat mengapresiasi tugas mulia mereka ini. Layak lah kiranya para Pasukan Biru ini disematkan gelar Pahlawan Lingkungan.

Spoiler for :
Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan


Lihat kondisi saluran air/irigasi/parit/sungai kecil ini. Tidak ada sampah sama sekali. Dan habis dikeruk lumpurnya. Tumpukan karung di pinggir jalan itu berisi lumpur/tanah.

Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan


Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan


Para Pasukan Biru sedang beristirahat setelah membersihkan saluran air ini.

Pasukan Biru, Pahlawan Lingkungan di Kala Musim Penghujan


Kendaraan operasional Pasukan Biru meninggalkan lokasi.​


Jika semua saluran air bersih seperti ini, maka kalau hujan deras pun kami tak perlu kuatir lagi. Jika terjadi banjir pun biasanya akan cepat surut.

Quote:
Semua foto adalah dokumentasi pribadi.​
Hari ini 17:23
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.