Pastikan Perkembangan Fisik Anak Tidak Mengalami Keterlambatan

Discussion in 'Forum Kesehatan' started by SuperMicin, 10 Jul 2018.

  1. SuperMicin

    SuperMicin IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    288587
    Joined:
    25 Jun 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Kelihatannya mudah untuk memastikan perkembangan fisik anak baik. Untuk anak yang sudah masuk usia balita, mereka butuh nutrisi. Dan ketika bunda sudah memberikan susu dan makanan bergizi setiap hari, sepertinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai tumbuh kembang anak, terutama perkembangan fisiknya.

    Patokannya sudah jelas. Jika anak tumbuh layaknya anak-anak pada umumnya, itu artinya perkembangan anak baik. Sayangnya, ada lho masalah perkembangan anak yang tidak disadari oleh orang tua. Artinya, orang tua sama sekali tidak melihat jika ternyata si kecil mengalami masalah dalam hal tumbuh kembang.

    Contoh sederhananya adalah berat badan anak berlebihan. Beberapa orang tua justru senang ketika melihat anak mereka gemuk. Saat anak makan banyak dan lahap, orang tua justru senang sekali. Padahal, ini bisa menjadi malapetaka jika berat badan anak di atas normal. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak optimalkan gerakan fisik atau terganggunya perkembangan fisik anak.

    Dan banyak lagi contoh yang lain. Untuk itu, penting sekali bagi bunda sebagai orang tua untuk tahu mengenai tahap-tahap perkembangan anak. Setidaknya bunda tahu perkembangan anak sesuai dengan usianya.

    Perkembangan Fisik Balita 1 Tahun

    Siapa bilang tidak ada yang menarik dari perkembangan anak usia 1 tahun. Justru pada usia inilah perkembangan anak begitu banyak.

    Secara umum, balita usia 1 tahun sudah mulai belajar berjalan dan juga bicara. Ada yang bilang jika anak belajar bicara dulu, maka belajar berjalannya sedikit terlambat. Dan juga sebaliknya. Sebenarnya, pendapat tersebut sama sekali tidak ada landasan ilmiahnya. Balita usia 1 tahun harus sudah mulai belajar berjalan dan juga berbicara.

    Perkembangan Fisik Balita 2 Tahun

    Apa yang bisa dilakukan oleh balita 2 tahun? Pada usia ini, anak sudah bisa merangkai beberapa kata sehingga menjadi kalimat yang nyaris sempurna. Selain itu, anak juga suka untuk mengetahui hal-hal yang baru. Maka dari itu, jangan sampai anak memegang benda-benda tajam ya. Ini sangat berbahaya.

    Perkembangan Fisik Balita 3 Tahun

    Ketika anak berusia 3 tahun, bunda rasanya tidak percaya jika anak bunda sudah dewasa. Ia sudah bisa berjalan dengan sangat seimbang. Makanya, saat usia 3 tahun, balita disarankan diajarkan keseimbangan seperti belajar naik sepeda.

    Perkembangan Fisik Balita 4 Tahun

    Saat anak sudah menginjak usia 4 tahun, gerakan motorik kasar dan juga halusnya sudah bisa dikatakan sempurna. Anak sudah bisa naik sepeda. Ia juga sudah terampil menggambar. Sebagai orang tua, bunda seharusnya lebih sering mengajarkan bagaimana cara membuat prakarya atau olahraga. Pada usia ini, perkembangan fisik anak harus lebih mendapatkan stimulus dari luar, selain juga dari dalam.

    Perkembangan Fisik Balita 5 Tahun

    Jika bunda merasa anak memiliki bakat dalam hal olahraga atau menari, usia 5 tahun adalah usia yang tepat ketika bunda ingin memasukkan anak ke sebuah sanggar atau sekolah olahraga tertentu. Usia 5 tahun merupakan usia puncak di mana anak berada pada masa emas. Dan seharusnya bunda sudah mendapatkan potensi anak. Dan memang anak suka olahraga tertetu atau suka menari, bantu untuk mengembangkan potensi tersebut.

    Perkembangan Fisik Balita 6 Tahun

    Anak usia 6 tahun sudah duduk di bangku TK besar. Perkembangan fisiknya sudah sangat baik. Ia sudah bisa mengontrol aktivitas fisiknya dengan sempurna. Pada usia 6 tahun, anak biasanya sudah menentukan apa kegiatan fisik yang paling ia sukai. Dan bunda bisa membantu untuk mengembangkan bakatnya tersebut.

    Itulah perkembangan fisik anak usia 0-6 tahun. Pastikan sang buah hati tidak mengalami keterlambatan perkembangan ya bunda.

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG