Berita Para Pemimpin ASEAN Janjikan Tegakkan Sistem Perdagangan Multilateral

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 12 Oct 2018.

  1. politik

    politik IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    743
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Para pemimpin ASEAN berjanji akan menegakkan sistem perdagangan multilateral, dalam pertemuan di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (11/10) kemarin. Negara-negara anggota ASEAN juga akan bekerja sama untuk memastikan bahwa tidak ada negara yang tertinggal dalam perjalanan menuju kemajuan bersama.

    Oleh: Nur Asyiqin Mohamad Salleh (The Straits Times)

    ASEAN tetap berkomitmen untuk menegakkan sistem perdagangan multilateral terbuka dan berbasis aturan, yang telah lama mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan itu, dan akan bekerja sama untuk memastikan bahwa tidak ada negara yang tertinggal dalam upaya menuju kemajuan, para pemimpinnya berjanji kemarin, Kamis (11/10).

    Kelompok dengan 10 anggota tersebut selama setahun terakhir ini—di tengah sengketa perdagangan dan meningkatnya proteksionisme—telah menjadi vokal dalam mendukung perdagangan yang bebas dan terbuka.

    Dan kemarin, para pemimpinnya menegaskan kembali komitmen mereka untuk multilateralisme dan kerja sama internasional ketika mereka bertemu di Bali, di mana pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia telah melihat seruan oleh kepala-kepala ekonomi untuk memodernisasi—bukan membongkar—sistem perdagangan global.

    Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan kepada para wartawan setelah pertemuan itu, bahwa ASEAN sedang melipatgandakan upayanya pada Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), dan berharap untuk mencapai “kesimpulan substansial” pada akhir tahun. Perjanjian 16 negara tersebut akan menjadi kesepakatan perdagangan bebas terbesar di dunia.

    Di tengah tantangan global, ekonomi ASEAN masih menjadi titik terang, kata Presiden Indonesia Joko Widodo, yang mengadakan Pertemuan Pemimpin ASEAN tersebut, dan memimpinnya bersama PM Lee.

    ASEAN juga telah membuat kemajuan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, tambahnya, dan menekankan bahwa kemiskinan ekstrem telah jatuh.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG