• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Pahami Investasi Emas Supaya Cuan!

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.663
Nilai reaksi
23
Poin
0
Emas merupakan salah satu komoditi opsi masyarakat yg dijadikan alat untuk investasi. Masyarakat merasa kalau investasi emas mengpakai logam mulia lebih praktis dibandingkan instrumen investasi lainnya. Jika Kamu harap memiliki tujuan keuangan jangka panjang, logam mulia dapat jadi opsi yg tepat untuk mulai investasi.

Salah satu investasi emas yg cukup populer saat ini adalah logam mulia. PT Aneka Tambang (ANTAM) & PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) merupakan perusahaan yg mengedarkan emas di pasaran. Harga untuk keduanya tidak memiliki disparitas yg jauh, harga emas ANTAM sedikit lebih tinggi dibandingkan UBS, & kadarnya berbeda dengan UBS. Jika Kamu adalah pemula dalam investasi, logam mulia dapat jadi opsi untuk langkah awal belajar investasi. Sebelum itu, tentu Kamu harus paham bagaimana cara investasi emas yg kondusif bagi pemula & apa saja keuntungan kalau anda investasi emas.

Cara investasi emas yg kondusif untuk pemula

Cara investasi emas yg kondusif untuk pemula sebaiknya mengetahui apa tujuan investasi emas, misal untuk dana pendidikan, dana pensiun, atau kebutuhan rumah tangga. Beragam tujuan investasi dapat Kamu tentukan di awal, sehingga anda dapat mengukur seberapa banyak logam mulia yg dapat Kamu kumpulkan dalam waktu tertentu.

Rutin memantau harga emas

Rutin memantau pergerakan harga emas adalah cara investasi emas untuk pemula yg dapat dikatakan tidak terlalu sulit. Memantau harga emas dapat dilakukan melalui internet, misalnya di situs atau Aplikasi yg menyediakan tampilan pergerakan harga emas secara berkala.

Memilih tempat yg terpercaya untuk membeli emas

Ketika harap membeli logam mulia, pastikan tempat Kamu membeli merupakan tempat yg resmi & terpercaya. Tempat yg terpercaya biasanya menyertakan surat & sertifikat yg sah ketika menjual emas. PT Antam merupakan salah satu tempat yg paling banyak direkomendasikan orang untuk membeli logam mulia

Tentukan tempat menyimpan yg aman

Kamu perlu memikirkan tempat penyimpanan emas ketika mengerjakan investasi emas. Tempat kondusif yg dapat anda pakai kalau anda menyimpan di rumah misalnya seperti brankas atau safety box. Jika Kamu masih merasa kurang aman, anda dapat mengerjakan penitipan di bank mengpakai safe deposit boxatau SDB. SDB biasanya ditawarkan bank untuk menyimpan dokumen atau barang berharga, namun untuk mengpakai layanan SDB anda akan dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan Bank.

Tentukan waktu untuk menjual emas

Menentukan waktu menjual emas tergantung dari tujuan investasi anda di awal. Jika tujuanmu sudah tercapai, maka Kamu dapat segera menjual atau mencairkan emas tersebut. Tips untuk Kamu sebaiknya kalau harap menyimpan emas untuk investasi minimal 5 tahun.

Keuntungan Investasi Emas

Nilai cenderung stabil

Berbeda dengan saham yg bersifat fluktuatif, nilai emas cenderung stabil. Hal ini merupakan salah satu keuntungan investasi emas. Nilai emas yg stabil disebabkan karena adanya permintaan & penawaran dalam pasar emas yg lebih jelas.

Lebih mudah dicairkan dalam bentuk uang

Keuntungan yg kedua yaitu emas lebih mudah kalau harap dicairkan jadi uang tunai. Investasi emas memiliki sifat yg hampir sama dengan tabungan konvensional. Di era digitalisasi saat ini, emas tidak cuma dapat dijual jadi uang fisik, namun dapat juga di dompet digital.

Terbebas dari bunga

Investasi emas bebas dari bunga, sehingga cukup kondusif bagi pemula. Ketika Kamu harap mencairkan atau menjual emas, nilai emas dapat setara dengan nilai yg Kamu punya dalam tabungan emas.

Melindungi nilai kekayaan

Emas merupakan instrumen investasi yg nilainya sering meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu, emas dapat melindungi nilai kekayaan kita. Hal ini dapat dilihat bahwa harga emas stabil & cenderung mengalami kenaikan, sehingga pada saat menjual kembali pemegang emas dapat mendapatkan hasil yg lebih tinggi dibanding saat membeli.

Hari ini 14:16
 
selain instrumen investasi emas juga adalah instrumen trading, kelebihan trading di Broker adalah kamu bisa transaksi sell dan buy dalam ketentuan Broker walau ada Broker yang melarang headging namun kamu bisa sell saat harga turun dan buy saat harga naik
 
emas adalah pilihan instrumen investasi dan instrumen trading yang paling aman dan stabil dalam keadaan ekonomi resesi atau krisis
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.