• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

over size

hendrik

IndoForum Newbie F
No. Urut
7917
Sejak
15 Okt 2006
Pesan
16
Nilai reaksi
0
Poin
1
gimana ya!? aku mau over size supra fitq. kira-kira maksimalnya berapa ya? ada yg tau g? aku juga pengen motorq tetep bisa di pake buat harian, biar tambah kenceng maksudnya. trs q juga mau jadiin kopling primer (semi). biar bisa standing dan terbang :D . gimana bro ada yg mau ngasih usulan?!?!?
 
Berani main oversize 25 atau 50? kalo cuma harian dan masih baru mending ga usah oversize, situ bakal nyesel belakangan. bagusnya ganti knalpot aja.

Kalo masih mo tetep oversize ....
Cuma mesti hati ngikisnya, jgn pake tukang bubut bangunan, khusus kendaraan aja yang profesional.
1.dinding atas bawa piston harus rata biar ga ngelitik,getar dan piston macet
2.papasan liner silinder jgn miring, harus rata (center) harus sama dengan gerak naik turun piston
3.clearance jgn terlalu rapat.

Yang bagus u bawa piston pengganti ma blok silindernya ke tukang bubut, napa? biar jadi patokan si tukang bubut sebagai ukuran diameter untuk tentuin clearance. Celah ideal 0,03 sampe 0,05 mm

Jika udah oversize jgn senang dulu,periksa kelancaran gerak piston, caranya gampang
1.Bershkan miyak/oli yang ada di liner dan piston, kemudian tekan piston ke lubang liner pelan2.
2.Kalo masuknya keras atau seret, coba di hunt/kikis ulang
3.Yang terakhir, liat bibir liner yang dimasuki piston lewat pancaran cahaya. Jika ga rata di hunt lagi. Kalo ga ada cahaya, artinya piston ma liner terlalu rapat.
4. biar tambah sip pakein knalpot racing, jgn standar please..
km mesti siap2 konsumsi bahan bakar ga sehemat dulu.

gini2 bekas tukang ngebut loh :p
 
weq abang pecalangan buka bengkel ya?
yuk adu balapan ma aq
motor ane ud underbone :P
 
saya kira oversize wajib dilakukan untuk mengatasi keausan yang terjadi antara piston dan silinder. oversizenya mulai 25 50 75 dan 100. untuk supra fit pada saat oversize 100, disitulah kapasitasnya nanti pas 100cc. Kalo kamu mengharapkan tenaga lebih dari melakukan oversize, saya kira perubahannya tidak akan terlalu besar. kamu bisa meningkatkan tenaga dengan menaikkan kapasitas mesin kamu dengan melakukan bore up. kamu bisa memakai piston dari bebek lain misalnya sogun, dan kamu harus memperbesar diameter silinder mesin, kasih ke tukang bubut sesuaikan dengan piston sogun. tapi itu akan sangat riskan karena dingding silinder akan sangat tipis.
Atau
 
kamu bisa mengambil blok silinder honda lain misalnya honda kirana yang kapasitasnya sudah 125cc. saya kira bayak modifikasi yang dapat dilakukan agar motor lebih kencang dan responsif, misalnya pada karburator, pengapian, menaikkan kompresi, dll. datangi aja bengkel modifikasi kepercayaan anda dan banyak membaca tentang modifikasi dari majalah dan tabloid otomotif saat ini, banyak menyajikan tentang modifikasi, ok.
 
Berani main oversize 25 atau 50? kalo cuma harian dan masih baru mending ga usah oversize, situ bakal nyesel belakangan. bagusnya ganti knalpot aja.

Kalo masih mo tetep oversize ....
Cuma mesti hati ngikisnya, jgn pake tukang bubut bangunan, khusus kendaraan aja yang profesional.
1.dinding atas bawa piston harus rata biar ga ngelitik,getar dan piston macet
2.papasan liner silinder jgn miring, harus rata (center) harus sama dengan gerak naik turun piston
3.clearance jgn terlalu rapat.

Yang bagus u bawa piston pengganti ma blok silindernya ke tukang bubut, napa? biar jadi patokan si tukang bubut sebagai ukuran diameter untuk tentuin clearance. Celah ideal 0,03 sampe 0,05 mm

Jika udah oversize jgn senang dulu,periksa kelancaran gerak piston, caranya gampang
1.Bershkan miyak/oli yang ada di liner dan piston, kemudian tekan piston ke lubang liner pelan2.
2.Kalo masuknya keras atau seret, coba di hunt/kikis ulang
3.Yang terakhir, liat bibir liner yang dimasuki piston lewat pancaran cahaya. Jika ga rata di hunt lagi. Kalo ga ada cahaya, artinya piston ma liner terlalu rapat.
4. biar tambah sip pakein knalpot racing, jgn standar please..
km mesti siap2 konsumsi bahan bakar ga sehemat dulu.

gini2 bekas tukang ngebut loh :p


jangan lupa indreyen nya donk..
kalo gak baret lg tuh piston..

NB: indreyen adalah masa di mana piston menyesuaikan ukuran dgn celah silinder dan mesin tdk boleh berputar di atas 8.000 rpm

:>
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.