Politik Oposisi Usulkan Debat Bahasa Inggris di Pilpres 2019

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 15 Sep 2018 at 09:45.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    72
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Jelang Pilpres 2019 pada bulan April mendatang, terdapat kericuhan baru mengenai usulan dari kubu oposisi terkait debat presiden menggunakan bahasa Inggris. Menurut mereka, seorang pemimpin harus mampu berbahasa Inggris untuk berkomunikasi di forum internasional. Usulan tersebut mendapat penolakan dari kubu petahana, bahkan dari calon wakil presiden Prabowo, Sandiaga Uno.

    Oleh: The Nation/The Jakarta Post/Asia News Network

    Sebuah usulan dari kubu oposisi bahwa debat presiden resmi diadakan dalam bahasa Inggris dan bukannya bahasa Indonesia, telah dipenuhi dengan cemoohan dari para pendukung petahana, yang mengatakan bahwa usulan itu tidak masuk akal, sementara dengan bercanda mengatakan bahwa itu dapat berujung pada perdebatan dalam bahasa Arab.

    Usulan itu datang dari eksekutif Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, yang berpendapat bahwa penting bagi kepala negara untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik karena ia harus berbaur dengan para pemimpin global dan berbicara di forum internasional.

    “Penting bagi seorang kandidat presiden untuk fasih dalam (bahasa Inggris)… untuk memastikan bahwa tidak ada miskomunikasi dengan tokoh-tokoh yang diajak bicara oleh (presiden itu),” kata Yandri.

    Koalisi Jokowi tidak menyambut baik usulan itu.

    “Jangan buat proposal aneh (…) Debat antara calon presiden harus terus menggunakan bahasa Indonesia,” kata Raja Juli Antoni, sekretaris tim kampanye Jokowi, pada Jumat (14/9).

    “Esensi debat (…) adalah agar publik tahu apa yang ada di pikiran calon presiden kita. Publik ingin tahu track record mereka,” kata Antoni seperti dikutip oleh kompas.com.

    Baca Sumber

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG