• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Nilai Auto A, 5 Tips Jitu Memikat Hati Dosen Ini Wajib Mahasiswa Coba!

Angela

IndoForum Senior B
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
6.043
Nilai reaksi
2
Poin
0
Nilai Auto A, 5 Tips Jitu Memikat Hati Dosen Ini Wajib Mahasiswa Coba!

[Sumber foto]

Jika para siswa bersekolah untuk mendapatkan nilai angka 1-100 atau dengan mengatakan lain mendapat nilai rapot yg tinggi, lain halnya dengan mahasiswa. Mahasiswa, justru memburu nilai A dari setiap mata kuliah yg diambilnya.

Tapi, nampaknya, bagi para mahasiswa, mendapatkan nilai A tidak begitu mudah. Salah satunya, kalau ada dosen yangkiller,hal itu akan lebih susah & butuh sedikit usaha. Nah, berikut adalah 5 tips jitu memikat hati dosen, supaya anda dapat nilai auto A!

1. Tunjukkan antusiamu

Hal perdana yg harus anda lakukan adalah menarik perhatian dosen padamu. Caranya, anda harus dapat tunjukkan bahwa dirimu sangat antusias dengan mata kuliah yg diajarkannya. Duduklah di bangku terdepan supaya sang dosen dapat melihatmu. Cobalah untuk serius memerhatikan dosen ketika sedang menjelaskan suatu materi.

Anggukanlah kepalamu, kalau setuju dengan apa yg dosenmu itu kemukakan. Jangan hingga, anda terlihat mengobrol dengan temanmu, saat dosenmu itu tengah menjelaskan materi yg diajarkannya. Karena, hal itu dapat berpotensi menghilangkanrespectdosen padamu, lho! Antusiasmu itu, dapat diartikan juga dengan tidak datang telat saat mata kuliah sedang berlangsung, ya.

2. Aktif bertanya

Setalah anda memerhatikan dosen dengan khidmat, anda harus aktif bertanya. Eits, tapi, jangan sekali-kali anda cuma bertanya omong kosong, ya. Maksudnya, omong kosong itu bagaimana? Artinya, anda bertanya sesuatu yg sebelumnya sudah dosen itu jelaskan.

Karena, nantinya, bukan tidak mungkin, dosen & teman sekelasmu, berpikir bahwa anda caper alias cari perhatian saja. Nah, supaya tidak dicap seperti itu, bertanyalah, sesuatu yg substansial atau lebih berbobot, ya. Hal ini akan lebih menunjukkan bahwa dirimu lebih berdedikasi & rasa keharapantahuanmu sangat akbar kepada materi kuliah dosenmu.

3. Berani beda argumen

Siapa yg bilang, kalau mau menarik hati seseorang, khususnya dosen, haruslah sering manut sama pendapatnya. Cara seperti itu sudah tidak mempan lagi, lho untuk memenangkan hati dosenmu. Jadilah berbeda dari yg biasa mahasiswa lain lakukan.

Salah satunya, tunjukkan saja kalau anda memang memiliki argumen yg berbeda dengan dosenmu itu. Karena, dosen itu suka untuk berdiskusi, bertukar pikiran dengan mahasiswanya. Tapi, jangan cuma pandai berargumen tanpa bukti yg kuat, lho. Jika, seperti itu, dapat-dapat dosenmu berpikir bahwa anda cuma harap menjatuhkannya.

4. Sering menolong dosen

Kalau ketiga poin sebelumnya dapat anda terapkan di dalam kelas saat mata kuliah sedang berlangsung, poin yg keempat ini berbeda. Kali ini, anda harus berusaha menarik perhatiannya ketika di luar jam mata kuliah. Misalnya, ketika jam kuliah selesai, anda menolong membawakan barang-barang mengajarnya ke ruang dosenmu itu.

Nah, pada saat anda berjalan beriringan ke ruangan dosen, anda harus aktif bertanya padanya. Tanyalah, projek apa yg sedang dosenmu kerjakan, Tawarilah bantuan & tunjukkan kemampuanmu yg dapat membantunya. Dengan begitu, biasanya dosen akan bertanya namamu & mengingatmu untuk meminta bantuan & anda akan berpotensi mendapatkan nilai A, lho!

5. Selalu kerjakan tugas

Tidak cukup dengan aktif menolong pekerjaan dosenmu. Tapi, anda juga harus dapat menunjukkan kemampuan dalam menguasai mata kuliah yg diajarkannya itu. Misalnya, saat dosenmu itu memberikan tugas, jangan pernah anda absen untuk tidak mengerjakan, ya. Cobalah untuk melatih daya tarik melalui tugas, supaya dosenmu terkesan dengan jawaban dari tugasmu itu.

Caranya bagaimana? Misalnya, anda disuruh menciptakan esai tentang suatu tema, nah, kemaslah esaimu semenarik mungkin, jangancopy paste,apalagi menjiplak punya teman. Tulislah opinimu secara mandiri, pastikan berbeda dari yg lainnya. Hal ini, akan menciptakan dirimu lebih terlihat menonjol di mata dosenmu itu, lho!

Itulah 5 tips yg wajib para mahasiswa terapkan. Selamat mencoba & semoga sukses mendapat nilai A! Hari ini 22:00
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.