• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Ngenteg Linggih ???

ayssid

IndoForum Newbie D
No. Urut
28498
Sejak
18 Des 2007
Pesan
81
Nilai reaksi
2
Poin
8
Mau tanya ngenteg linggih itu upacara apa ya ??? Kemarin ikut upacaranya tapi ngga tau artinya..

Sama Majar-Ajar itu acara apa ya ??? Saya sama keluarga pergi ke Pura2 dari goa lawah, pura penataran pande, dll.

waktu itu sibuk banget sampe lupa tanya hehehe....
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
Mau tanya ngenteg linggih itu upacara apa ya ??? Kemarin ikut upacaranya tapi ngga tau artinya..
Upacara ini dilakukan bila pembangunan fisik sebagai syarat tempat persembahyangan dalam bentuk Padmasana, Sanggah Pemerajan dan Pura sudah diselesaikan termasuk bangunan pendukung seperti bale pawedan, bale gegitaan, bale reringgitan, bale pesamuan agung dan kori agung.

Ngenteg Linggih tergolong upacara Dewa-Yadnya besar untuk menyucikan Pura (tempat suci untuk persembahyangan). Upacara Piodalan/Persembahyangan di suatu pura dapat dilakukan bila sudah melakukan upacara yang disebut Ngenteg Linggih.

Jadi Ngenteg Linggih dalam arti luas adalah upacara mensucikan dan mensakralkan tempat pemujaan Hyang Widhi, yaitu membersihkan mala (kotoran) yang melekat pada badan/bangunan maupun pikiran (jasmani dan rohani).

Pengenteg linggih sebagai sebagai upacara untuk mengharmoniskan buwana agung (alam semesta) yaitu pamarisuddha jagat, dalam pelaksanaanya diatur mulai dari 30 tahun, 100 tahun (untuk ekadasarudra), dan 1000 tahun untuk marebu bumi.

Jadi lingkup pelaksanaannya Ngenteg Linggih sebagai pamarisuddha jagat biasanya melibatkan umat tingkatan kabupaten/kota, provinsi, maupun negara.

Dalam pelaksanaan upacaranya tentu memiliki beragam versi sesuai desa-kala-patra namun tujuannya tetap sebagai pensucian dan pensakralan tempat suci untuk persembahyangan.

Sebelum Ngendeg Linggi harus didahuli rangkaian upacara “mesucian” sebagai prosesi menetralkan dari roh-roh yang tidak diinginkan, agar tidak mengganggu tempat dan rangkaian upacara, dilakukan upacara memendak, mesucian dan mendem/menanam pangenteg gumi, maka niyasa itu distanakan di pelinggih yang sudah disediakan.

Rangkaian upacara mestanakan Niyasa inilah yang disebut Ngenteg Linggih, dan dilanjutkan dengan rangkaian persembahyangan bersama.



Sama Majar-Ajar itu acara apa ya ??? Saya sama keluarga pergi ke Pura2 dari goa lawah, pura penataran pande, dll.
Meajar-ajar menandakan sudah selesainya seluruh rangkaian upacara Pitra yadnya.

Sebagai rangkaian akhir upacara Pitra Yadnya, Meajar-ajar bertujuannya Tirtayatra ke pura guna mendapat restu dalam status sebagai atma yang sudah disucikan. Pura yang dikunjungi mulai dari : Pura Khayangan Tiga setempat, Kelompok pura di Lempuyang Stana Hyang Giri Jaya, Silayukti, stana Mpu Kuturan dan Mpu Bharadah, Dasar Bhuwana Gelgel stana Mpu Ghana, Pura kawitan, Besakih, meliputi pura Dalem Puri,Manik Mas, Pedharman masing-masing, Penataran Agung, dan dapat dilanjutkan ke pura Uluwatu, Pulaki, Batur, Penulisan, Rambut Siwi, dan sebagainya.

Dan bagi yang ditinggalkan gunanya meningkatkan kesucian pribadi serta peningkatan seradha kepada Tuhan Yang Maha Esa/Hyang Widhi Wasa, melihat/ memperluas cakrawala memandang keagungan-Nya, mengagumi alam semesta dan ciptaannya sehingga semakin teguh untuk mengamalkan ajaran dharma.
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
No. Urut
32015
Sejak
31 Jan 2008
Pesan
1.188
Nilai reaksi
19
Poin
38
Penjelasannya goesdun udah lengkap banget..
yg jelas "Ngenteg Linggih" itu supaya para Dewa,Bathara,Leluhur,Pelancah,Rencangan merasa senang dan nyaman bersthana di tempat yg telah disediakan..jgn main-main utk tempat duduk Tuhan dan sinar-sinar suciNya, jangankan tempat duduk Tuhan tempat duduk raja Hayam Wuruk didudukin ama rakyat jelata aja pasti dipenggal tuch kepalanya ama patih Gajah Mada hehehehe...
 

ayssid

IndoForum Newbie D
No. Urut
28498
Sejak
18 Des 2007
Pesan
81
Nilai reaksi
2
Poin
8
terima kasih sekali nih penjelasannya..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.