• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[News]Malaysia Mau Klaim BHS Indonesia

locke cole

IndoForum Beginner A
No. Urut
13984
Sejak
10 Apr 2007
Pesan
1.460
Nilai reaksi
36
Poin
48
msh anget nih dr forum tetangga :D
----------------------------------------
[News]Malaysia Mau Klaim BHS Indonesia
DIPONEGORO, (GM).-
DIPONEGORO, (GM).- Negara jiran Malaysia mengancam akan mengklaim bahasa nasional Indonesia sebagai bahasa Melayu (bahasa Malaysia). "Pemerintah Malaysia akan mengklaim bahasa Indonesia sebagai bahasa Melayu. Karena bahasa Melayu adalah bahasa Malaysia," ujar Wakil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Abdul Azis Harun kepada wartawan di sela-sela helaran "Kemilau Nusantara 2007" di Gedung Sate Bandung, Minggu (25/11).

Ancaman tersebut, katanya, akan dilaksanakan apabila masyarakat dan pemerintah Indonesia masih mempermasalahkan klaim Malaysia terhadap kesenian reog Ponorogo dan lagu "Rasa Sayange".

Menurutnya, lagu "Rasa Sayange" dibuat pada 1907 dan reog Ponorogo jauh lebih tua karena muncul saat bangsa Indonesia belum lahir. Yang ada pada waktu itu, baik Indonesia maupun Malaysia satu rumpun dan disebut Nusantara.

"Masyarakat dan pemerintah Malaysia menganggap Indonesia dengan Malaysia adalah bagian dari Nusantara. Munculnya permasalahan ini, karena bangsa Indonesia mempersempit arti Nusantara tersebut," tambahnya.

Sedangkan negara-negara yang masuk ke dalam Nusantara itu, ujarnya, selain Indonesia dan Malaysia, ada Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand bagian selatan. Jadi apabila ada kesenian lagu tradisional Indonesia yang berkembang di Malaysia, hal itu merupakan sesuatu yang wajar, karena kesenian itu dibawa oleh suku-suku di Indonesia ke Malaysia sejak ratusan tahun lalu.

"Suku-suku di Indonesia datang bersama seni dan budaya tradisional dan dikembangkan di Malaysia. Kami tidak mungkin memisahkan mereka dengan seni budayanya," ujarnya.

Abdul Azis pun menyebutkan, pemerintah Indonesia dan Malaysia telah membicarakan masalah yang saat ini ramai diperbincangkan, seperti seni reog Ponorogo dan lagu "Rasa Sayange". Dalam pembicaraan tersebut, katanya, pemerintah Malaysia lebih mengedepankan persatuan Nusantara. "Namun secara detailnya, saya tidak tahu hasil dari pembicaraan antara Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Menteri Kebudayaan Malaysia," paparnya.

Dia pun menyebutkan, kasus kesenian tradisional reog Ponorogo dan lagu "Rasa Sayange" ini menjadi ramai lebih karena pers Indonesia. Sedangkan pers Malaysia sendiri, tambahnya, tidak terlalu membesar-besarkan masalah tersebut. "Pasalnya, kedua kesenian tersebut sudah ada di Malaysia sejak ratusan tahun lalu, yang dibawa orang Indonesia dan kemudian menetap di Malaysia," paparnya. (B.81)**

http://www.klik-galamedia.com/
------------------------------
klo mau cendol blh kok :D
 
ya gapapa klaim aja ... biar UAN gak ada bahasa indonesia /gg hohohohohohoh
jadi bahasa inggris aja lebih oke /no1 ...

ganyang malingsia !
 
zzz
emg lebih tua mana indo ama malay?
bknnya bahasa melayu dah lama ya?
 
Biarin aja ngapain mikirin malaysia, masih banyak masalah yang mesti diurus.
Mau ngaku-ngaku apa juga bodo amat.
Yang penting tau lah kita siapa itu malaysia, nanti juga malu sendiri...
 
ya gapapa klaim aja ... biar UAN gak ada bahasa indonesia /gg hohohohohohoh
jadi bahasa inggris aja lebih oke /no1 ...

ganyang malingsia !

yah jangan diilangin bahsa indo

kan gampang tuh

ambil aja tuh fisika ama kimia=))
 
Maling berkata:
Dia pun menyebutkan, kasus kesenian tradisional reog Ponorogo dan lagu "Rasa Sayange" ini menjadi ramai lebih karena pers Indonesia. Sedangkan pers Malaysia sendiri, tambahnya, tidak terlalu membesar-besarkan masalah tersebut. "Pasalnya, kedua kesenian tersebut sudah ada di Malaysia sejak ratusan tahun lalu, yang dibawa orang Indonesia dan kemudian menetap di Malaysia," paparnya.

Lha udah tau kayak gini kok masih diklaim juga? juga ya...
 
huancok , bener" marah dah gw kl kasusnya kaya gini /swt
 
tp emang bhs melayu muncul dl koq...
tp emang bhs indo sama dengan bhs malay?
ngawur pemerintah sana...
lagipula pers malay nga dibesar2kan krn klo dibesarkan besok wartawan bakal ilang
(mrk masi menggunakan sistem pers spt soeharto dl)
 
sumpah pemuda sudah mengatakan menggunakan bahasa Indonesia, siapa yang mengklaim bahasa itu duluan ya dialah yang menang. seperti contoh aceh mau merdeka ga dikasih, karena indo sudah mengklaim indo itu menguasai sabang sampai merauke.
 
dodol.. trus ntar portugas mo klaim bahasa portugal yg dipake di brazil ?? spanyol klaim bahasa spanyol yg dipake di amerika selatan ??

hahahaha kok jadi makin aneh yah malingsia ??
 
yg gw binun khan bhs indonesia itu serapan dr mcm2
ada dr inggris,arab,melayu,belanda dll klo dy mau
bahasa cacad aja kok mau diklaim aneh
gini aje
mana yg bener ibadat / ibadah binun khan =))
 
GANYANG MALINGSIA!!!!!!!!!!


TErnyata kekhawatiran Presiden Soekarno pada waktu itu saat pembentukan persemakmuran disemenanjung malaya, yang bernama malaysia alias malingsia sekarang hampir terbukti....

Apakah bangsa ini akan hanya diam??
 
kita memang punya negeri tetangga (malaysia) tapi sayangnya tetangga kita satu ini agak sinting [-(
 
sumpah pemuda sudah mengatakan menggunakan bahasa Indonesia, siapa yang mengklaim bahasa itu duluan ya dialah yang menang. seperti contoh aceh mau merdeka ga dikasih, karena indo sudah mengklaim indo itu menguasai sabang sampai merauke.

gue yg ada di merauke menyatakan gue tetap orang indonesia. Dan bahasa nya indonesia juga. BUKAN BAHASA MELAYU.
 
ganyang aja malaysia.....

lama bikin kesel aja tuch negara.... mo nunggu apa lagi yang mo diambil sm malaysia...???

kangen band aja sana ambil gw iklas banget.........
 
sekalian sampaikan sama MALING SIA itu,suruh sekalian INDONESIA diakui sebagai negara milik mereka sekalian....biar besar negaranya ataou setidaknya punya dua negara MALINDO NESIA dan MALINGSIA......
 
oiya satu lagi gausah tertipu ama kata2 serumpun... yg serumpun ama mereka itu cuma orang sumatra dan sebagian kalimantan... sisanya itu gak ada hubungan apa2 sama mereka...
 
abis ini di klaim bahwa seluruh pulau di indonesia adalah milik malaysia sekaligus keseniannya ...
wakakakakaka mati aja lah itu malingsia ...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.