• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ndul, Mercon Raksasa Nan Spektakuler & Ngangenin

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.370
Nilai reaksi
23
Poin
0
Ndul, Mercon Raksasa Nan Spektakuler & Ngangenin
diolahdariwikipedia


Saat malam di pusat kota Jepara


Selamat siang. Bertemu kembali dengan Ki Jagat Alit di Channel Jepara. Mari kita kulik tentang mercon raksasa nan spektakuler.​


Ndul, adalah tanda khas yg paling ditunggu-tunggu oleh rakyat Jepara era-tahun 80-an. Sebelum akhirnya digantikan dengan sirine.

Ndul, Mercon Raksasa Nan Spektakuler & Ngangenin

diolahdariwikihow


Maaf, gambar yg dicari ndak ketemu. Ini cuma bentuk miripnya saja.

Ndul atau di tempat lain disebut Blanggur adalah mercon raksasa yg bentuknya bulat seperti bola meriam atau bola sepak & ukurannya ya spekatakuler seperti itu. Sumbunya terlihat panjang terjuntai.

Sebelum dinyalakan, Ndul itu dimasukkan ke dalam tabung setinggi setengah meter yg ditanam tegak lurus ke dalam tanah sehingga tabung tersebut mengarah ke atas yg letaknya di samping menara Masjid Agung Jepara.

Ndul spesifik dipesan dari Cirebon atau Tuban, sekali pesan untuk 30 hari, meski biasanya pesanan datang secara berangsur karena butuh waktu & tidak mudah menciptakannya.​


*



Ndul, atau mercon raksasa atau mercon Blanggur. Jika dipasang akan terdengar tiga suara yg khas yaitu :

" Dullll... !"

Masih dengan suara ledakan keras tetapi belum seberapa. Suara teredam oleh tabung logam di bawah tanah.

" Suuiittt...!"

Suara ndul yg panjang & melesat terbang ke udara, memperlihatkan jalur asap tegak lurus ke arah langit. Mencapai ketinggian tertentu, hingga radius kilometer tertentu terlihat & kemudian meledak menggelegar...

Dan...

" Duuullll... !"

Meledak di angkasa dengan suara yg akbar seperti bom menggetarkan seluruh langit & bumi Jepara kala itu.

Ada lontaran api bak kembang api yg indah.


Ndul, Mercon Raksasa Nan Spektakuler & Ngangenin
diolahdarigoogleimages​


Ndul spesial ini dinyalakan untuk menandai hari-hari spesifik di agenda Kota Jepara seperti :

1. Tanda Buka Puasa


Ndul sering dinyalakan pada era itu untuk menandai waktu dimulainya buka puasa.

Biasanya, kita khususnya anak-anak menunggu waktu buka puasa dengan mengerjakan berbagai permainan di tanah lapang sambil menunggu ndul itu dinyalakan. ( ngabuburit )

Meski sudah ada jam, berita radio & tivi tetapi ndak afdol kalo tidak melihat & mendengar suara ndul yg menggeletar membahana itu.


2. Tanda Hari Raya Islam

Pada seremoni Hari Raya Islam, baik Hari Raya Idul Fitri & Hari Raya Idul Adha, ndul tidak ketinggalan dinyalakan sebelum sholat sunnah Id dilaksanakan.


3. Tanda Peringatan 17 Agustus

Pada seremoni hari Kemerdekaan Indonesia, ndul mengalami proses kreatif. Hasil ledakannya bukan berupa kembang api saja, malah kerennya muncul selembar bendera Merah Putih yg terbang melambai-lambai di bawa angin. Mantap Jaya!

Seingatku, agenda itu yg sering dimeriahkan dengan suara khas Ndul Sang Legenda.


Sayang, Ndul akhirnya tergilas jaman. Digantikan dengan sirine yg meraung-raung tinggi.

Konon, mungkin karena harganya yg mahal & susah menciptakannya apalagi mercon termasuk kategori barang yg dilarang beredar.

Malah, ada kabar becandaan, ndul diganti sirine karena Bupati Jepara punya penyakit jantung. Takut jantungan... kan bahaya...
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak


Entah mana yg benar, yg jadi kenyataan bahwa Ndul sekarang tinggal kenangan.​


Baiklah sekian dulu kulikan Ki Jagat Alit tentang Ndul yg legend bingit!.

Jika di tempatmu ada kekhasan seperti ini, silakan dibagi ke kolom komentar untuk menambah wawasan tentang serba-serbi nan asyik di bumi Nusantara!


Selamat siang salam sehat.
Always bersyukur dari :

Ki Jagat Alit​
Hari ini 10:30
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.