• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Nasi Tim Ayam

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
Seperti biasa.. aku ga ngasih takeran nya.. cuma ngasih tau bahan2 yang dibutuhkan and cara bikin nya ^^

Bahan2 bumbu :
- Bawang Putih di cincang atau di gepengkan.
- Bawang Putih di cincang sangat halus.
- Minyak Wijen
- Kecap Asin
- Saos Tiram
- Garam & Merica
- Royco rasa Ayam
- Jahe di cincang halus.. tidak perlu terlalu banyak, hanya untuk menghilangkan amis

Bahan2 Utama :
- Ayam di potong kecil2 seujung ruas jari kelingking
- Jamur Hioko ( kalo bahasa Jepang namanya Jamur Shitake ) direbus sampai airnya berwarna kecoklatan. Buang airnya.. jamur hioko trus potong2 memanjang.
- Beras dicuci bersih.
- Mangkok2 kecil tahan panas untuk memasak dan penyajian. ( 1 mangkok untuk porsi 1 org )

Pertama2 kita bikin dulu untuk ikan nya...
Pre :
- Ambil 1 wadah kosong...
- Berikan Merica, sedikit kecap asin, sedikit garam, minyak wijen, sedikit saos tiram. Aduk2 bumbu ini menjadi 1.
- Masukkan ayam yang sudah dipotong2, kemudian aduk2 dan remas2 sampai tercampur rata dengan bumbu dan bumbu meresap ke dalam ayam.
- Biarkan selama beberapa menit / sampai kira2 bumbu sudah benar2 meresap.

Cara membuat ikan nya :
  1. Ambil penggorengan untuk menumis ayam. Berikan minyak goreng secukupnya dan campur dengan sedikit mentega.
  2. Bila minyak sudah panas, masukkan jahe dan bawang putih yang sudah dicincang, tumis dengan api sedang hingga kecoklatan.
  3. Bila bawang putih sudah berwarna kecoklatan, masukkan ayam yang sudah dibumbui tadi dan tumis terus hingga matang.
  4. Bila ayam sudah sepenuhnya matang, masukkan jamur hioko dan campur2 hingga rata.
  5. Untuk penambahan bumbu, lebih baik dicoba dulu kadar bumbu nya sudah pas atau belum, bila terasa bumbu kurang pas, bisa ditambahkan royco dan merica secukupnya pada tumisan ayam, dan tumis hingga matang sepenuhnya.
  6. Bila sudah matang, angkat dan sisihkan.

Untuk membuat nasi nya :
  1. Panaskan penggorengan (wajan) berikan sedikit minyak goreng, boleh juga bila ditambah sedikit mentega.
  2. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus, dan tumis dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan.
  3. Bila bawang putih sudah berwarna kecoklatan... masukkan air secukupnya ( air diberikan sedikit lebih banyak drpd jumlah air yg diperlukan untuk memasak nasi dlm keadaan normal)
  4. Berikan bumbu2 nya seperti Garam, Merica, Royco secukupnya, hati2 jangan sampai terlalu asin.
  5. Besarkan api kompor, dan masak hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci bersih, dan aduk2 hingga airnya habis dan beras nya sudah mulai menjadi nasi (org Jawa bilang di aru)
  7. Bila air sudah asat ( habis ) matikan kompor dan angkat penggorengannya.

Untuk membuat kuah :
Untuk membuat kuahnya, bisa menggunakan tulang ayam yang tadi ayamnya sudah dimasak. Tulang ayam direbus dengan air secukupnya, dan berikan garam, merica dan sedikit Royco atau vetsin.

Cara memasak lanjutan :
  1. Ambil mangkok kecil tahan panas, isi dengan beras yang tadi sudah dimasak. Isi hingga 1/3 nya.
  2. Ambil kira2 1 sendok besar tumisan Ayam dan taruh ke dalam mangkok yang sudah diisi beras. Ratakan secara merata.
  3. Isi lagi mangkok tersebut dengan beras hingga penuh dan padatkan. Siram dengan sedikit kuah ayamnya, agar nasi bisa matang saat dikukus.
    (Jadi isi mangkoknya beras, ayam, beras, terakhir baru kuah)
  4. Lakukan berulang2 di mangkok2 berikutnya hingga beras yg sudah dimasak tersebut habis.

Tahap akhir :
  1. Siapkan alat pengukus dan didihkan airnya
  2. Bila air dalam kukusan sudah mendidih, tata mangkok2 yang sudah berisi ke dalam kukusan.
  3. Kukus hingga berasnya benar2 sudah menjadi nasi secara menyeluruh. (Kira2 sekitar 30 menit)
  4. Bila sudah matang, angkat mangkok2 dari kukusan, siap disajikan.

Sajikan nasi Tim Ayam dan kuahnya secara terpisah.. Siap dimakan.. /e2

Selamat mencoba deh . hehehe ^^
 

LibertyBells

IndoForum Junior E
No. Urut
2391
Sejak
19 Jun 2006
Pesan
1.623
Nilai reaksi
412
Poin
83
he eh...Tim Ayam itu enak apalagi ditambah ma jamur kuping...
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
wah enak nih ... Nasi tim ayam klo udah bisa bikin ga usah makan diluar lagi /no1
 

sakulla

IndoForum Newbie A
No. Urut
5796
Sejak
30 Agt 2006
Pesan
335
Nilai reaksi
186
Poin
43
selama i BNasi tim gw selalu beli...
di Bakmie Golek....wah lezat booo, resto kantor gw kalo pas ada lemburan.../e4
 

Artama_kwok

IndoForum Senior A
No. Urut
3197
Sejak
13 Jul 2006
Pesan
7.693
Nilai reaksi
252
Poin
83
aku suka nasi tim ayam. baru hari minggu lalu aku makan hahaha
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.