• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Nafsu Makan Meningkat karena Olahraga?

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
DVGP.jpg

Setelah berjam-jam berolahraga, biasanya kita merasa sah untuk memberi hadiah pada diri sendiri berupa makanan. Selain karena kita adalah makhluk yang berorientasi pada hasil, membakar raturan kalori tentu membuat rasa lapar.

Sebenarnya olahraga aerobik dengan intensitas sedang bisa menurunkan nafsu makan. Tetapi, jika terbiasa memberi hadiah diri sendiri untuk bebas makan apa saja setelah olahraga, kita cenderung akan mengulanginya lagi. Akibatnya, konsumsi kalori justru meningkat.

"Olahraga sebenarnya menurunkan rasa lapar," kata Barry Braun, PhD, direktur laboratorium metabolisme energi dari Universitas Massachussets.

Braum menjelaskan bahwa olahraga akan mengubah hormon rasa lapar, ghrelin, serta hormon rasa kenyang. Karena itu, sebaiknya kita melatih otak untuk tidak mengharapkan makanan setelah berolahraga.

"Di berbagai penelitian diketahui ada komunikasi yang keliru antara rasa lapar dengan asupan makanan," kata Braum. Dengan kata lain, meski sebenarnya kita tak terlalu merasa lapar, tetapi kita tetap akan mencari makanan setelah olahraga.

Selain itu, menurut Braun, kebanyakan orang salah menghitung jumlah kalori yang sudah berhasil mereka bakar. "Berlari sekitar 40 menit dengan kecepatan 9 menit per mil hanya membakar 450 kalori, kemudian setelah itu kita mampir di Starbuck dan memesan minuman Frappucino yang kalorinya hampir 500. Bagaimana bisa menurunkan berat badan?" katanya.

Untuk menyiasati tingginya nafsu makan, sebaiknya Anda mulai membuat catatan asupan harian. Penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal makanan apa saja yang sudah kita asup bisa menurunkan nafsu makan.

Selain itu, tetaplah berolahraga karena aktivitas fisik bukan hanya mendukung usaha diet, melainkan juga meningkatkan kebugaran, menurunkan stres, dan meningkatkan massa otot sehingga jumlah kalori dan lemak yang dibakar lebih banyak.
 
bisa di coba juga gan ane mau coba ahhh''''?
 
menarik juga nich penelitiannya....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.