• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

[MUST SEE!] Post 1.000 Spesial Dari Vans eiger !~

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Dalam merayakan jumlah post yang ke-1000 ini, saya ( Vans eiger ) membuat / me-launching article hasil dari karangan sendiri.

Yap, nggak perlu basa – basi yang panjang lebar, saya akan memberikan Judul untuk topic x ini adalah “ MISKIN JUGA BISA BERPRESTASI ! “.


MISKIN JUGA BISA BERPRESTASI !

Saya mendapat inspirasi article ini dari teman dan lingkungan yang dekat dengan saya, Semua isi sudah dirangkum sedemikian rupa agar pembaca tertarik dengan isi contentnya nanti.

Sebut saja namanya Yuri, beliau adalah seorang pelajar yang sangat rajin, pintar, mandiri, dan juga ramah. Tetapi dibalik itu semua ada 1 kendala yang kurang darinya, yaitu kondisi “ EKONOMI “ yang kurang mumpuni.

Dipagi hari tepatnya Pkl 03.00 A.M dan didalam kondisi yang setengah sadar Yuripun terbangun dari tidurnya, tanpa basa – basi lagi yuri langsung bergegas mengambil air untuk mandinya nanti, kira – kira jaraknya 100 Meter dari halaman rumahnya ( hmmm mandi juga harus ada pengorbanan ), karena diwilayahnya Air bersih sangat LANGKA ! ( berbeda dengan kita yang mengandalkan Jet PAM sebagai sarana mendapatkan air) .

Akhirnya Yuri segera bersiap – siap berangkat sekolah, dengan sepeda Onthel tuanya ia berangkat sekolah menempuh jarak 40KM dari rumahnya ( bayangin 40 KM ! ) itulah sebab awal mengapa beliau bangun pagi – pagi sebelumnya. ( Luar biasa....! )

Yuri orangnya sangat mandiri, dia tidak mau terus menerus bergantung terhadap orang lain maupun kedua orang tuanya. didalam kondisi yang sangat memprihatinkan mereka mampu bertahan hidup dengan perjuangan yang sangat berat walaupun keluarganya sangat terbelakang. Yapp.... saya sangat miris mendengarkan Curhatan Yuri ini.

Yuri juga berperan sebagai tulang punggung didalam keluarganya, dia menyisahkan waktu bermainya untuk mencari uang, yap…. Dia adalah seorang pedagang aksesoris di sebuah pasar yang cukup ramai.

Dengan kerja kerasnya, disekolah Yuri selalu menjadi juara dikelasnya, Yuri juga terpilih sebagai “ KETUA OSIS “ disekolah saya ( Vans eiger ). Sangat membanggakan memang dan terlebih lagi beliau mendapatkan Beasiswa dari salah satu perusahaan terkemuka dari Bidang otomotif karena perusahaan itu menemukan sosok Yuri yang sangat berbakat dalam bidang Otomotif.

Yap, mungkin kisah yuri ini hanya sebagian dari berjuta-juta anak Indonesia yang sangat pintar namun minim dalam kondisi ekonomi.

Coba kita perhatikan, banyak sekali anak – anak miskin diluar sana harus bekerja keras untuk mencari sejumlah RUPIAH yang jumlahnya relative tidak banyak, dan dibalik itu juga mereka harus berpikir lebih bagaimana caranya untuk bersekolah.


Coba kita perhatikan sosok anak kecil digambar itu, hmmm…. Apa yang ada dibenak anda ?? pasti jawaban ini yang akan terdengar : kotor, tidak pantas, dan pengorbanan.
Sangat miris rasanya bila kita hanya memandang anak kecil itu saja, tanpa melakukann sesuatu.

Jika diperhatikan lebih dalam anak itu lebih bersih, pantas, dan jauh dari kesan yang sewajarnya. Tetapi inilah fakta, anak – anak Indonesia banyak yang bernasip sama dengan anak kecil yang ada digambar diatas, Dan banyak juga anak – anak kecil yang putus sekolah hanya karena kekurangan dana.

Kalau kita mau peduli untuk menolong anak-anak miskin, rasanya memang tidak perlu bertanya tentang prestrasi mereka. Anak bisa berprestrasi kalau suasana mendukung seperti gizi, sarana belajar dan dukungan orang tua. Jangan harapkan mereka berprestrasi kalau masih disuruh ‘bekerja’ dan bahkan masih jadi korban kekerasan dalam RT.

Justru dengan bantuan kita,siapa tahu mereka bisa tambah semangat untuk berani bermimpi untuk keluar dari kemiskinan.

Anak-anak dari keluarga tidak mampu mengikuti proses belajar-mengajar dalam keadaan yang memprihatikan, tempatnya tidak layak untuk dijadikan tempat bersekolah.

Tetapi dilain sisi juga ada sekolah Negri dermawan yang mau menampung anak – anak dari keluarga miskin untuk masuk kedalam lingkungannya itupun dalam bentuk BEASISWA, Sebaiknya dalam proses pendidikan, tidak harus menseleksi mana yang tidak mampu dan mampu, pendidikan haruslah diukur dari tingkat kecerdasanya bukan karena factor ekonomi !

Pemberian beasiswa, pada umumnya selalu dikaitkan berprestasi. Artinya, beasiswa biasanya hanya diberikan kepada siswa secara ekonomi, keluarganya kurang mampu, tetapi menunjukkan berprestasi belajar atau akademik.

Di sisi lain, sering kali pemberian beasiswa dikaitkan dengan ikatan dinas dari lembaga pemerintah ataupun perusahaan swasta. Biasanya siswa atau pun mahasiswa yang mendapat program beasiswa ikatan dinas ini, wajib mengabdi di lembaga pemberi beasiswa setelah pendidikannya selesai.

Tetapi, yang jelas, beasiswa ikatan dinas seperti itu, pasti untuk anak yang berprestasi. Tentu saja, pemerintah daerah atau lembaga lainnya termasuk perusahaan besar, tidak mau mengambil risiko memberikan beasiswa bagi siswa yang tidak berprestasi. Lalu, bagaimana dengan yang miskin yang tidak berprestasi?

Mereka terpaksa putus sekolah, tidak mendapatkan pendidikan selayaknya, mungkin jika mereka mendapatkan pendidikan itupun hanya dari sukarelawan yang sangat sympatic dengan anak – anak ini.

Sebaiknya BEASISWA harus diberikan MENYELURUH kepada anak – anak miskin ( ingat anak – anak miskin ), biar mereka bisa terbiasa untuk menjadi orang – orang intelek dan mempunyai bekal wawasan yang lebih dari cukup.

Jika mau jujur, tidak ada seorang pun yang ingin hidupnya menjadi miskin. Indonesia harus malu menyandang predikat negara berkembang terbelakang. Tetapi, apa boleh buat, negara ini benar-benar melarat, rakyatnya hidup sekarat.

Kemiskinan tak lagi menjadi monopoli kota-kota besar metropolitan, tetapi telah merongrong ke seluruh pelosok. Untuk sekedar mempertahankan hidup saja, bukan pekerjaan gampang ! orang sudah sangat extra keras mengeluarkan keringat2nya namun apa daya, yang diterima tidak setimpal dengan perngorbanan yang telah ia berikan.

Sangat berbeda jauh dengan orang – orang yah bisa dikatakan ” Kaya ” yang sifatnya hanya berpoya – poya namun kekeliruan selalu melejit disegala aktifitasnya walaupun tidak semua orang kaya bersifat sama seperti ini.

Nah marilah kawan – kawan, kita tanam rasa peduli dan prihatin terhadap orang - orang miskin, coba rubahlah pandangan kita yang sering menyatakan bahwa orang2 terbelakang sana sangat Bodoh. Karena masih banyak anak - anak miskin yang serius dlam sekolahnya dan hasilnya pun " SANGAT LUAR BIASA " itu semua terjadi akibat Keuletan, Niat, dan semangatnya.

Thx to : Yuri Marwanto

Semoga article ini bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika ada kata – kata yang menyinggung anda semua…


Tolong beri opininya...:D:D masukan - masukan yang ada nanti... insya allah, bisa membangun saya untuk membuat Article yang lebih baik lg... :D:D


Thx….
 

khoe

IndoForum Senior A
No. Urut
57222
Sejak
16 Nov 2008
Pesan
8.672
Nilai reaksi
198
Poin
63
gw setuju karena kmiskinan memang bukan halangan untuk berprestasi.....

IPC HERE
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
yup
ini seperti juga kisahnya lintang di laskar pelangi
jenius sejati yang mengalami kondisi ekononmi sulit
yang bahkan haru meninggalkan sekolahnya demi membiayai keluarga
 

EK1

IndoForum Senior E
No. Urut
54485
Sejak
8 Okt 2008
Pesan
3.697
Nilai reaksi
39
Poin
48
miskin bukan lah halangan untuk berprestasii!!
teruslah meraih mimpi!!
 

MasterOfAlchemy

IndoForum Senior D
No. Urut
67707
Sejak
1 Apr 2009
Pesan
4.780
Nilai reaksi
299
Poin
83
Benar... semua bisa asal bekerja keras dan ada kemauan....!!

btw nice info gan....

Selamat ya da post ke 1000 :D:D
 

GrandMaster

IndoForum Beginner A
No. Urut
66942
Sejak
22 Mar 2009
Pesan
1.230
Nilai reaksi
162
Poin
63
nice thread bro../no1
selamat ya udah 1000..
 

de_ruutje

IndoForum Senior E
No. Urut
18193
Sejak
1 Jul 2007
Pesan
4.287
Nilai reaksi
90
Poin
48
wuih.. panjang abis tulisannya.....
btw, gw bljr matrix & algebra dulu okay..
 

koret

IndoForum Junior C
No. Urut
48131
Sejak
11 Jul 2008
Pesan
2.314
Nilai reaksi
124
Poin
63
wah naiz om /no1

btw congratz buat postnya yang ke 1k ya :D
 

Nemesis

IndoForum Activist E
No. Urut
55724
Sejak
26 Okt 2008
Pesan
9.732
Nilai reaksi
503
Poin
113
Banyak banget diluar sana anak2x yg bernasib seperti itu. Cuma yg ngerti ttg adanya beasiswa tuh cuma dikit banget... :-?

'n baru2x ini ada program "sekolah gratis" yg diselenggarakan oleh pemerintah. Yah walaupun "gratis nya" cuma sampai SMP, tapi ga apa2x lah, biar org Indonesia bisa pintar... /no1

nice post brow... lanjutkan... 'n selamat udah nyampe post yg ke-1000 /no1
 

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Banyak banget diluar sana anak2x yg bernasib seperti itu. Cuma yg ngerti ttg adanya beasiswa tuh cuma dikit banget... :-?

'n baru2x ini ada program "sekolah gratis" yg diselenggarakan oleh pemerintah. Yah walaupun "gratis nya" cuma sampai SMP, tapi ga apa2x lah, biar org Indonesia bisa pintar... /no1

nice post brow... lanjutkan... 'n selamat udah nyampe post yg ke-1000 /no1
Sebenarnya kalau anak - anak yang tidak mampu itu dapat diberi pendidikan moral cukup.

Nggak ada yang namanya urak2an, rebel, dan Murid yang kualitas buruk...:D:D
 

tengu

IndoForum Senior E
No. Urut
61193
Sejak
9 Jan 2009
Pesan
4.000
Nilai reaksi
165
Poin
63
^
yap Setuju...

Setidaknya mereka juga butuh perhatian dan uluran tangan .....


Keep Posting ......../no1
 

tusuksate

IndoForum Activist A
No. Urut
48279
Sejak
14 Jul 2008
Pesan
20.342
Nilai reaksi
397
Poin
83
Menurut saya benar sekali anak2 miskin dibiayai sekolahnya oleh pemerintah, dan keluarganya diberi uang tunjangan agar anak2 tidak usah bekerja lagi dan fokus pada pelajaran, tapi jika ada anak2 yg berprestasi di antara anak2 miskin, anak berprestasi tersebut bisa lebih di prioritaskan dan disekolahkan di sekolah yg lebih baik...
 

gutamametalside

IndoForum Junior E
No. Urut
55203
Sejak
18 Okt 2008
Pesan
1.679
Nilai reaksi
60
Poin
48
anak yang seharusnya merasakan kesenangan di masa kecilnya sudah diajak untuk memikul beban oran tuanya,,, :(

tapi apa boleh buat, kelangsungan hidup mereka juga yang tidak menentu, mereka juga butuh makan dan selama ada yang dimanfaatkan,,,

oke deh cukup puitis isinya,

keep posting bro,,, /no1
 

cleric_preston

IndoForum Beginner E
No. Urut
12309
Sejak
4 Mar 2007
Pesan
430
Nilai reaksi
28
Poin
28
thread nya manteb gan.......aye simak dolo ya.....


sekalian gw bantuin SUNDUL deh, biar gak tenggelem
 

gundamn17

IndoForum Beginner A
No. Urut
58460
Sejak
3 Des 2008
Pesan
1.423
Nilai reaksi
74
Poin
48
wow... 40 KM naek ontel??? wa aja naek motor 18 Km udah pegel neh pundak...

anak kaya gini neh mestinya diketemuin ama anak borju yang doyan nya buang2 duit ortu...

naiz artikel brow!!!
 

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
@atas

Iyah bro... berangkat jam 4 subuh sampai jam 6.30 ...:D:D

@ALL

THX sudah mau mampir.... jika emang suka Nggak Nolak GRP :D:D, ditunggu comment yang lainnya nih...:D:D
 

genocide the jackals

IndoForum Activist A
No. Urut
37421
Sejak
24 Mar 2008
Pesan
20.048
Nilai reaksi
328
Poin
83
Memank bener,,walaupun miskin tetap bisa berprestasi,,asal ada kemauan dan kerja keras pasti bisa kok.....................:):):)

Dan pemerintah dah menjalankan program sekolah gratis,,dan ini mesti di maksimalkan oleh keluarga yang tidak berkecukupan....................................:):):)

Akhir kata,,nice post dan selamat dah buat 1K yo....................../no1/no1/no1
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.