• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Musik Indonesia Lebih Mendominasi di Malaysia

Lovelytze2

IndoForum Senior D
No. Urut
16559
Sejak
3 Jun 2007
Pesan
5.013
Nilai reaksi
187
Poin
63
Minna-san, mungkin ini berita lama.. Tapi ga ada salahnya kita ngebahas hal
ini...

Silahkan baca:


Kampanye Sadar Musik TV3, Haruskah Mengetepikan Universalisme?

Jika kemarin tanggal 18 Maret 2007 petang hari berada di Malaysia, dan kebetulan melihat acara Melodi di TV3, mungkin akan sedikit tercengang! Pasalnya bukan karena sesuatu yang menghebohkan, seperti berita “seks dan percabulan”, tetapi tercengang karena aku tergelitik oleh kampanye “kempen: bahasa malaysia nya” menggugah kesadaran dunia perlaguan setempat sedang terkena krisis. Di Malaysia, tradisi kampanye yang seperti itu sangatlah bagus dan efektif. Karena memang, semua corong informasi, hampir seluruhnya dipegang oleh negara. Disatu sisi memang sangat bagus untuk menjaga stabilitas, tetapi disisi lain mengandung sisi negatif, ketertutupan menerima informasi dari luar.

Saya tidak ingin mengulas bagaimana Malaysia mengurus seluruh aspek kehidupan warga negaranya. Tetapi disini, saya ingin mengutarakan pendapatku mengenai budaya kampanye yang dilakukan di Malaysia. Itu pun menurut perspektifku, subjektivitasku dan seluruh pandangan “keakuan” yang lainnya. Jika memang salah menurut Anda tentang pandangan saya, maka menurut saya mungkin jadi benar. Tetapi jika menurut Anda saya kurang bijak, maka menurut saya sangat bijak. Benar salah, bijak atau kerdil, saya pikir disini bukan tempatnya untuk diperdebatkan. Namanya saja pandangan subjektif, jadi “keakuan”nya sangat tinggi.

Dalam selingan acara melodi TV3 di atas, terselip kampanye kira-kira seperti ini; “Kenapa kita lebih menyukai lagu negeri seberang? Kenapa diantara kita tidak banyak mencintai lagu sendiri? Kenapa kita tidak… dan tidak yang lainnya”. Saya tidak ingin mengatakan, bahwa kampanye tersebut ditujukan untuk Indonesia. Tetapi dari data empirik di Malaysia, memang lagu-lagu dari Indonesia banyak mendominasi di sini. Dari mulai top hit di TV sini, maupun top hit acara radio yang ada di sini. Sebagai orang Indonesia yang ada di Malaysia, saya merasa “GR” (Gede Rasa) bahwa kampanye itu ditujukan untuk dunia permusikkan Indonesia.

TV3 dalam hal ini, yang menggelar kampanye tersebut tidak bisa disalahkan menyudutkan musik Indonesia! Wong mereka mengatakan “negeri seberang” kok, bukan Indonesia! Bisa saja sebenarnya mereka berkelit, saya mengatakannya negeri seberang, ya bisa Singapura, Brunei, Thailand, China, Amerika dan lain-lain. Jika alasan itu, maka saya tidak bisa berkata apa-apa. Tetapi jika Anda, TV3 mengatakan negeri seberang, maka saya pun wajar GR, karena Indonesia merupakan diantara negeri seberang yang Anda maksud. Singkatnya, karena Indonesia bukan Malaysia, ia nggak?

Anggap saja benar, secara empirik dunia permusikkan Indonesia banyak diekspor ke Malaysia. Dan memang ini tidak dapat dipungkiri, sekalipun mau mungkir se-mungkir-mungkirnya. Dari acara top hit yang saya sebutkan di atas, dan acara konser musik yang banyak diadakan di Malaysia, memang hampir selalunya mengundang artis dari Indonesia. Saya pun heran, kenapa lagu Indonesia banyak disukai disini? Apakah orang Malaysia, terutama para pemudanya sudah tidak mencintai musik sendiri? Apakah gerangan yang sedang terjadi, dengan musik di Malaysia. Dalam hal ini, mungkin pendapat saya hampir sama dengan pendapat pemerhati musik Malaysia.

Mari kita telusuri sedikit demi sedikit, sesuai dengan kemampuanku menganalisis. Pijakan pertama adalah bahwa musik itu universal. Lebih jauhnya lagi, bahwa seni itu universal. Menurut kawanku, hidup tanpa musik memang tidak indah. Musik apa saja, baik dangdut, pop, jazz, nasyid dan lain-lain. Menurut penggemarnya, dia dapat membuat stigma hidup menjadi lebih dinamis! Jika orang hidup tidak menyukai musik (seni), maka secara perlahan dia tengah mengubur dirinya dari keuniversalan hidup.

Karena alasan universalisme musik, maka sekalipun di Malaysia, lagu Indonesia bisa diterima oleh siapa saja yang menyukainya. Permasalahan selanjutnya, berada di perkembangan musik malaysia sendiri. Kenapa mereka kurang disukai oleh rakyatnya sendiri? Dalam hal ini, saya tidak mempunyai kapasitas menjelaskannya. Tetapi sebagai orang Indonesia, saya juga mengenal Amy dengan Isabella-nya, mengenal Siti Nurhaliza dengan lagu-lagu beridentitas melayu yang saya sukai. Saya pun takjub melihat Sheila Madjid. Dengan mengenal begitu saya tidak lantas mengatakan luntur dan tidak menyukai lagu Indonesia. Saya cinta lagu Indonesia yang bagus-bagus (menurut saya), begitupun musik dari Malaysia, atau sekalipun musik daerah yang bahasanya saja saya tak faham.

Aku menyukai lagu batak yang melankolis, aku menyukai lagu India yang kadang sering mengharukan, ketika menyuarakan ekspresi cinta, aku menyukai musik Aceh yang penuh dengan heroik dan kemanusiaan. Singkat kata, aku menyukai lagu apapun yang aku suka, sekalipun aku tidak memahami bahasanya. Kok bisa begitu? menurutku jawabannya bisa, mungkin jawaban ini benar karena musik itu universal. Dari sini, maka sangat wajar, apabila orang Malaysia menyukai lagu-lagu dari Indonesia. Apa lagi secara bahasa dan budaya, Malaysia dan Indonesia sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika kita melihat kepada rumpun melayu, Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun.

Jika lagu dilihat dari permintaan pasar dan selera, lagu yang tidak diminati berarti memang tidak “marketable”. Itu artinya, bahwa perkembangan musik Malaysia bisa jadi kurang mengikuti perkembangan pasar pendengarnya. Di negeri sendiri saja sudah tidak dicintai, apalah lagi di ekspor ke negeri orang? Perjalanan ini memang sedikit berbeda dengan Indonesia. Pemusik, grup band atau apapun namanya untuk bidag seni di Indonesia, mereka relatif rata-rata diterima di negeri sendiri. Makanya agak susah jika Malaysia mengklaim bahwa mereka yang pernah tenar adalah berasal dari Malaysia. Ingatan orang Indonesia agak kuat dalam hal ini, karena dibalut oleh bahasa dan budaya yang sangat kental.

Saya juga berharap, dunia musik Malaysia mampu melahirkan artis sekaliber Siti Nurhaliza, Sheila Madjid, Amy dan lain-lain. Saya pikir, mereka sangat diterima di Indonesia, sekalipun mereka berasal dari Malaysia. Mereka mampu menyajikan kualitas persembahan yang menurutku sangat Malaysia. Dengan begitu, tolong diperhatikan, jika melalukan kampanye (kempen), budaya menyudutkan atau istilah saya, “kempen gaya katak”, meloncat sendiri dengan menginjak orang lain, harus diminimalisir. Menurutku, kampanye gaya katak itu tidak universal. Apalagi yang dikampanyekan adalah musik, yang mempunyai nilai-nilai universal?

Kata anak muda di Indonesia… Ayo Malaysia…. kamu bisa!!!

Menurut Anda?

sumber:http://www.rohmat.web.id/?p=30

Musisi Malaysia Protes Dominasi Musik Indonesia
from
Malaysia Forum

art_20065271134920215417750.bmp


Lagunya Ratu yang berjudul “Teman Tapi Mesra” adalah lagu yang sudah cukup lama, kalau ngga salah tahun lalu (2005) popular di Indonesia. Pada waktu itu, lagu ini belum terlalu populer di Singapura sini. Saya ingat pertama kali kenal Pak JaF, tetangga yang juga sama-sama tinggal di Singapura, adalah pada waktu saya membaca artikel mengenai lagu ini di blog-nya. Saya inget waktu itu sampai ketawa ngakak membaca artikel tersebut, saking lucunya.

Waktu itu saya ngasih komentar buat ngajak kenalan beliau sekaligus bilang, untung anak-anak saya (pada waktu) itu tidak ada yang hapal sama lagu itu, karena lagu itu (pada waktu itu) tidak populer disini. Eh, ternyata saya kecepetan ngomong.:P

Sejak sekitar dua bulan yang lalu, ternyata lagu ini mulai populer di kalangan masyarakat Melayu di Malaysia dan tentu saja, di Singapura sini. Lagu tersebut telah bertengger lebih dari 9 minggu di chart MTV Jus Top-5. Di Singapura sini, lagu ini sering diputar oleh Ria 89.7 FM, dan radio ini adalah radio favorit pembantu saya di rumah, sekaligus juga radio favorit sopir bus sekolah anak saya.

Akibatnya, mudah ditebak. Anak saya yang laki-laki, Irza, jadi sering terekspos dan sering mendengar lagu ini, dan pada akhirnya menyukai lagu ini.:)

Saya tidak bisa menyalahkan anak saya untuk menyukai lagu ini. Lagu ini iramanya enak didengar, suara si penyanyi-nya (kalau ngga salah namanya Wulan? atau Mulan?) lumayan merdu, musiknya juga enak didengar. Sampai salah satu teman kantor saya yang asli orang Melayu Singapura minta bantuan saya untuk mencarikan MP3-nya biar dia bisa pakai untuk jadi ringtone handphone-nya dia.:)

Untungnya, anak saya masih berusia 4.5 tahun, jadi yah dia tidak begitu mengerti dengan maksud lirik yang dinyanyikan. Walaupun dia minta lagu ini dimasukkan kompilasi CD yang saya buatkan untuk dia, saya yakin dia memang suka dengan musiknya, dan bukan dengan liriknya.:) Irza memang dari kecil suka dengan lagu-lagu yang berirama cepat dan riang, dan tidak pernah suka dengan lagu-lagu yang slow dan mellow. Dan apresiasi dia terhadap musik jauh lebih tinggi dibandingkan kakaknya, Inka yang sekarang sudah berusia lebih dari 6 tahun.

Bagaimanapun, saya melihat bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini, lagu-lagu dari Indonesia mulai merajai radio-radio Melayu di Singapura dan di Malaysia. Kalau dulu, persentase antara lagu Melayu (Malaysia/Singapura) dengan lagu Indonesia yang diputar adalah 70:30, sekarang sudah hampir 50:50, bahkan mungkin 40:60. Lagu-lagu yang sering diputar dan populer disini kebanyakan adalah lagu-lagu dari group musik dan bukan individual. Sebagai contoh: Ratu, Radja, Peter Pan, Ungu dan Dewa.

Mengapa lagu-lagu Indonesia bisa menyaingi lagu-lagu Melayu yang harusnya bisa lebih merajai pasar disini? Saya melihat kreativitas dari musisi-musisi Indonesia yang menjadi kunci sukses lagu-lagu Indonesia bisa berjaya disini. Kreativitas ini menjadikan lagu baru yang ditampilkan akan selalu berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya. Bandingkan dengan lagu-lagu Melayu hasil karya artis Malaysia atau Singapura, yang kayaknya lagunya gitu-gitu aja dari dulu. Tidak ada improvisasi, kreativitas dibandingkan lagu-lagu sebelumnya.

Saya hanya bisa bilang ke artis-artis Indonesia yang bisa menembus pasar Malaysia dan Singapura: keep up the good work! Sebagai orang Indonesia, tentu saya bangga kalau lagu-lagu Indonesia bisa digemari oleh teman-teman saya yang orang Singapura. Walaupun lagu-nya berjudul “Teman Tapi Mesra”…:)

C

Bahkan Salah satu dari mereka bilang :

Hehehe.. betul sekali pak.. Kata seorang teman, Indonesia itu udah kayak Hollywoodnya Asia Tenggara. Menurut beberapa teman, musik Indonesia lebih progresif. Nggak monoton..

Soal “Teman Tapi Mesra”, seorang penyiar Ria sampai kaget ketika saya cerita ‘makna’ lagu itu. Soalnya mesra dalam konteks bahasa melayu kan cenderung positif.. hehehe

INDONESIA...

JAJAH TERUS DUNIA MUSIK MEREKA!!!!

sumber: http://www.bengkelmusik.com/forum/archive/index.php?t-1517.html

according 2 me, Gw bangga. ternyata Indonesia keren ya d bidang Musik... :)

klo menurut kalin ? ^^
 
tul
d malaysia
lagu Indo smoa yg d putar
d mall"
taksi
tempet makan
and tempet" umum laen na/heh

g bangga jg/! /heh
 
tahun 90an band-band Slow rock malaysia membanjiri pasar musik indo,
sekarang sebalikya :)

ngga bisa gw bayangin,
menurut gw Lagu2 Indonesia yang sekarang aja kurang bervariasi. gimana lagu malaysia ya???
 
wah malaysia mentalnya bkal kya org indo yg skr" ini.......

cintaaaaaaaa allboutttttttcinta cintaaaaa ditolak leher terikat =))
 
hahaha...
tp ati2 lho...
ntar lagu2 kita di bajak lg ama malaysia.../heh
 
jangan sampe dech.. Btw, ini kan tema universal ya..
Jadi gw move k Lounge aja dech ^^
 
Emang membanggakan sih, tapi gw aneh denger musik Indo kayaknya banyak yg ngambil melodi dari lagu2 luar negri....
 
Musisi Indonesia emang bagus sich dari segi aransemen musik...
tapi kalo skill, gak tau deh gw....
 
tunggu aja 5 sampe 10 taun lg, paling ntar anak muda Indonesia lebih menyukai Lagu2 asal malay..

nikmatin aja dulu untuk sementara....


soalnya menurut sejarah, dari dulu Indonesia hampir smuanya lebih maju dibanding di Malaysia, trus akhirnya sekarang malah Malaysia banyak dipuja oleh penduduk negri ini...

ntar untuk lagu mungkin juga akan seperti itu (kl musisinya jadi pada monoton loh....)
 
inget gw pas temenin nyokap chek-up di malaka ,, di warung nya di puter lagu peter-pan :))

tunggu aja 5 sampe 10 taun lg, paling ntar anak muda Indonesia lebih menyukai Lagu2 asal malay..

nikmatin aja dulu untuk sementara....


soalnya menurut sejarah, dari dulu Indonesia hampir smuanya lebih maju dibanding di Malaysia, trus akhirnya sekarang malah Malaysia banyak dipuja oleh penduduk negri ini...

ntar untuk lagu mungkin juga akan seperti itu (kl musisinya jadi pada monoton loh....)

we'll see then ,, GO UNDERGROUND MUSIC !!
 
malay mau niru lagu kita?

ya ampun.........................

udah u jangan ambil apa2 lagi gw kasih om sukro gratis
 
Weleh, kalo gitu lama2 kesannya Malaysia ngejajah Indonesia ya??
 
sebenernya sih kita bisa tembus dunia internasional kalau pake bahasa inggris dan orang-orang pada nggak mempermasalahin asal negara dan ras orang dari lagu kita.
 
sebenernya sih kita bisa tembus dunia internasional kalau pake bahasa inggris dan orang-orang pada nggak mempermasalahin asal negara dan ras orang dari lagu kita.

betul..!! Kayaq Tante Anggun tuch... hehehehe...
Gamelan Jawa aja dah ngetop di eropa koq lagu band / pop blum??
Wakakakakaka....

*ngebayangin Changcuters lagunya pake bahasa Inggris...*
 
wew... baru tau ternyata musik indo populer di malay
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.