• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Muara Kasih Bunda (Ibu..Maafkan Anakmu ini ya!)

Ibrahimstwo0

IndoForum Newbie F
No. Urut
283082
Sejak
17 Mei 2014
Pesan
3
Nilai reaksi
0
Poin
1
Oleh: Ibrahim Lubis, M.Pd.I

Bagaimana dengan anda, masihkah ibu anda ada disisi (dekat) anda, jauh dari anda bahkan telah meninggalkan anda untuk selamanya. Lalu apa yang sudah anda lakukan sebagai tanda bakti untuk ibu anda, apakah hanya sekedar formalitas meminta maaf setiap 1 tahun sekali guna menjauhi kalimat “anak durhaka”, memberi harta yang anda banggakan lalu menempatkannya ke panti asuhan sebagai tanda kalau anda masih sayang, atau hanya sekedar menghubunginya lewat ponsel karena anda sibuk demi pekerjaan? Jawablah sendiri.

Tahukah anda, bahwa seorang ibu tidak pernah lelah, mengeluh bahkan benci dengan anda ketika beliau mengasuh anda, merawat anda, membesarkan anda hingga membimbing anda sampai saat ini. Kasih sayangnya melebihi dari separuh nyawa yang rela ia korbankan untuk anda, dengan segenap apa yang dia miliki tetap mempertahankan anda untuk terus tersenyum, lalu masihkah anda mengeluh dengan mengatakan “ibu kok ndak adil, bu aku mau ini, bu kasih sayangmu belum sempurna, bu minta ini, bu mau ini,...”



Lalu apa yang sudah anda lakukan, apa yang sudah anda balas dan apa yang bisa anda banggakan untuk ibu anda? Sudahkah dia terus tersenyum saat ini, masihkan dia bekerja, masihkah dia menagis dan masihkah dia terus-terus lelah? Jawablah sendiri. Yang pasti, jadilah anak yang membuat ibu anda meneteskan air mata kebahagiaan bukan kesedihan, jadikanlah anda sebagai anak yang selalu membuat ibu anda bangga mempunyai anak seperti anda, dan teruslah membuat ibu anda tersenyum gembira dan bahagia. Tentu kita sudah tahu kalau ibu adalah segalanya, ridha ibu adalah ridha Allah dan murka ibu adalah murka Allah.

“Bunda, engkaulah muara kasih dan sayang, apapun pasti kau lakukan demi anakmu tersayang”, engkau tidak pernah lelah, letih dan mengeluh ketika membesarkanku, seluruh jiwa ragamu kau berikan untukku dengan ketulusan, doa dan kasih sayangmu.

“Maafkan diriku bunda, kadang aku tidak sengaja membuatmu menangis, bersedih dan merasa hina, tahukan dirimu wahai bunda, bahwa aku hingga saat ini tetap menangis dan berdoa agar engkau sehat selalu, bahagia dan selalu mendapat berkah dari Allah swt”.

“Wahai bunda, tolong berikan doamu dan restu untuk anakmu ini, daku berharap engkau tidak pernah menagis karena perbuatanku, sebab jika itu terjadi, maka alangkah sia-sia hidupku sampai aku dipanggil sang kuasa. Wahai bunda, tiada yang bisa aku beri selain doa dan bakti yang sampai kini masih belum bisa kulakukan dengan sempurna, tapi tahukah dirimu bunda, bahwa kasih dan sayangmu telah membuat semangat aku untuk meraih masa depan begitu tinggi, sebab jika aku berhasil aku akan menjumpaimu dan berkata “bun, ni anakmu pulang dan berhasil, tolong terima lah oleh-oleh kecil ini ya bun”. Sumber
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.