• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.607
Nilai reaksi
23
Poin
0
Assalamualaikum wr wb.

Hai agan & sista semuanya.
Selamat berjumpa kembali di thread ane.

Sebelumnya ane mengucapkan terima kasih banyak buat para agan & sista yg sudah meluangkan waktu membaca thread- thread ane sebelumnya & memberikan support ke ane untuk senantiasa semangat dalam menciptakan thread-thread yg nyaman disajikan & dibaca.
emoticon-Shakehand2


Selanjutnya, thread ane kali ini ane akan berbagi tentang Kelebihan serta tips merawat kendaraan matic ya gan

Spoiler for Contoh Matic:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.



Yes gan. Sebelumnya kita perlu tau juga bahwa boomingnya Motor Matic ini banyak sekali berpengaruh pada keberadaan populasi motor bebek ataupun motor kopling. Percaya ga percaya agan & sista dapat tengok kanan kiri tetangga agan yg dulunya mengpakai motor bebek maupun motor kopling. Setidaknya mereka akan menambah armadanya dengan tipe Matic. Bahkan kadangan malah jual yg bebek ataupun kopling jadi matic. Sesuai dengan tagline si matic yg berbunyi Semua akan matic pada waktunya
emoticon-Ngakak

Ya ga sepenuhnya benar sih gan. Namun memang keberadaan si matic ini benar-benar banyak menolong dalam memenuhi akomodasi kehidupan khususnya yg sudah berumah tangga.
Kemudian ada beberapa kelebihan lain dari Matic ini gan. Diantaranya yakni :

1. Kaki lebih rilex
Yes gan. Sampai sekira tahun 2008 an, keberedaan motor matic masih dalam dalam perkenalan lingkungan di masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari masyarakat kita saat itu mengpakai motor bebek sebagai kendaraan harian. Bahkan brand-brand ternama pun menggelontorkan motor baru (walaupun dengan jumlah CC sama) dengan berbagai Nama. Misalkan untuk kelas CC 110/115 ataupun CC 125, Satu brand Motor dapat menelorkan berbagai tipe varian. Bahkan ada yg basis mesinnya sama, cuma ganti bajunya saja.
Lalu untuk kawula muda & para pria maskulin saat itu banyak pula yg menggandrungi motor Kopling (Manual) baik itu motor batangan ataupun Ayago (alias Ayam Jago). Dan brand- brand ternama pun juga mengeluarkan banyak sekali variannya.
Namun satu hal yg kita dapat perhatikan bahwa motor bebek & kopling tersebut semuanya masih mewajibkan untuk klik klik jemari kaki guna pergantian Gigi ataupun ngerem motor. Perihal tersebut dirasa agak kagok & susah untuk operan gigi bagi para pengendara usia senja ataupun para wanita sehingga awal-awal kali keberadaan Motor Matic ini begitu sangat menolong bagi kalangan-kalangan tersebut yg cukup cuma dengan klik & gas kanan sudah dapat menjalankan motor tersebut & pengereman pun cukup dengan klik jari kanan & jari kiri saja.
Lalu Kakinya bagaimana? Si kaki cukup diam manis saja. Hehehe. Wenak bukan gan?
emoticon-Cendol Gan

Spoiler for Kaki Santuy:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.


Apalagi bila agan adalah alumni pengendara motor bebek / manual. Pastinya si kaki gansis sekalian merasa lebih santai. Tentunya pengalaman menyenangkan ini berlaku untuk jarak dekat atau berkeliling sekitar aja ya gan. Untuk jarak jauh memang enaknya naikin motor yg kaki dapat selonjoran. Dan opsi ini kebanyakan diadopsi oleh motor matic harga mewah.


2. Best training motor
Yes gan. Seperti yg sudah ane jabarkan di atas bahwasannya Motor Matic ini adalah Best training motor alias motor terbaik untuk belajaran naik motor. Secara gan, asalkan kita dapat naik joknya saja kita sudah dapat ngajak si Matic untuk jalan-jalan gan. Modal jinjitin kaki sama tarik gas warwer saja. Para emak- emak pun sudah tidak khawatir untuk berangkat ke pasar sendiri & pulang pun dapat sambil bawa barang belanjaan banyak cuma dengan tinggal naruh di bagian pijakan kaki kemudi. Para pakar berdaster pun juga tetap terjaga kenyamanannya karena penutup bagian kaki pun tidak terlalu tersingkap (bila dibandingan dengan motor bebek loh ya gan). Dan para orang tua saat itu pun dapat bepergian seorang diri (tanpa perlu diantar) karena mudahnya dalam mengendarai matic tersebut. Bahkan sekarang ini banyak sekali bocil-bocil berseliweran yg mengendarai motor matic ini gan karena saking mudahnya mengendarainya. Agak horor sih sebenarnya, untung aja Matic-matic yg dikendarain sama para bocil rata-rata juga yg CC nya kecil sehingga semburan tenaganya tidak terlalu badak gan.
emoticon-Takut



3. Lebih safety
Motor Matic ini memang terbilang memiliki beberapa upgrade safety ya gan. Unsur safety ini dimulai dari keberadaan automatic saklar pada jagrak/standar samping. Kalau motor manual/ bebek tidak memiliki saklar ini pada standar sampingnya (bahkan motor matic generasi awal juga ada yg tidak memiliki standar ini) maka motor matic generasi selanjutnya sudah dibekali unsur safety ini. Sebenarnya kegunaannya untuk apa sih automatic switch yg terdapat di standar samping ini? Ya kegunaannya adalah menghindari terlupanya pengendara untuk memasukkan standar samping ke rumahnya ketika hendak jalan. Karena kalau jalan dengan posisi standar samping masih turun maka ketika kendaraan mau belok pastinya terpental karena motor tertahan untuk miring, & akhirnya si pengendara dapat jadi terpental lalu terjatuh/ kena laka.
emoticon-Turut Berduka

Jadi kalau standar sampingnya itu tidak dinaikkan maka ketika kontak sudah diONkan itu si motor tidak akan menyala mesiinya walaupun tombol start sudah ditekan. Penyebabnya ya tadi, karena switch belum dinaikkan. Lebih safety kan gan?
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Kemudian di beberapa motor matic ini Rem sistem yg sudah upgrade. ada pakai CBS, Combi Brake Sistem. Tuas Rem belakang ditarik maka rem belakang & rem depannya ngikut ngerem. Sistem ini juga sudah diadopsi sejak beberapa tahun yg lalu. Kemudian penerapan sistem safety pengeriman pun mulai upgrade lagi jadi ABS (yang tentunya dengan harga jualnya yg lebih naik lagi menyesuaikan fitur ya gansis).

Selanjutnya kita beranjak ke sisi penumpang & ini adalah bagian yg tidak kalah penting yakni Rok lebih kondusif dari lilitan cengkraman alias Anti slip di gear. Tentunya kita seringkali mendapati kisah pengendara motor terjatuh karena rok yg terlilit gear/ rantai kendaraan. Dan ini pun tidak sekali dua kali gan. Nah, tentang tersebut dapat lebih teratasi di motor matic. Ya karena bagian gear/ cvt yg sudah ada penutup cover ya gan jadinya si rok tidak lagi akan terlilit kedalam.
Spoiler for Lebih kondusif kan?:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.




4. Sangat akomodatif
Motor matic ini secara fenomenal banyak sekali menolong akomodasi kehidupan pemotor masa kini ya gan. Yes, matic ini kita fokuskan pada akomodasi ya gan, bukan pada sisi tenaganya karena secara biasa memang matic tenaganya dibawah motor Bebek ataupun Manual. Contohnya untuk muat sayur-sayur gan. Kita dapat beli sayur mayur macem tipe pun enjoy saja karena pijakan kaki segitu lebarnya cukup buat naruh berbagai macam tipe sayuran yg kita beli di akang sayur. Selanjutnya beli galon, beli beras Kiloan besar, atau juga jalan-jalan sama bocil kita yg pharap berdiri di Pijakan depan. Mantul kan gan? Hehehe.
Dulu motor yg seringkali kita perpakai untuk perjalanan akomodasi bisnis rumah tangga adalah motor bebek yg merajai pasar motor saat itu. Namun motor bebek sendiri mobilitasnya tidaklah senyaman matic untuk bawa berbagai bawaan tadi. Dan ini jadi salah satu faktor menjamurnya matic gan.


5. Semi Manual and Manual Motor Killer
Hehehehe. Agan tidak salah baca kok. Motor matic di awal boomingnya memang perlahan namun pasti mulai menguasai pangsa penjualan motor di negara kita. Memang sih awal kemunculannya dahulu (saat masih 2Tak Version) banyak mendapat sambutan kurang antusias dari khalayak, namun sejak muncul dengan versi 4Tak motor matic mulai jadi primadona. Orang-orang yg (mungkin) mengalami keterbatasan/ kekuatan fisik kini dapat berkendara motor dengan santai dengan mengpakai motor matic. Kemudian tren ini melebar & banyak pula orang tua yg membelikan putrinya motor yg sekiranya mudah dikendarai karena tinggal ngeng saja. Dan emak-emak pun juga mulai minta ke kang masnya untuk dimaharkan 1 buah matic untuk menolong mobilitasnya belanja atau nganterin bocil. Para brand motor ternama pun mulai banyak menciptakan varian matic yg disesuaikan spek, CC, bahkan segmentasi model (gaul, retro, powerful). Disinilah terjadi pergeseran pembelian konsumen dari yg awalnya dominan bebek/ kopling menuju matic. Apalagi sejak munculnya matic CC 150. Makin rame saja pangsa pasarnya & kini kita dapat melihat si CC 150an itu bertebaran warwer dijalanan. Atau agan dapat lihat di perumahan atau perkampungan agan. Perkembangan populasi Matic beranjak mendominasi.
Spoiler for Dominasi:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.



Di samping kelebihan-kelebihan yg sudah ane sebutin diatas, tentunya ada beberapa kekurangan dari Motor Matic gan bila dibandingkan dengan motor Bebek/ Manual. Diantaranya harganya yg terbilang lebih tinggi, kemudian perawatan yg lebih ekstra & biaya yg lebih ekstra juga, lalu tenaga yg memang kurang badak. Namun overall tidak seberapa jauh kekurangan-kekurangan tersebut karena memang Motor Matic ini lebih difungsikan ke sisi kenyamanan dalam menolong mobilitas kita.
emoticon-Salaman



Selanjutnya setelah mengulas tentang kelebihan dari Motor Matic diatas, ane juga mau kasih tips untuk perawatan simple supaya motor Matic kita senantiasa nyaman untuk diajak berkendara gan :

1. Sesuaikan spek oli
Tentunya sebelum memperpakai motor kita memang sebaiknya kita perlu sedikit banyak memahami isi dari buku panduan motor yg diantara isinya adalah tentang rekomendasi oli & durasi pakainya. Secara umum, matic dari Brand Y*maha mengpakai SAE 10W-40, sementara dari Brand H*nda mengpakai SAE 10W-30. Ini juga perlu kita ketahui sebagai pemilik & pengendara motor matic gan. Karena SAE tersebut adalah standar yg ditentukam oleh pabrikan yg sudah disesuaikan dengan tipe motor kita.
Namun ketika motor matic kita usia Odometernya sudah tinggi, tentunya kita juga tidak dapat sepenuhnya berpedoman pada oli yg direkomendasikan oleh pabrikan, diantara penyebabnya adalah karena usia mesin yg sudah tinggi & beberapa parts juga sudah mulai aus/ longgar, bahkan yg lebih parah adalah saat drain (Ganti oli) itu volume olinya sudah mulai menyusut. Dan ketika sudah dalam kondisi seperti ini maka kita sedikit banyak harus mulai merubah SAE oli ke yg lebih tinggi buntutnya alias lebih kental. Bisa disiasati dengan mengpakai oli HDEO atau oli diesel. Agan dapat simak ulasan singkatnya pada thread ane berikut.
Oli Diesel untuk Kesehatan Motor Matic mu


2. Ganti oli sesuai waktunya
Oli mesin motor matic yg kita pakai pastinya ada usia pakainya gan. Standar pemakaian yakni sekira sejauh 2.000-2.500 KM. Atau kalau usia pakai semaksimalnya adalah 3 bulan bila selama 3 bulan tersebut ternyata odometer tidak hingga menyentuh 2.000 KM (motor simpanan misalnya).
emoticon-Selamat

Jadi tergantung mana yg dicapai lebih dahulu. Misalkan motor agan adalah motor aktivis alias motor yg jalan terus maka agan dapat berpatokan pada odometernya agan ketika sudah hingga usia 2.000an KM maka sebaiknya sudah diganti olinya. Atau misalkan pas kondisi ekonomi lagi kurang stabil ya maksimal di angka 2.500an.
Mengapa kok masih KM segitu sudah harus diganti? Ya karena kandungan yg ada didalam oli tersebut pastinya sudah tergerus seiring berjalannya mesin motor. Secara putaran RPM motor itu lebih tinggi gan dibandingkan dengan RPM mobil. Sehingga pastinya usia pakai oli juga bakalan lebih pendek.
Kira-kira apa akibat dari olie yg penggantiannya melebihi durasi pakai? Ya nantinya kinerja pelumasan pastinya akan menurun drastis, sehingga oli lebih mencair & akan terjadi penguapan saat drain (ganti oli). Dan bila volume oli didalam mesin berkurang lalu kita pakai terus menerus apalagi dalam RPM tinggi (alias gaspol terus) ya part mesin bagian atas pastinya tidak dapat maksimal terlubrikasi, sehingga mempercepat keausan dari part2 tersebut, yg akhirnya mesin bunyi klotok-klotok & sejenisnya.
Oli sendiri sebenarnya ndak seberapa mahal kok gan. Hanya dengan +- Rp 50.000,- saja agan sudah dapat ganti oli di bengkel2. Kalau mau lebih murah lahi, dapat beli oli curah (ecer literan dari Drum) di SPBU atau ditoko yg menjual Oli mesin Curah. Atau juga dapat cari di marketplace online. Lalu ganti sendiri dirumah. Lebib ekonomis lagi malahan gan. Sekalian nanti dapat cek apakah oli yg sudah di drain tadi mengalami FD atau tidak.
Kemudian untuk cek apakah olie agan mengalami penyusutan atau tidak dapat ditaruh di gelas takar.
Spoiler for Gelas Takar:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.


Nah fungsi dari gelas takar ini ya tentunya untuk mengukur seberapa tinggi penyusutan dari oli yg kita pakai. Dan gelas takar ini dapat agan beli di toko kue yg menyediaakan gelas takar ini. Usahakan beli yg 1 literan ya gan, karena toko kue biasanya menjual bebagai CC untuk gelasnya.


3. Aksesoris kelistrikan secukupnya
Motor matic (apalagi yg kekinian) sudah dibekali dengan banyak sekali komponen yg tersambung dengan aliran listrik didalamnya. Setiap komponen yg tersambung tersebut juga sudah terdapat satuan ukur Watt/ Voltase nya sehingga dari pabrikan sudah menyediakan daya penampung listrik yg cukup untuk diperpakai dalam mengoperasikan komponen listrik yg ada pada motor, seperti pada lampu utama/ sein, komponen odometer, klakson, socket charger, bahkan tombol starter, & lainnya.
Keseluruhan komponen-komponen tersebut sudah teraliri listrik yg sudah diukur kapasitasnya oleh pabrikan. Namun pihak pabrikan biasanya menyediakan tambahan cadangan daya barangkali pemilik harap menambahkan aksesoris kelistrikan di motornya seperti tambahan kunci security alarm. Namun beberapa rider tentunya ada yg memasang tambahan ragam lampu yg mana tegangannya melebihi support cadangan daya yg sanggup ditampung oleh motor. Sehingga dikarenakan kelebihan aksesoris tersebut menjadikan kekuatan daya listrik berkurang. Akibatnya diantaranya adalah lampu kadang redup tidak dapat menyala maksimal ataupun juga tombil klakson tidak dapat nyaring, & yg lebih mengerikan lagi adalah tombol starter yg tidak lagi kuat mengangkat daya untuk menyalakan motor.
Agan Mau menyalakan motor pakai kickstarter terus? Capek gan.
emoticon-Turut Berduka

Spoiler for contoh Aksesoris lampu tembak:
Motor Matic : Kelebihan Dan Cara Perawatannya Gan. Simple Kok.
sumber google.com


4. Segera nyalakan motor.
Yes gan, maksud ane ini setelah kontak motor di ON kan maka seluruh komponen kelistrikan terhubung & motor siap untuk dinyalakan. Maka setelah kontak diputar, segeralah agan untuk menyalakan tombol starter & janga dibiarkan kontak on lama-lama. Ketika kontak sudah ON maka lampu motor kita akan juga otomatis ON (karena kebanyakan motor sekarang mengadopsi pencahayaan AHO/ auto Headlamp ON), & bila tidak segera di klik tombol starter maka lampu yg sudah menyala sebelumnya tadi itu akan menyedot lebih banyak tenaga dari aki (dibandingkan dengan saat mesin menyala) yg dapat menyebabkan aki tekor & berusia lebih pendek yg nantinya berakibat pada lemahnya tenaga pada tombol starter & akhirnya untuk menyalakan mesin kita pakai tenaga engkol.

Lalu setelah motor menyala, biarkan sejenak mesin menyala selama 3-5 detik hingga langsam & jangan di tarik tuas gas ya gan, alias tunggu hingga motor sudah langsam.
Langsam itu apaan sih gan?
Langsam itu gini gan. Saat motor agan baru saja menyala kadangkala deru mesin naik selama 3-5 detik kemudian suaranya turun & stabil. Proses menderu tersebut adalah proses awal start charging listrik menuju penyimpanan daya/ aki. Dan saat suara deru sudah menurun berarti mesin sudah ready to go alias sudah langsam.
Proses ini penting supaya aki dapat menyerap serta menyalurkan kelistrikan pada mesin dengan optimal.
Jadi cara mudah untuk perawatan aki (terutama yg aki kering ya gan) ya dengan tadi itu. Segera nyalakan tombol starter setelah kontak diposisi ON. Selanjutnya tunggu suaa mesin hingga langsam, baru motor matic kita tersayang diajak jalan-jalan gan.



Demikian thread ane seputar Kelebihan & Perawatan Motor Matic gan. Terima kasih yg sudah menyempatkan diri untuk membaca.
Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.


Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Hari ini 15:43
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.