Mobil Sampah Dioperasionalkan, 31 TPS Terancam Hilang

Discussion in 'Regional' started by yan raditya, 10 Jan 2014.

  1. yan raditya

    yan raditya IndoForum Addict E

    No. Urut:
    163658
    Joined:
    31 Jan 2012
    Messages:
    24.461
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    48
    Location:
    indonesia
    [​IMG]
    Sebanyak 31 tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Kota Bengawan terancam hilang karena dibongkar untuk dijadikan taman kota atau disesuaikan dengan kondisi semula. Puluhan TPS tersebut bakal berubah fungsi lantaran adanya TPS mobile atau mobil sampah yang ditempatkan per kelurahan satu unit.

    Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, saat ditemui wartawan, Kamis (9/1), di Gedung Dewan, mengungkapkan untuk tahap awal pemkot membeli 16 unit mobil sampah pada 2013 dengan sumber dana APBD Perubahan 2013 senilai Rp3,2 miliar. Pengadaan 16 unit mobil sampah itu, kata dia, merupakan proyek percontohan yang ditempatkan di 16 kelurahan. “Awalnya, pemkot mengajukan pengadaan 15 unit mobil pikap. Tapi, kami menambah pengadaan itu menjadi 16 unit,” ujar dia.

    Selain 16 unit itu, Supriyanto mengatakan pemkot akan menambah mobil sampah sebanyak 15 unit di tahun ini dengan alokasi anggaran Rp3 miliar. Menurut dia, jumlah mobil sampah itu nantinya diharapkan menjadi 31 unit.

    “Dengan pengadaan mobil sampah ini, otomatis TPS-TPS di setiap kelurahan akan hilang karena dibongkar dan dikembalikan sesuai kebutuhan atau kondisi semula. Jadi, TPS itu tidak harus jadi taman kota, tapi bisa jadi disesuaikan dengan kondisi jalan karena menempati bahu jalan, seperti di Pasar Kliwon,” terang Supriyanto.

    Dia menyebut sejumlah TPS yang bakal hilang, seperti di depan kantor Gapensi Manahan, di dekat Jembatan Komplang, di jalan arah Mojo Pasar Kliwon, di Jagalan, Gandekan, Brengosan dan seterusnya. “Nah, untuk persoalan sampah dari warga ini akan diangkut mobil sampah itu dan langsung dibuang ke TPA [tempat pembuangan akhir]. Saya kira sampai puluhan tahun pun, TPA Putri Cempo itu tidak akan overload,” tukas dia.

    Ketua DPRD Solo, Y.F. Sukasno, membenarkan kebijakan pemkot tersebut. Di sekitar tempat tinggalnya di Gandekan juga ada TPS yang akan dibongkar. “TPS itu dekat rumah saya. Ya, memang dibongkar, tapi peruntukkannya apa, saya kurang tahu. Apa taman kota atau untuk pedagang kaki lima (PKL), ya, belum tahu,” aku dia.
  2. Indah75

    Indah75 IndoForum Junior D

    No. Urut:
    287836
    Joined:
    28 Jul 2017
    Messages:
    1.986
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    38
    Gender:
    Female
    lingkungan makin bersih dan tertata.....

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG