• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Mi Kocok

Clow

IndoForum Beginner A
No. Urut
7297
Sejak
25 Sep 2006
Pesan
1.438
Nilai reaksi
78
Poin
48

Bosan dengan Mi yg biasa? coba mi kocok, pastinya semua tau Mi kocok kaaan?? silahkan dicoba resepnya...
bisa juga ditambahin bahn pelngkp lain kalo mau...

Bahan-bahan
Mi kocok:

* 250 gram daging ayam, rebus, potong bentuk dadu
* 250 cc kaldu ayam
* 200 gram udang, kupas, sisihkan kulitnya
* 250 gram bakmi kering, seduh air panas hingga lunak, tiriskan
* 1 buah tahu putih, goreng, potong kotak kecil
* 5 butir telur, rebus, potong jadi 4
* 100 gram taoge, seduh, tiriskan
* 75 gram tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
* 1/4 sendok teh pala bubuk
* 2 buah cengkeh
* 1/2 sendok teh merica bubuk
* 3 siung bawang putih, haluskan
* 5 buah bawang merah, haluskan
* 1 sendok teh garam
* 1 sendok teh gula pasir
* 1/2 sendok teh jahe bubuk
* 2 sendok makan minyak
* 300 cc air

Sambal:

* 5 buah cabai merah
* 10 buah cabai rawit
* 50 cc air matang

Pelengkap:

* 2 sendok makan bawang merah goreng
* 100 gram kerupuk sagu goreng
* 2 batang daun seledri, iris halus
* 2 buah jeruk nipis, potong-potong

Cara membuat
Mi kocok: sangrai kulit udang hingga berubah warna, lalu masukkan air, masak di atas api kecil selama 30 menit, angkat, saring, sisihkan.

Panaskan minyak, lalu masukkan bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum.

Masukkan kaldu ayam, kaldu udang tadi, udang, pala bubuk, cengkeh, merica bubuk, garam, gula, dan jahe bubuk, aduk rata, masak hingga mendidih, lalu tambahkan larutan tepung maizena sedikit-sedikit sambil terus diaduk, masak hingga kuah menjadi agak kental, angkat.

Siapkan 5 buah mangkuk saji, dalam tiap mangkuk letakkan bakmi, taoge, tahu, daging ayam, dan telur, tuangkan kuah di atasnya, lalu taburi dengan daun seledri, bawang merah goreng, dan kerupuk sagu goreng di atasnya.

Buat yg suka pedes pk sambelnya..
Sambal: haluskan cabai merah dan cabai rawit, lalu tambahkan air matang, aduk rata, sisihkan.

Biar lebih siip,
Sajikan mi kocok bersama-sama dengan jeruk nipis dan sambalnya.
 

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
351
Poin
83
ini termasuk chinese food ya ?
adakah yang tahu cara memilih bakmi yang enak seperti apa ?
 

Clow

IndoForum Beginner A
No. Urut
7297
Sejak
25 Sep 2006
Pesan
1.438
Nilai reaksi
78
Poin
48
Yah sepertinya sih cc,
tapi Mi Kocok itu setau aku makanan khas medan, gt deh...
tapi asal mulanya bngt gak bgitu ngerti...
kayaknya semua bakmi sama aja deh cc? mungkin yg membedakan cuma cara masaknya aja...
 

ammarzzz

IndoForum Beginner E
No. Urut
47131
Sejak
28 Jun 2008
Pesan
507
Nilai reaksi
5
Poin
18
oOoOOOooo mi kocok ya.....
udah pernah coba, buat ndiri!
 

gamber_rokie

IndoForum Beginner A
No. Urut
7657
Sejak
8 Okt 2006
Pesan
1.059
Nilai reaksi
16
Poin
38
owh kalo medan mi kocok yah

kalo di cerbon mkn khasnya mi koclok

kira kira beda gk y..........
 

Clow

IndoForum Beginner A
No. Urut
7297
Sejak
25 Sep 2006
Pesan
1.438
Nilai reaksi
78
Poin
48
Waaah...
mungkin cara masaknya beda kali ya? atw namanya aja yg beda...
kan klo org sunda bilang bakwan itu bala-bala,
mungkin spert itu jg, tpi ya gk tw jg..hehehe
 

the_jalinus

IndoForum Junior D
No. Urut
15803
Sejak
18 Mei 2007
Pesan
1.943
Nilai reaksi
49
Poin
48
waduh, acay bacanya neh, lagi laper soalnya...
 

peter_winardi

IndoForum Beginner D
No. Urut
8877
Sejak
23 Nov 2006
Pesan
584
Nilai reaksi
15
Poin
18
boleh jg, tapi setahu saya kalo mi kocok itu ada telur mentah yg di kocokkan di waktu memasak. emang spt itu?
Yg jelas makanan ini bisa dipraktekkan dicoba citarasanya...
Thanks
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.