Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 43.566
- Nilai reaksi
- 32
- Poin
- 0

Semua kendaraan memiliki gigi transmisi atau pindah gigi untuk menyesuaikan laju kendaraan menyesuaikan kondisi & keharapan pengemudinya. Salah menentukan gigi maka laju kendaraan tidak sesuai & semakin tidak nyaman, beresiko fatal bila salah mengambil keputusan, mesin rusak atau dapat jadi rem blong!
Yes, gigi transmisi pada kendaraan jarang sekali kita mengenal gigi kura-kura & gigi kelinci. Terlihat asing? Ya, bagi mereka yg belum pernah mengemudikan kendaraan akbar macam truk trailer atau truk tronton mungkin baru tahu akan hal ini.
Kasus horor truk bensin Pertamina menambrak & melintas puluhan pemotor yg terjadi di Jalan Sultan Agung KM 28,5 Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat, Kota Bekasi, adalah contoh dimana pengemudi salah mengambil keputusan dalam memilih posisi gigi kendaraannya.

Entah ini sebuah kesengajaan atau tidak yg jelas kasus itu sudah terjadi, nasi sudah jadi bubur, banyak sudah harta & korban jiwa karena diduga pengemudi mengpakai gigi kelinci dijalan turunan dengan beban berat berisi bensin penuh.
Teknologi transmisi pada kendaraan akbar ini sekarang banyak mengpakai sistem transmisi sistem High & Low dimana torsinya tetap berisi diberbagai putaran mesin & kelebihannya adalah truk akan berjalan lebih cepat dijalan datar & berjalan ringan saat dijalan menanjak.
Lalu apa itu gigi kura-kura & gigi kelinci? Kalau yg saya baca gigi kura-kura sebagaimana tabiat hewan ini berjalan pelan yg secara logika seperti kita mengpakai gigi terendah (Low) yaitu 1, 2, 3, & 4 sedangkan gigi kelinci adalah gigi tinggi (High)yaitu 5, 6, 7, & 8 (top gear) biasanya untuk akselerasi dijalan tanpa kendala & rata.

Dan secara tampilan perseneling posisi gigi 1 & 5 sama begitu juga 2 & 6 & seterusnya, yg membedakan tombol kura-kura & kelincinya. Bermaksud jalan pelan tetapi masih di posisi kelinci justru truk melaju cepat & jarak pengereman harus semakin jauh akibatnya karena gaya kinetik masih bekerja, rem tidak bekerja maksimal seolah rem blong seperti yg terjadi pada kasus diatas.
Kalau diibaratkan pada tipe mobil melaju turunan tetapi mengpakai gigi 5. Kalau saya bayangkan memang ada sensasi nyaman, mesin seperti senyap tetapi tidak ada gaya tahanan dari mesin, akibatnya mobil berjalan menurun dengan kencang nyaris tanpa hambatan.

Sebuah opini
Ref. Tkp 1, Tkp 2
Img. Gugel


Copyright 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS